Membongkar dan Membersihkan Fan Asus X452 Series


TAKTIKTOP.com - Pada artikel kali ini yang djadikan sebagai obyek mutilasi dan pembongkaran adalah sebuah laptop keluaran dari Asus yang berada pada segmen menengah, yaitu Asus X452E. Laptop itu mempunyai bentuk dan dimensi yang sama dengan varian X452 lainnya.

Bagi yang belum terbiasa atau baru mulai coba- coba untuk melakukan bongkar dan pasang hardware laptop, ada baiknya untuk membaca artikel dibawah ini terlebih dahulu supaya tidak bingung nantinya dengan istilah-istilah yang akan digunakan selama proses pembongkaran.


Untuk melakukan dan mempermudah proses pembongkaran laptop ini, ada beberapa alat bantu yang dibutuhkan, yaitu obeng dengan mata plus. pick gitar (opsional), dan pinset (opsional). Pick gitar dan pinset dapat diganti dengan benda sejenisnya.

Asus X542 Tampak Atas
Melepas Baterai
Seperti halnya yang dilakukan pada laptop-laptop lainnya, yang pertama kali dilakukan untuk mengawali proses pembongkaran adalah melepas baterai jika dimungkinkan. Karena baterai laptop ini berada diluar sehingga memungkinkan untuk dilepas, maka harus dilepas lebih dulu.

Melepas Ram dan Hdd Cover
Setelah baterai dilepas, selanjutnya adalah melepas ram dan hdd cover. Lepas kedua sekrup yang berada pada posisi dilingkari merah. Kemudian tekan dan dorong maju cover tersebut sehingga terbuka dan dapat dilepas dengan mudah.

Melepas Hardisk, Ram, dan Wlan
Setelah cover terbuka, selanjutnya adalah melepas hardisk, ram, dan Wlan. Untuk melepas hardisk lepas sekrup yang berada pada posisi dilingkari merah, kemudian tarik mundur hardisk supaya keluar dari soketnya dan dapat dilepas dengan mudah.

Ram laptop ini menggunakan jenis tanam, sehingga bagi yang tidak menambahkan ram tambahan langsung lewati saja langkah ini dan langsung melepas wlan. Jika menggunakan ram tambahan, untuk melepasnya geser kedua pengunci ram keluar sehingga ram akan terangkat dan mudah dicabut.

Sebelum melepas Wlan, lepas lebih dulu kabel antena wifi yang masih terhubung pada wlan card tersebut, kemudian lepas sekrup yang berada pada posisi lingkaran merah. Setelah sekrup dilepas maka wlan dapat dilepas dengan mudah.

Melepas Sekrup Base Assy
Setelah hardisk, ram dan wlan dilepas, langkah selanjutnya adalah melepas seluruh sekrup yang mengunci base assy. Posisi seluruh sekrup tersebut adalah yang dilingkari merah pada gambar diatas.

Melepas Top Assy
Melepas Top Assy
Melepas Top Assy
Setelah seluruh sekrup yang mengunci pada base assy dilepas, proses selanjutnya berpindah ke bagian atas laptop untuk melepas top assy atau bagian casing yang menutup badan utama laptop dari arah atas.

Untuk mempermudah proses melepas top assy gunakan alat bantu pick gitar atau benda pipih sejenisnya, tetapi tidak disarankan yang berbahan logam karena dapat menyebabkan kerusakan pada casing seperti lecet atau gores.

Selipkan pick gitar pada sambugan top dan base assy, bisa dimulai dari sudut kiri belakang, setelah tersisip pada sambungan geser perlahan pick gitar tersebut ke arah seperti pada gambar diatas. Top assy akan terlepas bagian demi bagian dari base assy.

Melepas Kabel Keyboard, Touchpad, dan Powerboard
Setelah seluruh bagian sambungan top assy dan base assy terlepas, angkat top assy dari arah depan seperti pada gambar diatas. Sekarang lepas kabel yang ada pada top assy yang masih terhubung ke motherboard supaya top assy dapat dilepas seluruhnya.

Ada tiga kabel yang perlu dilepas, yaitu kabel keyboard yang berada ditengah, kabel touchpad yang dilingkari merah disebelah kanannya, dan yang terakhir adalah kabel power yang terletak disebelah belakang kabel keyboard, jadi untuk melepasnya harus melepas kabel keyboard lebih dulu.

Melepas Sekrup dan Kabel Lcd
Gambar diatas menunjukkan bahwa top assy sudah berhasil dilepas dan dapat dilihat bagian dalam laptop secara langsung, yaitu motherboard dan fan. Lepas seluruh sekrup yang berada pada posisi dilingkari merah.

Seteah seluruh sekrup diangkat, lepas dvdrw dari slotnya dengan cara menarik ke kanan saja, asal sekrup seudah dilepas maka dengan mudah dvdrw dapat dilepas. Selanjutnya adalah melepas kabel lcd yang berada pada lingkaran biru, cukup ditarik keluar dari slot konektor kabelnya.

Melepas Kabel Dc In dan Speaker
Setelah kabel lcd dilepas angkat sedikit kabel tersebut maka dapat dilihat dibawahnya terdapat kabel Dc In atau kabel charging, pada gambar diatas adalah yang dikotak merah sebelah kiri, lepas kabel tersebut. 

Untuk kabel speaker untuk melepasnya motherboard dan fan harus diangkat sedikit lebih dulu karena konektornya terletak dibagian bawah motherboard, pada posisi yang dikotak merah. Sebenarnya tinggal diangkat saja motherboardnya juga tidak apa-apa karena kabel speaker dapat terlepas sendiri begitu motherboard diangkat, untuk keamanan saja.

Melepas Fan 
Setelah motherboard diangkat, untuk melepas fan tinggal melepas saja kabel fan dari slotnya di motherboard. Jika ingin melepas heatsink juga maka dapat melepas keempat sekrup yang mengunci heatsink setelah itu heatsink dapat dengan mudah diangkat.

Motherboard Asus X452E
Sampai disini berarti proses membongkar laptop Asus X452E sudah selesai. Selanjutnya untuk merakitnya kembali tinggal dibalik saja langkah-langkah yang sudah dijelaskan diatas, dimulai dari langkah yang terakhir menuju langkah yang pertama.

Untuk Proses lebih detail dapat dilihat pada video berikut:


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

13 comments

Write comments
February 10, 2016 at 7:31 PM delete

Terimakasih atas tutorialnya gan :D .. akhirnya aku bisa membongkar laptop saya :D

Reply
avatar
May 6, 2016 at 2:26 PM delete

Met siang Gan..
Sebelumnya Tks banget, tutorialnya sangat membantu. Laptop sy serinya sama Asus X452E, berkat ngikuti tutorial agan jdi bisa bongkar lepi sy sndri. Hhe..
Mw nnya nih gan, lepi sy(x452E) pas lgi buat ngerjain tiba2 mati blackscreen, dn bsa sy pastiin bukan mati vga nya, krn capslock sy pncet2 lampu indikatorny gk nyala. Kan pas mati sy make batry, dn bsa sy pstiin batry gak low. Trs akhirnya sy matiin pksa dgn cara nahan tombol power, tapi gak mati2. Akhirny kepaksa lgsg cabut battty dn alhasil mati. Trs sy voba nyalain ulag gk bsa nyala. Akhirnya sy bongkar, sy copot pasang btry cmos. Alhasil bisa nyala lagi. Lepi sy dah 1minggu-an normal, dn skrg begitu lagi. Lagi buat ngrjain tau2 blackscreen lgi. Dn sy cba bogkar copot pasag lgi cmos, tpi yg skrg gk bisa teratasi. Kerusakanya apaa nya ya Gan?
Klo mnurut temen asa kemugkinan itu nge-hang RAM dn krn RAMnya On-Board utk nge-refresh/restartny msti copot pasang cmos. Tapi yg ini og tetep mati dn gak teratasi,,
Terus klo memag bener masalah di RAM kira2 klo dipasangi RAM Card bisa ngatasi gak Gan?
Mohon pencerahanya Gan biar gak salah langkah..
Tks sebelumnya..

Reply
avatar
May 6, 2016 at 2:36 PM delete

Biasanya kalau ada 2 modul ram terpasang (termasuk salah satunya onboard) bila salah satu modul rusak maka efeknya tetap ada, misal laptop tidak booting karena salah satu ram mati, meskipun ditambahin modul ram baru laptop tersebut tetep tidak akan bisa nyala, kecuali ram yg mati itu tadi dilepas..

Kerusakan yg agan alami diatas bisa juga disebabkan vga yg rusak, display blackscreen tetapi caps lock tetap aktif merupakan salah satu indikasi kerusakan motherbord, dan motherboard bisa berarti vga/chipset/prosesor/komponen yg lain.

Reply
avatar
May 6, 2016 at 2:57 PM delete

Wah..bener2 fast respond..hhe
Tks Reply nya gan..
Sblmnya maf, sy RAMny blm sy pasang yg card,, masih cmn 1modul,, onboardny doang..
Trs yg jadi ganjalan sy jk onboard ini mati apa cukup hanya dipasangi card bsa terselesaikan ataukah harus di blower/soldier /angkat dulu ram onboardnya? Maf jika prtanyaan sy ngawur,, sy gk paham tentang elektronika,,hhe

Duh,, berarti ada kemugkinan rusak motherbiard ya gan,, wahhh sama aja beli laptop baru dong..

Reply
avatar
May 6, 2016 at 3:04 PM delete

Maf gan sy ralat coment sy hhe.. Kurag memahami balasanya agan..
Dah jelas2 agan jelasin "Walaupun dipasangi 2modul klo salah satu error tetep gak bisa.."

Klo gitu msl yg onboardnya yg troble jalan satu2nya tep ganti motherboard atau dikanibalkan ram onboardnya itu ya gan?
Skali lgi maf jk sy ngawur, soalny gk paham elektronika..

Reply
avatar
May 6, 2016 at 3:37 PM delete

Maaf gan, coment sy ralat lagi..hhe.
Maklum, klo lepi sendri yg troble tu mikirny gmn cara nya bsa diperbaiki tapi ngirit biaya..jadi agak egois..hha..
Sy dapet dari forum dn dia mengatakan :
"the onboard cannot be disabled and people report if it goes bad, there is nothing you can do about it until it is replaced which will cost a lot."

Tapi blm pasti juga sih yg troble RAMny,, krn mnrt agan bsa jdi VGA atau chipset atau komponen lain..

Gan maf, mnta pnjelasanya/koreksiny,, klo yg troble vga nya tu bukany lepi tetep nyala (capslock bisa ditekan2 dn idikatorny nyla dn mati) hanya sja layar mati krn VGAnya yg trobel tadi? Trs jika dicolokkan ke monitor akan bisa nyala di monitor?

Mohon koreksinya gan..
Tks

Reply
avatar
May 6, 2016 at 9:26 PM delete

Memang kalo ram onboard ga bisa di disabled, ya itu dia resikonya..kalo ram onboard udah trobel..mau ditambahin modul ram tambahan pun gak akan memberikan solusi..

Vga rusak gejalanya ada banyak gan, bisa jadi laptop gak display (caps lock tidak respon dll), bisa juga tampilan artifak setelah bberapa saat dipakai, dan bisa juga layar mati sendiri stelah beberapa saat dipakai.

Untuk kasus yg terakhir, layar mati sendiri beberpa saat setelah dipakai, saya sndri udah ngalami nanganin beberapa kasus seperti itu..tp sekali lg itu masih spekulasi berdasar pengalaman saya :)

Reply
avatar
June 10, 2016 at 8:02 PM delete

Gan saya udah nyoba cara diatas tp laptop dalam keadaan tertutup, trus sekarang pas saya mau buka laptopnya malah gabisa. Itu kenapa ya gan?

Reply
avatar
November 5, 2016 at 11:01 PM delete

bg,laptop jenis ni yg cocok merk apa rm untk 4 gb?

Reply
avatar