Membongkar dan Membersihkan Fan HP 14-G102AU


TAKTIKTOP.com - Nah, nemu target lagi nih yang bisa dijadiin kelinci percobaan. Kali ini yang akan menjadi targert pembongkaran adalah laptop keluaran HP, dengan seri HP 14-G102AU. Laptop ini dirilis pada pertengahan tahun 2015an.

Laptop HP 14-G102AU mempunyai spesifikasi dasar prosesor AMD A4-5000, ram bawaan sebesar 2 GB, hardisk bawaan sebesar 500 GB dan memiliki bentang layar selebar 14 inc. Laptop yang lumayan untuk menjalankan grafis yang lumayan berat untuk dana yang sangat terbatas.


Hal-hal yang dapat dilakukan sekaligus dengan melakukan pembongkaran laptop HP 14-G102AU antara lain adalah sebagai berikut:
- Melepas dan mengganti hardisk
- Membersihkan fan dan interior laptop.
- Mengganti thermal pasta.
- Memperbaiki speaker.

Peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan pembongkaran laptop HP 14-G102AU hanyalah sebuah obeng dengan mata plus dan sebuah pick gitar. Untuk pick gitar bersifat opsional, artinya tidak wajib tetapi untuk mempermudah proses saja.

Bagi yang baru pertama kali melakukan atau baru coba-coba belajar bongkar dan pasang hardware, ada baiknya untuk membaca artikel dibawah ini lebih dulu, supaya tidak bingung nantinya dengan istilah-istilah yang digunakan.


Oke, sekarang langsung saja kita menuju proses bongkar pasang laptop HP G-102AU, langsung cekidot ke bawah ya gan:
HP 14-G102AU Tampak Atas
HP 14-G102AU Cover Terbuka
Melepas Baterai
Yang pertama dilakukan adalah melepas baterai, caranya sangat gampang tinggal geser saja pin penguncinya dan tarik baterai keluar. 

Melepas Ram Cover
Langkah selanjutnya adalah melepas ram cover atau bagian casing yang menutup ram. Kendorkan lebih dulu sekrupnya yang berada pada lingkaran merah, setelah sekrup kendor angkat ram cover dari sisi sekrup tersebut.

Melepas Odd
Menarik Odd
Setelah ram cover terlepas, selanjutnya adalah melepas Odd atau Optical Disc Drive. Untuk melepasnya lepas dahulu sekrup yang dilingkari merah. Setelah sekrup terlepas tarik keluar saja odd tersebut seperti pada gambar diatas.

Melepas Cover Engsel
Selanjutnya adalah melepas cover engsel atau bagian casing yang menutup engsel laptop. Sebelum melepas cover engsel tersebut, lepas lebih dulu sekrup yang berada pada lingkaran merah. Setelah sekrup terlepas cover engsel dapat dilepas dengan mudah.

Melepas Seluruh Sekrup Bawah
Selanjutnya adalah melepas seluruh sekrup yang mengunci pada bagian bawah laptop. Seluruh sekrup tersebut ditandai dengan lingkaran merah pada gambar diatas. Jangan sampai terlewat satupun karena dapat menyebabkan casing pecah ataupun menghambat proses pembongkaran.

Melepas Ram
Setelah seluruh sekrup terlepas dan sebelum berlanjut ke proses selanjutnya, biar tidak kelupaan lepas lebih dulu ram nya. Caranya sama pada laptop lain yaitu dengan menggeser pin penguncinya keluar sehingga ram terangkat dan dapat dicabut.

Melepas Keyboard
Setelah selesai dengan bagian bawah laptop, proses pembongkaran selanjutnya beralih ke bagian atas laptop, yang pertama yaitu untuk melepas keyboard. Lepaskan klip pengunci keyboard pada bagian yang dilingkari merah menggunakan pick gitar atau benda pipih sejenisnya.

Melepas Kabel Keyboard
Setelah seluruh klip pengunci terlepas, keyboard dapat diangkat tapi belum sepenuhnya dapat dilepas karena kabelnya masih terhubung ke motherboard. Posisikan keyboard seperti pada gambar diatas dan lepas kabelnya dengan cara membuka pengunci soket kabelnya.

Melepas Sekrup, Kabel Power dan Kabel Touchpad
Setelah keyboard terlepas yang dilakukan selanjutnya adalah melepas sekrup yang dilingkari merah, kemudian melepas kabel power dan kabel touchpad. Posisi kabel power dan kabel touchpad adalah yang dilingkari kuning.

Melepas Top Assy
Top Assy Terlepas
Selanjutnya adalah melepas top assy atau bagian casing yang menutup badan utama laptop dari atas. Disini pick gitar akan sangat berguna, seandainya tidak ada bisa digantikan dengan benda dengan ujung pipih dan tipis sejenisnya.

Sisipkan pick gitar pada salah satu sudut sambungan top assy dan base assy seperti pada gambar diatas, kemudian geser perlahan ke bawah sambil diungkit keatas. Lakukan langkah tersebut searah dengan tanda panah pada gambar diatas.

Melepas USB Board
Gambar diatas menunjukkan bahwa top assy sudah berhasil dilepas. Penampakan motherboard dan komponen lainnya dapat dilihat dengan jelas.

Selanjutnya yang dilakukan adalah melepas usb board atau yang dikotak merah pada gambar diatas. Sebelumnya lepas dulu kabelnya yang dilingkari kuning dan sekrupnya yang dilingkari merah. Setelah itu usb board dapat diangkat dengan mudah.

Melepas Speaker Kanan
Setelah usb board dilepas, selanjutnya adalah mengangkat speaker kanan dari posisinya pada casing. Lepaskan sekrup yang dilingkari merah, kemudian angkat speaker tersebut dan letakkan saja diluar casing, tujuannya supaya hardisk bisa digeser mundur.

Melepas Hardisk
Setelah speaker tadi diangkat dari posisinya, sekarang yang dilakukan adalah melepas hardisk. Lepaskan dulu kedua sekrup yang dilingkari merah kemudian geser mundur hardisk untuk melepasnya. Hardisk tidak dapat digeser mundur apabila speaker masih berada disana.

Melepas Wlan dan Kabel Speaker
Setelah hardisk dilepas selanjutnya adalah melepas Wlan dan kabel speaker. Wlan adalah yang dikotak merah pada gambar diatas, lepaskan kabel antena dan sekrupnya yang dilingkari merah, kemudian angkat sedikit wlan tersebut dan tarik keluar.

Setelah wlan terlepas selanjutnya adalah melepas kabel speaker, kabel speaker posisinya berada pada lingkaran merah gambar diatas. Untuk melepasnya hanya tinggal menarik saja keluar kabel tersebut.

Melepas Kabel Lcd dan Sekrup
Selanjutnya adalah melepas kabel lcd yang dilingkari kuning pada gambar diatas. Kalau ada perekatnya seperti plester atau sejenisnya lepas dulu, kemudian tarik keluar kabel tersebut untuk melepasnya dari konektornya. Setelah itu lepas seluruh sekrup yang dilingkari merah pada gambar diatas.

Melepas Kabel DC in dan Fan
Setelah kabel lcd dan sekrup pada proses sebelumnya dilepas, motherboard dapat diangkat sedikit, angkat motherboard sedikit keatas seperti pada gambar untuk melepas kabel dc in dan kabel fan, karena kedua konektor kabel tersebut berada di bagian bawah motherboard.

Fan HP 14-G102AU
Setelah kabel dc in dan kabel fan pada langkah sebelumnya dilepas, letakkan kembali motherboard pada posisinya. Kemudian angkat lebih dulu fan atau kipasnya. Setelah fan terlepas dapat dibersihkan menggunakan kuas, semprotan angin atau alat lainnya.

Motherboard HP 14-G102AU
Setelah fan dilepas pada langkah sebelumnya, barulah motherboard dapat diangkat. Gambar diatas adalah penampakan dari motherboard laptop HP 14-G102AU.

Sampai disini berarti proses membongkar laptop HP 14-G102AU sudah selesai, selanjutnya untuk proses merakit kembali tinggal membali saja urutan prosesnya dari langkah yang terakhir menuju langkah yang pertama.

Untuk proses yang lebih detail dapat dilihat pada video berikut ini:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 comments

Write comments
August 18, 2016 at 2:13 PM delete

salam admin,
saya punya laptop HP 14g102au black, yang mana klw dihidupkan sekitar 5 menit kemudian gambar samar dan trus hilang, serta bunyi kipaspun tidak ada, tapi klw di coba dengan layar eksternal dia tampil pak, bagus malahan. apa penyebabnya itu pak, dan klw diperbaiki/ diganti spare partnya bisa biaya berapa ya?

Reply
avatar
August 19, 2016 at 11:34 AM delete

kemungkinan ada masalah dengan vga nya pak

Reply
avatar
October 21, 2016 at 9:11 AM delete

Dear admin,
thanks for article. oh iya kalo untuk menambah RAM laptop ini apakah harus dengan merk yg sama?

Reply
avatar
October 21, 2016 at 9:17 AM delete

Ram tidak harus dengan merk yg sama..asalkan sama² ddr3 😃

Reply
avatar