Jika Laptop Tidak Digunakan Dalam Waktu Yang Lama


TAKTIKTOP.com - Laptop memang sudah selayaknya untuk digunakan sehari-hari, mengerjakan pekerjaan kantor dan dilanjutkan lagi setelah pulang ke rumah untuk keperluan yang lainnya ataupun meneruskan pekerjaan kantor yang belum terselesaikan.

Tetapi pada sebagian orang, ternyata laptop tidak setiap hari digunakan. Ada yang digunakan sesaat setelah dibeli saja kemudian didiamkan saja dalam waktu yang lama. Ada juga yang menggunakan dalam kurun waktu tertentu saja kemudian didiamkan. Ada juga yang sengaja menyimpannya.

Ada satu hal yang unik disini, bagi orang-orang yang sengaja menyimpan laptop tersebut dalam kurun waktu yang lama biasanya didasarkan pada alasan supaya laptop lebih awet, jadi digunakan hanya saat benar-benar dibutuhkan saja selebihnya disimpan kembali.

Fakta yang ada dilapangan telah membuktikan bahwa menyimpan laptop dalam kurun waktu yang lama dan tidak digunakan justru membuat laptop itu sendiri malah cepat rusak. Suhu yang lembab adalah faktor penyebab kerusakan paling banyak.
Jika memang laptop jarang digunakan atau frekuensi penggunaanya sangat rendah, ada baiknya untuk melakukan beberapa hal sebelum menyimpan laptop tersebut untuk menghindari kerusakan yang diakibatkan oleh jarang dipakainya laptop.

Pertimbangkan beberapa hal ini sebelum menyimpan laptop untuk kembali digunakan lagi dalam jangka waktu yang lama atau setidaknya tiga hari keatas untuk menimalisir kerusakan yang terjadi. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan adalah:

Hindari menyimpan di tempat lembab
Diatas sudah disebutkan bahwa faktor kelembabab merupakan salah satu penyebab kerusakan terbanyak pada laptop-laptop yang sangat jarang digunakan. Untuk itu hindari tempat lembab saat akan menyimpan laptop seperti diatas lemari atau dibawah kolong ranjang.

Lepas Baterai
Ini wajib dilakukan, lepas baterai ketika laptop tidak akan digunakan untuk jangka waktu yang lama. Dengan melepas baterai maka laptop benar-benar akan bersih dari aliran arus listrik, dan juga dapat menjaga keawetan dari baterai itu sendiri.

Usahakan Laptop Dalam Posisi Terbuka
Memang agak aneh menyimpan laptop dengan posisi terbuka, tapi tindakan ini sudah terbukti dapat mengurangi tingkat kerusakan pada keyboard. Faktor pendukung yang lain adalah menempatkan laptop dalam posisi terbuka pada lokasi yang kena sinar matahari atau kering, tentunya tidak lembab.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 comments

Write comments
January 3, 2016 at 12:16 AM delete

Thanks Gan atas infonya, sangat bermanfaat, kebetulan memang kasus saya seperti ini, sedang jarang memakai laptop pribadi, baterai selalu 0% ketika laptop mau dinyalakan lagi, padahal 2 or 3 minggu sebelumnya sudah di charge sampai 100%.

Reply
avatar
April 29, 2016 at 10:32 AM delete

Gimana klo jarang pakex 2-3 bln gan. Leptop gw lgi d gadai soalx ni. Ples help meπŸ˜₯πŸ˜₯

Reply
avatar
April 29, 2016 at 4:11 PM delete

Setidaknya suruh lepas baterainya gan :(

Reply
avatar
June 29, 2016 at 1:31 PM delete

kalau laptop yang batrai tanam gmana??

Reply
avatar