Melepas Dan Mengganti Keyboard Toshiba Satellite P850 P855


TAKTIKTOP.com - Dalam artikel kali ini akan dibahas tentang service guide atau petunjuk untuk melakukan perbaikan pada laptop Toshiba Satellite P850 dan P855. Kedua seri tersebut mempunyai bentuk fisik dan dimensi yang identik sehingga cara pembongkarannya juga sama.

Toshiba Satellite P850 dan P855 merupakan varian dari keluarga Satellite yang berada pada level premium. Secara spesifikasi dan fitur yang tersemat pada laptop ini dapat digolongkan mewah karena dari segi harga pun memang diatas rata-rata.

Toshiba Satellite P850 dan P855 mempunyai badan yang besar, yaitu dengan bentang layar 15,6 inci. Seri yang terendah menggunakan prosesor Intel Core i5 dan yang tertinggi menggunakan Intel Core i7. Selain itu fitur menarik dari laptop ini yang lain adalah keyboard yang menggunakan led dan speaker Harman Kardon yang menggelegar.

Pada artikel kali ini yang akan dibahas pertama kali adalah tentang cara melepas dan dilanjutkan dengan memasang kembali keyboard pengganti. Untuk tutorial tingkat lanjut seperti membongkar dan membersihkan fan akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Bagi yang baru mulai belajar atau mencoba untuk melakukan bongkar dan pasang hardware pada laptop ada baiknya untuk membaca artikel dibawah ini terlebih dahulu supaya tidak bingung nantinya dengan istilah-istilah yang akan digunakan selama proses pembongkaran.


Toshiba Satellite P850 Tampak Atas
Toshiba Satellite P850 Cover Terbuka
Melepas Baterai
Sebelum melakukan proses pembongkaran hardware laptop apapun yang harus dilakukan pertama kali adalah melepas baterai apabila baterai tersebut terleteak diluar laptop. Laptop keluaran baru saat ini rata-rata menggunakan baterai yang ditanam di dalam casing.

Pasti sudah pada tau kan ya cara melepas baterai? Apabila belum tau, cara melepasnya sangat mudah Cukup digeser kedua pengunci baterai yang terletak pada kedua ibu jari pada gambar diatas, maka baterai dapat diangkat dengan mudah.

Melepas Klip Pengunci Keyboard
Selanjutnya proses dilanjutkan ke bagian atas laptop, yaitu untuk melepas seluruh klip pengunci yang mengunci keyboard tersebut. Untuk mempermudah, gunakan alat bantu pick gitar ataupun benda pipih sejenisnya, tidak harus menggunakan pick gitar.

Posisi klip pengunci berada pada bagian yang dilingkari merah pada gambar diatas, sisipkan pick gitar kedalam area yang dilingkari merah, kemudian dorong masuk penguncinya sehingga keyboard akan terlepas.

Melepas Kabel Keyboard dan LED
Setelah seluruh klip pengunci dapat dilepas seluruhnya, keyboard dapat diangkat tetapi belum bisa dilepas secara keseluruhan, karena kabel keyboard dan kabel led masih tersanbung pada motheboard. Lepas kedua kabel tersebut, lingkaran merah besar merupakan kabel keyboard, sedangkan yang kecil adalah kabel led keyboard.

Untuk melepas kabel tersebut harus dibuka lebih dulu pencunci slot kabel keyboard, yaitu dengan cara mendorong maju kedua pengunci slot yang terdapat pada tepi masing-masing slot. Apabila pengunci sudah terbuka maka kabel dapat dilepas dengan mudah.

Keyboard Toshiba Satellite P850 P855
Sampai disini berarti proses melepas keyboard Toshiba Satellite P850 dan P855 sudah selesai. Selanjutnya untuk memasang kembali keyboard tinggal dibalik saja urutan proses diatas dari yang terakhir menuju yang pertama.

Untuk proses lebih detail dapat dilihat pada video berikut ini:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
July 17, 2016 at 6:43 AM delete

jualan keyboardnya ada gak gan, susah banget carinya

Reply
avatar
July 17, 2016 at 11:07 AM delete

Emang susah seri ini, Coba ke service center aja gan..lumayan mahal tapi :(

Reply
avatar