Merampingkan Cortana dan Search Box Pada Windows 10



TAKTIKTOP.com - Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa Microsoft menanamkan fitur Cortana dalam sistem operasi terbaru mereka yaitu Windows 10. Hadirnya Cortana merupakan sebagai fitur andalan dan keunggulan dari sistem operasi Windows 10.

Fitur baru yang lain adalah search box atau kotak pencarian yang dapat langsung diakses pada taksbar Windows 10. Untuk mencari file atau folder apapun yang diinginkan tidak lagi perlu mencari kotak dialog pencarian karena langsung tersedia pada sebelah bawah desktop atau tepatnya pada taskbar.

Secara default kotak dialog pencarian terletak disebelah kanan start menu, didesain memanjang ke kanan hingga dibatasi oleh icon virtual desktop. Kotak dialog tersebut juga terintegrasi dengan Cortana, jadi kotak pencarian tersebut juga merupakan kotak dialog untuk Cortana.

Keberadaan kotak dialog tersebut tentu sangat membantu pengguna dalam pencarian data yang dibutuhkan dengan cepat, tidak perlu lagi untuk masuk lebih dulu ke menu tertentu untuk mengakses kotak pencarian, melainkan bisa langsung diakses dari desktop.

Tapi disisi lain, desain kotak dialog yang memanjang tersebut juga ternyta lebih cepat membuat taskbar penuh. Meskipun banyak alternatif yang dapat dilakukan untuk apabila taskbar penuh, salah satunya dengan membuka virtual desktop yang baru.

Tetapi bagi mereka yang terbiasa bekerja dalam satu desktop, tentu hal ini akan menjadi gangguan, sehingga mencari cara gimana caranya supaya taskbar tidak cepat penuh. Salah satunya adalah dengan merampingkan kotak dialog pencarian dan Cortana, caranya adalah sebagai berikut:

Kotak Dialog Cortana Dan Pencarian
Yang dikotak merah pada gambar diatas adalah kotak dialog Cortana dan pencarian file dan folder yang ada pada Windows 10, sedangkan bagian yang berwarna hitam pada sebelah kiri dan kanannya itu adalah taskbar.

Menu Taskbar
Untuk merampingkan Cortana dan kotak pencarian, klik kanan pada taskbar, dimana aja yang penting pada taskbar, kemudian klik Cortana kemudian pilih Show Cortana icon.

Icon Cortana
Selanjutnya kotak dialog Cortana dan pencarian akan hilang dan berubah menjadi sebuah icon kecil seperti yang ditunjuk dengan tanda panah merah pada gambar diatas.  Dengan begini taskbar bisa tambah lengang karena kotak dialog pencarian yang panjang sudah berubah menjadi satu icon kecil.

Meskipun Cortana telah berubah menjadi bentuk icon, tetapi tetap dapat dipanggil dan merespon sesuai dengan konfigurasinya. Bisa tetap dipanggil menggunakan perintah suara Hey Cortana, bisa juga dengan menekan tombol Windows+C, atau bisa juga dengan mengeklik icon tersebut untuk mengaktifkan Cortana.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
May 5, 2016 at 2:49 PM delete

gan bukannya windows + s untuk mengaktifkan cortana?

Reply
avatar