Dua Hal Ini Harus Diperhatikan Sebelum Upgrade ke Windows 10


TAKTIKTOP.com - Untuk dapat menjalankan sistem operasi Windows 10, jika dilihat dari spesifikasi minimumnya bisa dikatakan mirip dengan Windows 8, dan tidak jauh beda pula dengan Windows 7. Dengan kata lain apabila komputer sudah bisa diinstall dan menjalankan Windows 8 dengan baik, seharusnya  kan sudah bisa juga diinstall Windows 10, karena dari segi spesifikasi minimum memang sama. 

Tetapi ternyata kenyataan tidak semanis teorinya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan proses instalasi maupun upgrade ke Windows 10. Apabila diabaikan atau malah nekat, padahal sistem tidak memenuhi beberapa hal tersebut, bisa dipastikan akan mengalami kegagalan saat instalasi atau bahkan stack atau nyangkut, tidak bisa lanjut install Windows 10 dan ga bisa pula booting ke sistem operasi yang lama. Poin yang harus diperhatikan antara lain: 

Motherboard Harus Mendukung UEFI
UEFI Boot Mode
  • Bios pada komputer yang akan diinstall Windows 10 harus sudah mendukung Boot Mode UEFI.
  • Untuk mengeceknya bisa dilihat pada bios, biasanya terletak pada tab Advance. Apabila ada setting Boot Mode seperti gambar diatas, berarti sudah mendukung. Jika tidak terdapat setting boot mode pada Bios, sebaiknya diurungkan dulu niat untuk upgrade Windows 10, atau melakukan update ke bios versi terbaru. Cek website resmi vendor laptop dan motherboard untuk update bios versi terbaru. Jika dukungan bios juga sudah ada update, ya sudah diurungkan saja :D.
  • Jika motherboard belum mendukung UEFI, dan tetap dipaksakan, meskipun type type format hardisk sudah dalam posisi GPT, maka akan ada masalah yang dihadapi saat muncul jendela lokasi intalasi, akan muncul pesan error: Windows cannot be installed on this disk. The selected disk is of the GPT partition style, seperti pada gambar dibawah ini:
Error Instalasi
  • Jika sudah terlanjur terjadi seperti gambar diatas, berarti saat ini posisi komputer tidak ada sistem operasi. Instalasi Windows 10 tidak bisa lanjut, mau booting ke sistem lama juga sudah tidak bisa karena hardisk sudah terlanjut menjadi format GPT, padahal motherboard hanya mendukung MBR. Hasilnya ketika booting hanya stack pada Post Screen dengan layar hitam putih berikut kursor berkedip-kedip.
  • Jika terjadi seperti gambar diatas, maka solusinya adalah copot hardisk, tancapkan ke komputer lain kemudian convert ulang GPT ke MBR, lalu install windows versi 8 kebawah.
  • Bisa juga melakukan konversi tanpa lepas hardisk, yaitu dengan membuat bootable software partitioner menggunakan cd atau flashdisk, kemudian diconvert dari sana.
  • Pada dasarnya memang GPT Partition memang untuk dijalankan pada motherboard yang sudah mendukung UEFI.

    Format Hardisk Harus GPT Partition
Error Pada MBR
  • Windows 10 hanya bisa diinstall pada hardisk dengan type GPT, sama sekali tidak bisa diinstall pada format MBR.
  • Windows 8 masih bisa diintall pada type hardisk MBR, tetapi untuk Windows 10 sudah tidak berlaku lagi.
  • Untuk itu sebelum melakukan instalasi Windows 10 konversi dulu hardisk jika masih dalam bentuk MBR ke bentuk GPT. Tetap harus diingat, motherboard harus support UEFI.
  • Untuk konversi hardisk dari GPT ke MBR atau sebaliknya bisa dipantau disini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

6 comments

Write comments
August 16, 2015 at 7:02 PM delete

Sangat bermanfaat, thx buat sharingnya :)

Reply
avatar
August 16, 2015 at 7:02 PM delete

Sangat bermanfaat, thx buat sharingnya :)

Reply
avatar
September 29, 2016 at 12:44 PM delete

kalo nggak ada pilihan boot mode di menu advanced BIOS, berarti harus upgrade BIOS dulu ya gan? Lepi lama ini soalnya

Reply
avatar
September 29, 2016 at 1:51 PM delete

Kalo ga ada pilihane biasanya emang belom support UEFI gan, install pake mode MBR aja sprti biasa

Reply
avatar
Anonymous
December 8, 2016 at 8:07 PM delete

"Windows 10 hanya bisa diinstall pada hardisk dengan type GPT, sama sekali tidak bisa diinstall pada format MBR."

emangnya admin sudah pernah coba install win10 dengan format MBR?

ane bisa2 aja kok gan, lancar jaya install windows10 v1607 annyversary update di partisi MBR, trs laptop ane jga blm support uefi. ga ada masalah pas install win10

Reply
avatar