Membongkar Dan Membersihkan Fan Toshiba Satellite E300 E305


TAKTIKTOP.com - Obyek pembedahan laptop yang akan dijadikan pasien pada artikel kali ini adalah Toshiba Satellite E300 dan E305. Laptop ini mempunyai bentuk fisik dan warna yang menarik, selain beberapa fitur yang menjadi andalan laptop ini.

Tidak ada perbedaan yang signifikan antara Toshiba Satellite E300 dan E305. Keduanya mempunyai bentuk dan dimensi fisik yang sama. Hanya spesifikasi dan area pemasarannya saja yang membedakan kedua seri tersebut.

Sekilas tentang spesifikasi laptop ini, prosesor yang diusung sudah menggunakan Intel Core i5, ram bawaan sebesar 4 GB, dan hardisk bawaan sebesar 640 GB. Laptop ini juga sudah dibanderol sepaket dengan sistem operasi Windows 7 Home Premuin original.

Pada artikel ini yang akan menjadi pokok pembahasan adalah bagaimana cara membongkar laptop Toshiba E300 dan E305 dan dilanjutkan dengan membersihkan fan. Untuk proses penggantian keyboard dan yang lainnya akan dilanjutkan pada artikel selanjutnya.

Bagi yang baru pertama kali atau masih coba-coba melakukan bongkar dan pasang hardware pada laptop ada baiknya untuk membaca artikel dibawah ini lebih dulu, supaya tidak bingung nantinya dengan istilah-istilah yang akan digunakan selama proses pembongkaran.


Toshiba Satellite E300 Cover Tertutup
Toshiba Satellite E300 Cover Terbuka
Melepas Baterai
Seperti pada laptop-laptop lainnya, langkah yang dilakukan pertama kali adalah melepas baterai jika dimungkinkan. Karena tipe baterai laptop ini dapat dilepas maka melepas baterai adalah hal wajib sebelum mulai pembongkaran laptop ini.

Melepas Rubber dan Wifi Cover
Selanjutnya adalah melepas seluruh rubber atau karet yang dilingkari dengan warna merah. Dibalik seluruh rubber atau karet tersebut terdapat sekrup, sehingga sebelum sekrup tersebut bisa dilepas harus melepas rubber terlebih dahulu.

Setelah seluruh rubber tersebut dilepas, dilanjutkan dengan melepas wifi cover yang berada pada kotak biru, kendorkan sekrup yang mengunci cover tersebut, setelah itu cover dapat diangkat dengan mudah dari sisi lubangnya di sebelah kanan.

Melepas Wlan dan Sekrup Keyboard
Setelah wifi cover terbuka, lepas wlan tersebut dengan cara melepas lebih dulu kedua kabel antenanya yang berwarna hitam dan putih dari wlan. Setelah itu lepas sekrup yang ditanda panah dan wlan sudah bisa diangkat. Kemudian lepas sekrup pengunci keyboard pada lingkaran merah.

Melepas Keyboard
Proses selanjutnya beralih ke bagian atas laptop untuk melepas keyboard. Untuk melepas keyboard, lepas lebih dulu klip pegunciya pada bagian yang dilingkari merah, bisa menggunakan pick gitar atau benda pipih lainnya, sisipkan dan kemudian ungkit ke atas.

Melepas Kabel

Setelah keyboard diangkat, balik keyboard tersebut seperti apda gambar diatas sehingga terlihat dua kabel yang terhubung dari keyboard ke motherboard. Lepas kedua kabel tersebut, yang besar adalah kabel fleksibel keyboard dan yang kecil adalah kabel led keyboard.

Melepas Sekrup dan Kabel
Gambar diatas menunjukkan keyboard sudah berhasil dilepas. Langkah selanjutnya adalah melepas seluruh sekrup yang dilingkari merah, dan melepas kabel yang dilingkari biru. Untuk melepas kabel buka dulu penguncinya dengan cara diungkit ke atas baru kabel dapat mudah dilepas.

Melepas Top Assy
Setelah seluruh sekrup yang mengunci pada top assy dilepas, selanjutnya adalah melepas top assy itu sendiri. Gunakan alat bantu pick gitar untuk mempermudah, sisipkan pick pada sambungan base assy dan top assy kemudian geser ke arah seperti pada gambar.

Melepas Odd dan Hdd
Setelah top assy dilepas dapat dilihat bagian dalam dari laptop. Langsung dilanjutkan ke langkah selanjutnya yaitu melepas Odd dan Hardisk. Lepas lebih dulu sekrup penguncinya yang dilingkari merah, kemudian tarik odd keluar setelah itu hardisk.

Melepas Sekrup dan Kabel
Selanjutnya adalah melepas sekrup-sekrup dan kabel yang tersisa yang masih mengunci motherboard. Untuk itu lepas seluruh sekrup yang dilingkari merah dan dilanjut dengan melepas kabel yang dilingkari biru. 

Mengangkat Motherboard
Setelah seluruh sekrup dan kabel tadi berhasil dilepas, sekarang giliran motherboard itu sendiri yang diangkat. Untuk mengangkatnya dari sisi sebelah kiri motherboard seperti pada gambar diatas. Kalem dan santai saja pelan-pelan.

Melepas Sekrup Fan
Yang terakhir, untuk melepas fan tinggal dilepas saja kedua sekrup yang dilingkari merah, kipas sudah bisa diangkat untuk selanjutnya dibersihkan atau untuk keperluan lain. Sampai disini berarti proses pembongkaran Toshiba Satellite E300 dan E305 sudah selesai.

Motherboard Toshiba Satellite E300
Untuk proses merakitnya kembali tinggal membalikkan saja urutan proses-proses diatas dari langkah yang paling terakhir menuju langkah yang pertama, hanya saja aksi atau tindakan yang dilakukan kebalikan dari pada saat proses pembongkaran.

Untuk proses yang lebih detail dapat dilihat pada video berikut:


 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
December 8, 2015 at 6:55 PM delete

Mantab gan, hidup mbah gabooon, visitme back http://www.falshponsel.com :-)

Reply
avatar
December 8, 2015 at 8:39 PM delete

Hahaha...hidup mbah yonnnn :)))
Siyapp mbah!

Reply
avatar