Cara Memperbaiki Suara Speaker Laptop Pecah


TAKTIKTOP.com - Keberadaan speaker dalam suatu laptop memang tidak mungkin dipisahkan. Memang peran speaker bisa dibilang lumayan krusial dalam sebuah laptop. Bagaimana tidak, tentu laptop akan menjadi sunyi dan hampa tanpa keberadaan speaker.

Ketika level stress sedang meningkat maka speaker dapat meredamnya dengan melantunkan lagu-lagu kesayangan. Ketika kamar terasa hampa speaker dapat membuatnya menjadi gaduh dengan memutar musik keras-keras.


Bagi penikmat audio dan video memutar musik dengan volume tinggi merupakan sebuah ekspresi tersendiri untuk menikmati lantunan audio maupun menonton video. Lebih seru, lebih kerasa dan lebih mantap didengar dan ditonton, kurang lebih seperti itulah.

Namun ada satu hal yang dilupakan dari memainkan audio dan video dengan volume yang selalu tinggi, yaitu dapat menyebabkan speaker pecah atau jebol. Khususnya pada laptop yang sudah menggunakan speaker yang menggunakan membran disekitar inti-nya.


Volume yang relatif tinggi menyebabkan getaran speaker pada plasma tersebut juga semakin tinggi, sehingga jika dilakukan secara terus menerus membran speaker akan sobek dan sedikit demi sedikit akan terkikis habis.
Bagian Speaker
Ketika membran sudah terkikis habis, maka tidak ada lagi yang menahan getaran dari inti speaker tersebut. Sehingga setiap melantukan audio dengan volume tinggi langsung membentur dinding speaker yang membuat suara menjadi pecah, kalo bahasa jawanya krosak..krosak... Jika suara laptop kamu udah jedug-jedug ada bass-nya berarti kemungkinan besar speakernya menggunakan membran.

Ada satu cara yang dapat dilakukan jika output suara speaker sudah mulai atau sangat pecah. Metode ini dapat dilakukan pada semua laptop yang sudah menggunakan speaker yang menggunakan membran, seperti Harman Kardon, Altec Lansing, dan lainnya yang sudah ada bass-nya.

Sebelum memutuskan untuk mengganti dengan speaker yang baru di service center ada baiknya untuk mencoba metode ini terlebih dahulu, hanya satu alat saja yang dibutuhkan untuk memperbaiki speaker ini, yaitu lem Castol!

Lem Castol
Sebenarnya lem Castol bersifat opsional, artinya tidak harus menggunakan lem ini, dapat juga diganti menggunakan lem yang lainnya asalkan sifatnya lunak seperti lem UHU. Jangan menggunakan lem yang sifatnya keras seperti Alteco.

Contoh Membran Speaker Terkikis Habis
Contoh Membran Speaker Mulai Terkikis
Sebelum mulai proses memperbaiki suara speaker laptop  yang pecah, tentunya yang harus dilakukan pertama kali adalah membongkar laptop itu sendiri, karena tidak mungkin memperbaiki speaker laptop tanpa membongkarnya lebih dulu.

Tutorial membongkar laptop dapat ditemukan pada bagian lain dari situs ini, beda laptop beda pula cara membongkarnya, ada yang hanya cukup melepas top assy-nya saja sudah kelihatan speakernya, ada juga yang harus membongkar total dulu.

Menutup Membran Yang Terkikis Dengan Lem
Setelah speaker dapat terlihat, dengan menggunakan lem Castol, tutup lubang yang disebabkan oleh membran yang terkikis, memutar ke seluruh area membran speaker. Meskipun masih ada sedikit membran yang tersisa sekalian ditimpa menggunakan lem saja.

Inti sesungguhnya dari metode ini adalah membentuk membran speaker yang baru sehingga inti speaker tidak lagi membentur langsung ke dinding speaker. Itulah mengapa dibutuhkan lem yang bersifat lunak supaya dapat bergetar secara fleksibel.

Contoh Hasil Pengeleman Membran Speaker
Contoh Hasil Pengeleman Membran Speaker
Contoh cara dan hasil mengelem pada membran speaker dapat dilihat pada gamabr diatas. Pengeleman dilakukan memutar ke seluruh area membran hingga tidak terdapat lubang sama sekali. Seluruh rongga diantara inti speaker dengan dinding speaker harus tertutup.

Setelah pengeleman selesai, diamkan beberapa menit dan tunggu sampai kering, setelah lem benar-benar kering baru laptop dirakit kembali dan silahkan langsung dicoba dan rasakan bedanya, selamat tinggal suara krosak..krosak...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

16 comments

Write comments
January 1, 2016 at 4:48 PM delete

BANTU PROSES KARTU KREDIT BANK BNI SYARIAH
BNI Syariah Hasanah Card Classic credit card
BNI Syariah Hasanah Card Classic
Mencari kartu kredit yang menggunakan prinsip syariah? BNI Syariah Hasanah Card Classic jawabannya yang menggunakan Akad Kafalah, Qardh, dan Ijarah.
INFO pin 582F4A2E TLP/SMS/WA DI 085600125176/FB CHAIRUL ICHSAN BUANA atau di duniabuana@rocketmail.com. alamat email di rooly88@gmail.com, melayani nasabah di seluruh nusantara
BP CHAIRUL SARTO UTOMO untuk
KANTOR BASECAMP DIVISI MARKETING DI
JL PANDA BARAT V NO 7
Berikut Alamat dan Nomor Telepon Bank BNI Syariah Kantor Cabang Semarang.
Alamat: Jl Ahmad Yani No. 152, Semarang 50242.
Nomor Telepon: (024) 831 3247 831 5027
Nomor Faks: (024) 831 3217
karyawan lampirkan syarat fc ktp slip gaji min 3 juta npwp wajib, wiraswasta lampirkan fc ktp,npwp,siup dan tdp untuk wiraswasta wajib ada no fixline ( telp kabel ) di tempat usahanya
proses berkas dikirim via emai/wa/line/bbm dan 100% aman bisa hub no bni syariah ahmad yani untuk menanyakan nama saya ,atau
BNI Syariah Call Center 500046 atau 68888 melalui ponsel.
proses kurang lebih 14 hari kerja, TERIMA KASIH

Reply
avatar
April 16, 2016 at 7:54 PM delete

Thnks bnget gan, infony sangat membantu skali

Reply
avatar
April 16, 2016 at 7:55 PM delete

Thnks bnget gan, infony sangat membantu skali

Reply
avatar
June 4, 2016 at 1:52 AM delete

u have a great tutorial bro..
thanks banget gan..

Reply
avatar
August 11, 2016 at 3:23 PM delete

thanks ya gan .. jempol dah

Reply
avatar
October 3, 2016 at 6:13 PM delete

okay saya coba dulu, praktek macbook pro 2013 karena speaker yg sangat mahal haha

Reply
avatar
May 26, 2017 at 2:01 PM delete

klo laptop acer gimana? takutnya udh d lepas gk bisa dipasang lagi gimana ya gan?

Reply
avatar
February 14, 2018 at 7:40 AM delete

Selanat pagi, terima kasih tutorialnya. Saya mau tanya, kalo untuk toshiba qosmio f50/f60series, utk liat perbaiki speakernya harus buka huga bagian belakang laptop ya? Atau bisa hanya bagian depan saja? Terima kasih

Reply
avatar
February 14, 2018 at 7:41 AM delete

Selamat pagi, terima kasih tutorialnya. Saya mau tanya, kalo untuk toshiba qosmio f50/f60series, utk perbaiki speakernya harus buka juga bagian belakang laptop ya? Atau bisa hanya bagian depan saja? Terima kasih

Reply
avatar
May 3, 2020 at 6:40 PM delete

Mantulll bang bermanfaat sekali...laptop asus x200ma anti krosak kresek lagi spekernya...mksih ilmunya

Reply
avatar
edy
January 4, 2022 at 11:03 AM delete

Cari speaker nb550 dionline ga ada yg jual. Nemu artikel ini. Langsung dilem dan berfungsi lagi. Terima kasih banyak ya sudah berbagi

Reply
avatar
June 12, 2022 at 3:07 PM delete This comment has been removed by the author.
avatar
June 12, 2022 at 3:08 PM delete

Bang tolong bikin video nya dong bang, takutnya kebanyakan kena dalem speaker nya gpp bang?

Reply
avatar