Beberapa Jenis kerusakan Lcd Laptop


Seiring dengan bertambahnya umur pemakaian laptop, berbagai masalah pun mulai berdatangan menghampiri laptop, mulai kebersihan laptop yang semakin tidak terurus, performa sistem yang kian lama kian tambah lambat, dan tidak jarang lcd laptop juga mulai bermasalah.

Memang umur penggunaan laptop merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan tingkat kesehatan laptop. Meskipun laptop sudah digunakan dan dirawat dengan baik kalau umurnya sudah tua pasti akan terjadi masalah juga. Berikut akan dibahas beberapa jenis kerusakan pada lcd yang paling sering terjadi.

Lcd Bergaris
Lcd Bergaris
Ini adalah kerusakan yang paling sering terjadi pada lcd laptop. Ketika dinyalakan tiba-tiba ada garis yang melintang, bisa vertikal dan bisa juga secara horizontal. Kasus seperti ini biasanya bersifat permanen, artinya kalau sudah sekali kena maka akan berlanjut seterusnya.

Lcd bergaris vertikal maupun horizontal biasanya berawal dari satu garis tipis, kemudian bertambah satu garis lagi, hingga banyak terdapat garis yang melintang pada lcd seperti pada gambar diatas. Dalam kasus ini kerusakan sudah bisa dipastikan terletak pada lcd-nya.

Lcd Blank
Lcd Blank
Dalam kasus ini lcd tidak dapat menampilkan aktifitas dilayar, hanya menampilkan suatu tampilan dengan satu warna penuh, bisa hitam, putih, atau warna yang lainnya. Dalam kasus lcd blank seharusnya kalau laptop disambungkan ke lcd eksternal, tampilan tetap muncul normal sebagai mana biasa pada lcd eksternal.

Kasus lcd blank mungkin masih ada harapan untuk diberikan pertolongan pertama, yaitu bisa dicoba dengan membongkar lcd, kemudian lepas kabel dan pasang kembali. Dalam kasus lcd blank perlakuan seperti itu masih dapat memberikan pertolongan, gak ada salahnya untuk mencoba dari pada langsung ganti lcd baru.

Lcd Flicker
Lcd Flicker
Yang dimaksud dengan flicker adalah, tiba-tiba lcd memunculkan banyak garis atau bahkan tampilan abstrak disertai dengan tampilan lcd yang bergetar-getar. Dalam kasus ini coba geser lcd buka-tutup biasanya ada sudut tertentu yang normal, tetapi lama-kelamaan pasti bakal terjadi juga pada sudut tersebut.

Lcd Goomy
Lcd Goomy
Lcd Goomy yang dimaksud adalah, terdapat bercak putih yang bersinar lebih terang dari pada bagian lcd lainnya, dalam gambar diatas seperti yang terdapat pada lingkaran merah. Ibaratnya seperti panu tapi terjadinya pada lcd.

Pada gambar diatas hanya terdapat satu titik pada lingkaran merah, pada beberapa kasus yang lebih parah, bisa terdapat banyak titik seperti itu pada satu lcd, sehingga sangat mengganggu saat laptop sedang digunakan. Dalam kasus ini kerusakan sudah dapat dipastikan berada pada lcd.

Dead Pixel
Lcd Deas Pixel
Dead pixel, sesuai dengan namanya yang berarti pixel mati, dimana satu atau beberapa titik kecil dalam lcd tidak dapat menampilkan warna sebagaimana mestinya, dan malah menampilkan warna tertentu, bisa secara konstan maupun berganti warna berlawanan dengan warna tampilan lcd seharusnya.

Sebenarnya hampir mirip dengan kasus goomy, bedanya dalam dead pixel yang terjadi adalah titik-titik kecil sedangkan pada goomy bisa terjadi pada area yang lumayan luas. Juga dalam kasus goomy warna yang ditampilan selalu putih, sedangkan pada dead pixel berbeda-beda pada setiap kasus tidak selalu sama. Dalam kasus ini kerusakan juga mutlak terdapat pada lcd.

Tampilan Artifact

Yang dimaksud dengan tampilan artifact atau artifact display adalah, lcd menampilkan tampilan berupa kotak-kotak atau bisa juga huruf dan karakter tertentu pada suatu bagian lcd bahkan bisa juga pada satu layar penuh seperti pada gambar diatas.

Dalam kasus ini perlu diagnosa lebih lanjut, karena penyebab kerusakan pada kasus seperti ini dapat disebabkan oleh beberapa komponen, antara lain lcd, kabel lcd, dan bahkan vga.

Lcd Pecah
Lcd Pecah
Nah kalo yang satu ini sudah mutlak karena kesalahan penggunaan. Bisa disebabkan karena benturan, jatuh, atau kelupaan menaruh benda diatas keyboard kemudian lcd ditutup. Dan yang satu ini sudah mutlak harus melakukan penggantian lcd, tidak ada pertolongan pertamanya.

Lcd pecah dapat menyebar ke bagian lcd yang lain, pada contoh gambar diatas, titik pecah pertama terdapat pada bagian pojok kanan bawah, kemudian karena bagian atas mengalami tekanan meskipun sangat kecil, garis retak tersebut jadi naik ke atas.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

80 comments

Write comments
Anonymous
April 7, 2016 at 3:52 PM delete

Min kalo LCDnya ada warna merah merah namanya apa yah? dan cara memper baikinya bagaimana?, inbox ke rifkysabila@gmail.com

Reply
avatar
May 6, 2016 at 3:46 PM delete

Min kalo lcd goomy tu penyebabnya apa yh trus cara memperbaikinya gimana?

Reply
avatar
May 6, 2016 at 9:30 PM delete

Lcd goomy bisa disebabkan kondisi lingkungan yg lembab, bisa jadi laptop lama tidak dipakai dalam rentang waktu yg lama dan disimpan di tempat yg lembab.

Bisa juga karena faktor umur laptop dan kualitas layar lcd yg dipakai laptop itu sendiri..

Solusi untuk Lcd goommy hanya bisa diatasi dengan mengganti lcd baru gan :(

Reply
avatar
May 6, 2016 at 9:31 PM delete

Lcd warna merah bisa berupa garis apa seluruh screen? Kalo seluruh screen coba bongkar terus lepas dan pasang kembali kabel lcd nya :)

Reply
avatar
May 9, 2016 at 8:25 AM delete

Min kalo lcd laptop yang kena goomy bisa di garansikan pa gk?

Reply
avatar
May 12, 2016 at 11:44 PM delete

gan kalau bercak hitam gitu bisa di ilangin gak ?

Reply
avatar
May 13, 2016 at 5:16 AM delete

Kalo bercaknya di dalam kemungkinan besar gak bisa gan.

Reply
avatar
May 30, 2016 at 8:36 AM delete

keren gan informasinya sangat membantu sekali,
ini gan kalau mau servis laptop,jual beli laptop dan cari sparepart laptop https://laptopbekasjogja.wordpress.com/

Reply
avatar
June 30, 2016 at 10:11 AM delete

Min.. lcd gw kemaren terbentur dikit stlh itu muncul 1 titik hitam... skrg udah menyebar lbh dari 1 cm... itu gak bs diperbaiki lagi kah?

Reply
avatar
June 30, 2016 at 10:18 AM delete

Sepertinya itu retakan gan..bukan cuman titik hitam soalnya nyebar, ga bisa dibaikin..msti diganti..

Reply
avatar
July 15, 2016 at 10:24 AM delete

Gan laptop saya tadi kena lcd goomy udah coba digaransikan tapi nggak bisa, pilihan yg terbaik buat benerinnya apa gan?? Misal hrs ganti lcd itu kira2 brpa gan biayanya??

Reply
avatar
September 29, 2016 at 1:39 PM delete This comment has been removed by the author.
avatar
September 29, 2016 at 1:39 PM delete

minn kalo lcd laptop saya pixelnya kurang padat sama warananya kurang jernih, kenapa yaa?

Reply
avatar
September 29, 2016 at 1:50 PM delete

Kalo itu kayaknya lcd nya udah mulai galau gan :D

Reply
avatar
October 7, 2016 at 10:07 PM delete

Hai, kalo di lcd laptop gw tu tiba-tiba muncul garis tipis warnanya kaya pelangi gitu,seukuran 1-2 cm lah kurang lebihnya, itu kenapa ya? thank you...

Reply
avatar
October 7, 2016 at 10:13 PM delete

Biasanya lcd nya gan kalo gt...
Coba dibongkar terus lepas pasang lagi kabel lcd nya gan.

Reply
avatar
October 7, 2016 at 10:23 PM delete

Iya dari tadi sibuk googling knapa bisa kaya gini. Baru kira-kira 30 menit yang lalu lah gw sadar ada garis tipis di layar,gw coba lap nggak ilang garisnya. Padahal keteken ga pernah, kena air ga pernah, apa lagi (amit-amit)sampe jatuh...btw gw pake plastic screen guard kan, mungkin gak sih kalau itu kotoran/debu tapi yang bikin gw bingung gimana tembusnya? kan pake plastic screen guard..

Reply
avatar
October 7, 2016 at 10:25 PM delete

Kemungkinannya kecil banget gan kalo cuman gara² debu..

Reply
avatar
October 7, 2016 at 10:30 PM delete

Penyebabnya utamanya tu biasanya apa sih, perasaan ni laptop gw rawat baik-baik kok?

Reply
avatar
October 7, 2016 at 10:32 PM delete

Mmm...apa ya...banyak sih kasus gitu tanpa sebab tau² rusak :D

Reply
avatar
Anonymous
October 16, 2016 at 7:47 AM delete

Gan, ane baru beli laptop kira2 sebulan, trus ada titik hitam, tempatnya juga pindah2, itu kira2 kenapa ya? Trus bisa di perbaiki ga?

Reply
avatar
October 28, 2016 at 8:54 AM delete

Baru 2 bulan beli brrti masih garansi..mendingan diklaim aja garansinya, kalo dibongkar sndri ntar garansinya angus

Reply
avatar
October 31, 2016 at 5:49 AM delete

gan klo lcd lapfop di setiap pinggir layarnya warna merah kenapa gan, trus keliatan jelas warna merahnya klo backgroundnya warna hitam jelas keliahatan warna merah di pinggir layar lcd laptopnya ?

Reply
avatar
October 31, 2016 at 7:33 AM delete

La kok ga bisa ke knpa gan? :O

Reply
avatar
October 31, 2016 at 7:34 AM delete

Kako itu udah hampir bisa dipastikan lcd-nya yg galau minta ganti gan

Reply
avatar
November 3, 2016 at 5:15 PM delete

Lcd goomy bisa nyebar ga min ?
tapi ini dah lama kayak gini sekitar setengah tahunan tetep titik terangnya cuman segitu ..

Reply
avatar
November 8, 2016 at 6:57 PM delete

Kalo muncul bintik hitam dilayar laptop disebabkan apa ya om?

Reply
avatar
November 11, 2016 at 10:53 AM delete

Gan klw yg lcd Flicker tuh bisa di perbaiki gk...
Klw bisa gmna caranya gan...

Reply
avatar
November 14, 2016 at 4:51 AM delete

Lcd flicker biasanya bisa disebabkan kabelnya juga..ga msti lcd nya yg rusak

Reply
avatar
November 19, 2016 at 10:26 PM delete

gan. . laptop ane mesin nyala dan dan ada suara opening windows.nya. tapi tampilan lcd ane kek blank gitu gan .kira2 kenapa gan ?

Reply
avatar
November 19, 2016 at 10:39 PM delete

Cobak disambungin ke monitor eksternal ada tampilan ga di monitor eksternalnya..kalo muncul kemungkinan ada masalah di lcd ato kabelnya

Reply
avatar
November 28, 2016 at 9:32 PM delete

gan lcd laptop saya ngeblank putih semua, kira2 bisa diperbaiki gak bang?

Reply
avatar
November 30, 2016 at 2:33 AM delete This comment has been removed by the author.
avatar
November 30, 2016 at 2:39 AM delete

GAN KALAU lcd laptop saya ,,di bagian atasnya jernih seperti biasa ,, terus yg bagian bawahnya burem terus dibagian tengah LCD saya ada garis putih ,,, terus anehnya ketika laptop saya di restar, lcd normal lagi...ini baru pertama kali laptop saya seperti ini dan kejadian nya hanya sekali secara spontan,,,,,apakah LCD laptop saya ada yang bermasalah,,,padahal laptop saya baru 1 tahun saya pakai..........."TERIMAKASIH KALAU ADMINNYA BERKENAN UNTUK MENJAWABNYA".

Reply
avatar
December 3, 2016 at 8:08 PM delete

Gan mau tanya,notebook Saya kalo dinyalain layarnya + kursor bergerak2 sendiri,, aplikasi kebuka sendiri sama muncul bulatan2 warna putih,,kira2 gmna cara memperbaikinya ya? Os win.8 pro

Reply
avatar
December 10, 2016 at 9:14 AM delete

Kemungkinan keyboardnya yg rusak itu..

Reply
avatar
December 10, 2016 at 9:16 AM delete

Ada kemungkinan di lcd nya..bisa juga kabelnya..bisa juga vga nya..bisa juga motherboardnya

Reply
avatar
December 10, 2016 at 4:02 PM delete

Gan laptop saya ada garis vertikal ditengahnya . Itu bisa di perbaiki gak gan ?

Reply
avatar
December 10, 2016 at 4:04 PM delete

Gan laptop saya ada garis vertikal ditengahnya . Itu bisa di perbaiki gak gan ?

Reply
avatar
December 15, 2016 at 2:44 PM delete

gan kalau lcd blank itu bisa kemungkinan kabel fleksibelnya kh yg rusak?atau ada yg lainnya?

Reply
avatar
December 15, 2016 at 7:11 PM delete

kak kalo warna merahnya gak muncul pada layar, itu apanya yang salah yah ??

Reply
avatar
December 19, 2016 at 3:08 AM delete

Gan kalo lcd goomy itu apakah bisa di claim garansi?

Reply
avatar
December 27, 2016 at 8:01 PM delete

Bisa kabelnya..bisa lcd nya..bisa vga nya..

Reply
avatar
Anonymous
December 31, 2016 at 9:14 AM delete

Kalau lcd led terang (lbh terang dari normal) kira2 bisa diperbaiki apa tdk ya, settingan untuk terang sdh saya setting paling bawah, tapi tdk berefek. Thx

Reply
avatar
January 1, 2017 at 12:18 PM delete

kalo lcdnya ada tompel hitam bisa di benerin gan,, kalo di pencet bisa kecil tapi takut

Reply
avatar
January 5, 2017 at 8:49 PM delete

gan mau nanya nih, layar laptop saya kok berubah jadi warna abu-abu padahal tidak ada gjala apapun sebelumnya pada lcd nya kelihatan normal aja. tapi klo udah lama muncul garis-garis, mohon pencerahannya....?

Reply
avatar
January 20, 2017 at 1:59 PM delete

lcd saya kena flek gara2 ketumpahan air. karena gak langsung di-hair-dryer jadinya membekas deh. kalo kasusnya gini mesti ganti lcd yak? trims sebelumnya. :D

Reply
avatar
January 31, 2017 at 8:11 PM delete

Gan kalau lcd laptop saya terbelah jadi dua bagian gan, atas putih bawah hitam padahal kaga pernah jatuh sama sekali... Itu kenapa ya gan?

Reply
avatar
February 5, 2017 at 9:38 PM delete

Lcd rusak tanpa sebab itu hal biasa :)

Reply
avatar
February 6, 2017 at 1:43 AM delete

Min klo screen bleeding itu akibat tertekan ataugimana ya? Kayak kuning kuning gitu.
Terus info min harga lcd g752 itu berapa ya

Reply
avatar
February 6, 2017 at 4:05 PM delete

Min, kalau garis hitam cuma sedikit?

Reply
avatar
February 11, 2017 at 2:27 PM delete

min laptop saya ada garis warna merah tipis banget di pojok dari atas sampai bawah , terus bawah sudut nya ada kaya cahaya kecil banget bersinar beda dari sudut lain nya
itu kira kira bisa mebyrbar/tidak gan ??

Reply
avatar
March 2, 2017 at 1:54 PM delete

Mas laptop saya ada garisnya dan ada bintik hitam yang saya tidak tahu asalnya tapi laptop ttp menyala lalu bagaimana? Tolong mas bantuannya bisa email saya ya mas

Reply
avatar
March 2, 2017 at 3:08 PM delete

Kasusb umum gan..trjadi banyak laptop, sering terjadi tanpa sebab

Reply
avatar
March 10, 2017 at 9:31 AM delete

Min nanya dong... kalau dead pixel itu bisa nyebar nggak ya? kalau nyebar biar nggak cepet tersebarnya harus diapain ya? dan saya beberapa lihat ada sedikit solusi buat benerin pake pixel repair... itu aman nggak min? makasih atas waktunya

Reply
avatar
March 14, 2017 at 1:04 PM delete

mas, sya juga sma. ada garis merah horizontal ktika mau masuk windows kan suka item ya n ada yg berkelip2 bntar di pojok kiri atas. nah ketika itu ada garis2 merah dibagian atasnya.tapi ketika sudah hidup posisi layarnya normal.gris2 tersebut ga ada.mhon jwbannya ke hidaris7787@gmail.com

Reply
avatar
March 14, 2017 at 11:55 PM delete

gan kalo laptop ane kok pas di cas lampu lcdnya nyala sih? padahal laptop keadaan mati

Reply
avatar
March 15, 2017 at 6:04 PM delete

Min mau tanya klo LCD laptop ada garis hitam memanjang katanya bisa nambah bisa dibenerin gk? Ini rencana mau ganti LCD
Tolong dijawab

Reply
avatar
March 29, 2017 at 12:46 PM delete

min lcd laptop ane di bagian atas dan samping ada putih putih kenapa ya?kada suka blank aja

Reply
avatar
April 22, 2017 at 8:11 PM delete

Kira2 kalau ganti LCD butuh modal berapa yak? Soalnya laptop gua kena benturan dikit setelah gua liat ada bercak hitam dilayar. Emang gak bisa diperbaiki aja?

Reply
avatar
May 21, 2017 at 11:08 AM delete

misi om, punya gua ada shadow merah didekat frame/border. lebih ke shadow bukan red line. apa backlightnya ya om? ato da software yang gampang? any solution? best regard!.

Reply
avatar
June 14, 2017 at 10:50 AM delete

Gan, kalo macem bekas kebakar gtu layarnya knapa ya? Jadi warna putihnya ketutup, atau jd keruh warnanya.Tiba2 mu cul jugaabis dicharge mayan lama

Reply
avatar
June 15, 2017 at 4:16 AM delete

Kalo ditanya penyebabnya saya ga tau..tp kalo ditanya solusinya ya ganti lcd

Reply
avatar
June 15, 2017 at 4:17 AM delete

Solusinya ya ganti lcd om..

Reply
avatar
July 7, 2017 at 8:37 AM delete

bang laptop sya tiba2 ada titik hitam pdahal dah gua rawat dengan baik.titiknya makin lama makin besar hadehhh solusinya apa ya bang???kalau ganti lcd biayanya berapa????

Reply
avatar
July 11, 2017 at 1:21 AM delete

GAN LCD COMPUTER SY NGBLUR GIMANA CARA MENGATASINYA YA?

Reply
avatar
July 26, 2017 at 6:48 PM delete

Laptop saya dinyalakan dengan normal mode lampu LED layar mati, tapi saat dinyalakan dengan safe mode lampu LED nyala dan layar dalam keadaan baik baik saja, apakah ada gangguan dari virus?

Reply
avatar
Anonymous
September 14, 2017 at 6:35 AM delete

Min, laptop saya di beberapa app, kaya notepad, paint, office, adobe reader, itu kadang muncur garis putih di layar sebelah kiri bagian atas layar, kadang di bagian bawah juga. Nah kata tmen sya itu bisa jadi permanen. Trus itu gmna ya? Pengaruh hardwaere(lcdny) atau karena software nya?

Reply
avatar
November 20, 2017 at 7:24 PM delete

LCD laptop saya gelap sebelah.. apakah bisa di atasi dengan software dead pixels?

Reply
avatar
Anonymous
February 21, 2018 at 8:31 PM delete

min, kalau layarnya ada garis merah vertikal hampir 3/4 layar itu kenapa ya kira kira? harus ganti lcd ga?

Reply
avatar
March 21, 2018 at 7:08 PM delete

Sya baru beli notebook tadi sore, saya tdk cek di toko,pas d rumh saya buka ,seperti ada cahaya remang remang di pinggir layar, itu bagaimana yah ?

Reply
avatar
July 26, 2018 at 5:57 PM delete

Gan klo ujung sisi layar lcd muncul bercak warna putih yg lumayan besar
Mirip saat kita menekan kayar lcd kta
Tpi ini punya sya terus menerus, itu knp ya gan?

Reply
avatar
June 12, 2020 at 6:10 AM delete

Min laptop tu ku kan jatuh terus pas aku hidupkan lg layarnya hancur dan ad retakan gitu, kira² bisa di perbaiki gk layar ny tu ?

Reply
avatar
Lol
September 17, 2021 at 8:56 PM delete

Min laptop saya lcd nya pecah apakah bida ganti lcd yng baru?

Reply
avatar