Lampu Indikator Atau Kipas Sudah Menyala Tapi Kok Tidak Ada Tampilan? Apa Yang Rusak?

Indikator Led Pada Laptop

TAKTIKTOP.com - Pernahkah kamu mengalami kejadian seperti pada judul? Ketika laptop baru dinyalakan, led indikator menyala dan kipas juga berputar sebagaimana mestinya tetapi kok ditunggu tampilan tetap gelap ya? tidak ada tampilan apa-apa? Ditungguin sampe kapanpun kok tampilan tetap blank tidak ada tampilan apa-apa? Kira-kira apa yang rusak ya?

Indikator menyala tetapi tidak ada tampilan merupakan salah satu kerusakan terbanyak yang terjadi pada laptop maupun komputer desktop. Kerusakan semacam ini lebih sering disebut dengan Indicator On No Display. Beberapa menyebutnya dengan istilah No Display saja. Untuk mengetahui penyebab terjadinya kerusakan semacam ini, bisa dilakukan beberapa langkah sebagai identifikasi, berikut penjelasannya:

Cek Tombol Caps Lock 
Led Indikator Pada Tombol Caps Lock
Hampir seluruh perusahaan produsen laptop menyertakan lampu indikator pada tombol caps lock, tujuannya supaya dapat dipantau caps lock sedang aktif atau tidak. Nah, lampu indikator pada led ini dapat digunakan untuk membantu mencari kerusakan dalam kasus ini.

Nyalakan laptop ataupun komputer, ketika indikator sudah menyala dan tidak ada  tampilan tekan caps lock beberapa kali dan perhatikan led indikator menyala atau tidak. Apabila led pada tombol menyala berarti mesin masih memberikan respon terhadap tombol yang ditekan, itu berarti besar kemungkinan mesin ataupun motherboard dalam kondisi ok!

Jika motherboard dalam kondisi oke, tetapi tidak ada tampilan berarti yang salah berada pada jalur output tampilan, itu bisa berarti kabel fleksibel lcd maupun lcd panel itu sendiri. Untuk lebih memastikan coba sambungkan ke monitor eksternal, apabila ada tampilan pada pada monitor eksternal, besar kemungkinan dua hal tersebut yang bermasalah, yaitu lcd panel atau kabel fleksibelnya. Sebagai pertolongan pertama, coba bongkar lcd, lepas kabel dan pasang kembali masih bisa menyala atau tidak.

Kondisi yang kedua yaitu apabila led caps lock tidak menyala. Dalam kondisi ini berarti mesin tidak dapat memberikan untuk input yang diberikan oleh pengguna. Berarti dalam kondisi ini besar kemungkinan mesin atau yang lebih sering disebut dengan Motherboard adalah sumber penyebabnya.

Ram Laptop
Untuk lebih mempersempit lagi diagnosa kerusakan, lakukan dua hal berikut: lepas baterai dan ram. Baterai dilepas lebih dulu, kemudian coba lakukan penggantian ram. Tidak perlu beli, cukup pinjam saja ke teman atau siapa saja. Setelah ram dipasang, pasang kembali baterai dan nyalakan. Apabila berhasil maka kerusakan hanya terletap pada ram dan ini saatnya untuk mengganti.

Apabila tetap tidak bisa dinyalakan alias tidak ada tampilan, maka besar kemungkinan kerusakan terletak pada motherboard. Kasus yang terakhir ini tergolong sebagai kerusakan berat, untuk tindak lanjutnya lebih baik diserahkan kepada ahli-nya yang dapat dipercaya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
August 23, 2016 at 10:29 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar