Mengenal Berbagai Konektor Pada Laptop dan Fungsinya


TAKTIKTOP.com - Laptop merupakan komputer yang bersifat portable yang berarti dapat dibawa kemana saja dibutuhkan. Tentunya dengan sifatnya yang portable terdapat fitur penunjang yang dapat terhubung ke media atau perangkat eksternal yang ada diluar laptop itu sendiri.

Fitur penunjang sebuah laptop agar dapat leluasa terhubung dengan perangkat-perangkat eksternal dapat dijumpai pada sisi laptop itu sendiri, dimana terdapat berbagai macam konektor dengan berbagai bentuk yang tentunya memiliki fungsi masing-masing.

Dalam artikel kali ini akan dibahas tentang berbagai macam konektor beserta fungsinya yang terdapat pada sisi-sisi laptop. Semoga bisa bermanfaat bagi yang belum mengetahui tentang nama dan fungsi konektor-konektor yang ada pada laptopnya.

Side Connector 1
1. Dc In
Seluruh pengguna laptop pasti tahu kegunaan dari konektor ini, yaitu untuk mengecharge baterai laptop atau untuk menghubungkan charger ke laptop. Hampir seluruhnya mengetahui fungsinya tapi tidak mengetahui namanya, namanya adalah konektor Dc In.

2. Lan Card
Konektor ini berfungsi untuk menyambungkan kabel lan, sehingga laptop dapat terhubung pada suatu jaringan komputer. Jadi kalau dikantor ada kabel lan di meja, berarti kabel itu untuk disambungkan pada konektor ini.

3. USB 2.0
Semuanya juga pasti sudah pada tahu kegunaan dari konektor ini, yang paling populer adalah untuk menyambungkan flashdisk. Fungsi utama dari konektor usb adalah untuk menyambungkan seluruh perangkat eksternal yang menggunakan antar muka usb.

4. Odd
Odd merupkan singkatan dari Optical Disc Drive. Kebanyakan orang menyebut odd dengan jenisnya, seperti dvdrw, dvdrom, blueray, cdrom, dan sebagainya. Fungsinya juga pasti sudah pada tahu kan? yaitu untuk membaca media penyimpanan piringan.

Side Connector 2
5. Card Reader
Konektor yang berbentuk lubang persegi panjang tersebut adalah card reader, yang berfungsi untuk membaca dan menulis kartu penyimpanan eksternal atau yang lebih sering disebut dengan memory card. Biasanya memory card pada laptop dapat membaca memory card yang berjenis sd card dan mmc.

Side Connector 3
6. Audio Port
Audio port biasanya terdiri dari dua lubang, satu lubang untuk audio output dan lubang yang lainnya untuk microphone. Audio output berguna jika pengguna ingin menyambungkan speaker aktif pada laptopnya.

Jika hanya terdapat satu lubang berarti lubang tersebut sifatnya combo, yang berarti untuk audio output dan juga microphone. Jika hanya terdapat satu lubang, maka jika ingin membeli headset pastikan ujung kabelnya juga satu, kabel speaker dan microphone jadi satu konektor.

7. USB 3.0
Fungsinya tetap sama dengan usb 2.0, yaitu untuk menyambungkan perangkat eksternal yang menggunakan tatap muka usb. Konektor usb 3.0 biasanya berwarna biru seperti pada gambar diatas, sedangkan usb 2.0 berwarna hitam.

8. HDMI
HDMI merupakan singkatan dari High Definition Multimedia Interface, fungsi dari konektor ini adalah sebagai output tampilan laptop ke perangkat HDMI diluar laptop. Misalnya untuk menampilkan tampilan layar laptop pada LED TV.

Supaya contoh diatas dapat direalisasikan caranya adalah dengan menghubungkan kabel HDMI pada konektor HDMI laptop dan yang satunya pada konektor HDMI yang ada di LED TV. Sehingga tampilan yang ada pada layar laptop dapat tampil pada layar LED TV.

9. VGA Out / Dsub
Fungsinya mirip dengan HDMI, yaitu untuk menampilkan tampilan pada layar laptop ke perangkat diluar laptop, seperti projector dan LCD TV. VGA Out saat ini sudah mulai tersingkir oleh HDMI.
D-Sub atau VGA out belum mendukung resolusi HD seperti yang sudah terdapat pada HDMI.

10. Saluran Exhaust
Sebenarnya ini bukan termasuk konektor, tapi sengaja disertakan saja untuk tambahan informasi. Saluran exhaust berfungsi seperti knalpot pada kendaraan bermotor, yaitu untuk saluran pembuangan panas dari dalam badan laptop.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

7 comments

Write comments
January 7, 2016 at 5:34 PM delete

Mas,mau tanya kalau vga out bisa barengan sama hdmi ga kalau keduanya d koneksikan ke proyektor...??

Reply
avatar
Anonymous
May 7, 2016 at 10:33 AM delete

kalau lubang yg kecil itu apa mas.. yg sebelah nomor 10..

Reply
avatar
May 7, 2016 at 11:24 AM delete

Ohh itu lubang buat nggembok laptop mas :D biasanya gemboknya pake semacam kabel besi kayak dipameran² itu :D

Reply
avatar
May 7, 2016 at 11:24 AM delete

Malah belom pernah nyoba e mas..hehe.. :D

Reply
avatar
September 3, 2017 at 1:21 PM delete

terimakasih kawan.atas berbagi ilmu

Reply
avatar
May 21, 2020 at 7:34 AM delete

Terimakasih min, akhirnya jadi makin tau.
Salam sukses dari Kang Sumirat

Reply
avatar
December 6, 2023 at 11:10 AM delete

bagian dalem dc in kerangkanya apa ya mas?

Reply
avatar