Dua Hal Yang Paling Banyak Menyebabkan Garansi Laptop Hangus


TAKTIKTOP.com - Laptop baru bukan jaminan bahwa laptop tersebut tidak bakal rusak, itulah sebabnya setiap vendor laptop pasti memberikan garansi pada produk mereka dengan rentang waktu satu sampai tiga tahun dihitung sejak tanggal pembelian.

Dalam rentang masa garansi tersebut tentunya pengguna dapat bernafas lega karena setiap kerusakan hardware yang terjadi pada laptop mendapatkan penggantian sparepart yang baru tanpa dikenakan biaya apapun meskipun proses yang diperlukan memang kadang lumayan lama.

Tetapi meskipun sudah mendapatkan garansi dalam rentang waktu yang ditentukan, ternyata masih ada pengguna yang melakukan beberapa tindakan yang dapat mengakibatkan garansi yang diberikan pada produknya menjadi hangus.

Dengan status garansi yang hangus, otomatis pengguna malah dikenakan biaya atas pengantian suku cadang yang rusak pada laptopnya. Padahal selama masih dalam masa garansi seharusnya tidak dikenakan biaya alias gratis.

Berikut ini adalah beberapa macam tindakan yang dapat mengakibatkan garansi laptop hangus, berdasarkan frekuensi masing-masing penyebab, dalam artikel ini akan diambil beberapa kasus yang paling banyak terjadi, antara lain:

1. Kesalahan Pemakaian
Laptop Berpotensi Ketumpahan Air
Kesalahan pemakaian, ini berarti kesalahan mutlak disebabkan oleh pengguna, bisa disengaja maupun tidak disengaja. Kebanyakan memang tidak disengaja karena pada dasarnya mustahil bagi pengguna menginginkan kerusakan yang disengaja pada laptopnya.

Beberapa contoh yang masuk dalam kategori ini antara lain: laptop terkena tumpahan cairan baik itu air, teh, ataupun benda cair yang lain apapun itu. Jauhkan cairan dari laptop jangan meniru seperti gambar diatas ya, cuman buat contoh aja kok :D

Contoh kedua yang masuk dalam kategori ini adalah laptop terjatuh atau terkena guncangan yang kuat sehingga mengakibatkan casing atau lcd pecah, kalau tidak terdapat bekas pecah atau kerusakan fisik apapun dari luar biasanya tidak masalah.

Tips: Apabila laptop habis terjatuh dan terjadi kerusakan tetapi tidak ada tanda-tanda kerusakan dari luar seperti casing atau lcd pecah atau yang lainnya tetap diklaim saja garansinya, bilang aja rusaknya kayak gini dan tiba-tiba saja gini :D

2. Pernah dibongkar ditempat lain
Contoh Segel Laptop
Ini biasanya terjadi jika pengguna tidak sabar dengan proses klaim garansi ketika laptopnya rusak. Padahal tinggal datang ke service center dan dengan sabar menunggu proses yang dilakukan service center untuk memproses garansi laptop.

Karena sudah terlanjut tidak sabar, sehingga laptop dibongkar sendiri atau dengan pertolongan orang lain. Sering kali kabel, sekrup dan komponen lain tidak ditempatkan sebagaimana metinya sehingga mudah sekali dikenali kalau laptop tersebut sudah dibongkar diluar service center.

Pada laptop juga umumnya terdapat segel yang menyatakan kalau segel tersebut rusak berarti garansi hangus, membawa laptop ke service center dalam kondisi segel yang rusak bukanlan ide yang bagus. Karena petugas disana pasti sudah menaruh curiga lebih dulu begitu melihat segel rusak.

Sekedar saran, apabila laptop masih dalam status garansi lebih baik lakukan klaim garansi pada service center brand terkait. Menunggu agak lama sedikit bukan menjadi masalah dari pada membongkar sendiri malah menjadi masalah.

Tips: Sebenarnya dibongkar sendiri masalah, asalkan ketika merakit kembali benar-benar sesuai dengan kondisi pabrik, dalam arti posisi kabel, sekrup dan komponen lain tidak tertukar dan tidak ada bekas yang menunjukkan bahwa laptop tersebut sudah pernah dibongkar diluar service center, seperti casing retak atau pecah.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

13 comments

Write comments
April 6, 2016 at 1:57 PM delete

saya punya laptop HP pavilion, yang timbul garis hitam di tengah layar, nah setelah ane ke ervice poin HP garansi tidak bisa di klaim karena kerusakannya akibat benturan. apakah emang begini peraturannya

Reply
avatar
April 6, 2016 at 2:09 PM delete

Seluruh kerusakan yg diakibatkan oleh kesalahan pengguna seperti, lcd pecah, kebentur, jatuh dll emang menghanguskan garansi..dan itu udahn ketentuan umum diseluruh service center merk apapun.

Reply
avatar
October 30, 2016 at 1:17 PM delete

Kalau engsel jebol gmn ya hangus kah

Reply
avatar
October 30, 2016 at 1:36 PM delete

Kalo jebolnya karena jatuh biasanya hangus

Reply
avatar
October 30, 2016 at 2:35 PM delete

Kalau tanpa jatuh mas... Jd kronologinya mbuka layar langsung buka emgselnya

Reply
avatar
October 30, 2016 at 2:41 PM delete

Coba dateng langsung ke service centernya mas..kalo saya dulu hal semacam itu bisa ditoleransi

Reply
avatar
November 1, 2016 at 10:18 PM delete

Gan kalo boleh tau kena berapa ya ganti layar yang ada garisnya item punya agan

Reply
avatar
Anonymous
November 12, 2016 at 4:32 PM delete

kalau klaim garansi untuk baterainya saja bisa ga ya?

Reply
avatar
November 14, 2016 at 4:50 AM delete

Biasanya ttep disuruh ninggal laptopnya gan

Reply
avatar
Anonymous
November 14, 2016 at 2:02 PM delete

kalo retak kecil di lcdnya tapi diluar atau bodynya gak ada kerusakan bisa berlaku garansinya gak?

Reply
avatar
November 14, 2016 at 11:13 PM delete

Kayake ga bisa karena ada cacat fisik dari luar

Reply
avatar