Cara Melepas Dan Mengganti Lcd Untuk Semua Jenis Dan Merk Laptop



TAKTIKTOP.com - Seiring dengan bertambahnya umur sebuah laptop, kerusakan sangat mungkin terjadi pada bagian-bagian laptop. Salah satu kerusakan yang sering terjadi pada laptop adalah pada bagian layar.

Kerusakan yang sering terjadi pada layar atau lcd laptop biasanya dapat berupa terdapat garis vertikal maupun horizontal yang memanjang pada layar laptop, tampilan bergetar atau yang sering disebut dengan flicker dan dapat berupa lcd blank atau tidak tampil sama sekali.

Jika menginginkan untuk mengganti lcd di dealer atau service center resmi merk laptop, tentunya biaya yang harus dikeluarkan tidak sedikit, karena rata-rata service center mematok harga yang sangat tinggi untuk penggantian lcd laptop, bisa mendekati harga untuk sebuah laptop baru atau bahkan malah lebih mahal.

Sebenarnya lcd laptop bersifat universal, artinya lcd laptop merk A dapat digunakan pada laptop merk B selama soket dan dudukannya sama. Jadi untuk sparepart penggantian lcd tidak harus menggunakan lcd yang sama persis dengan lcd laptop yang digunakan sekarang.


Jika mengiginkan untuk mengganti lcd dengan harga yang sangat terjangkau dapat dilakukan hanya dengan membeli modul lcd nya saja di toko ataupun tempat service laptop yang dipercaya kemudian dipasang sendiri. Harga pasaran lcd diluar service center berkisar antara 500rb - 1juta.

Kalaupun belum yakin untuk melakukan bongkar dan pasang modul lcd sendiri, bisa minta ke tukang servisnya untuk dipasangkan. Untuk sekedar mengganti lcd harusnya prosesnya bisa ditunggu, karena proses yang dibutuhkan hanya sekitar 10 menit-an saja.

Bagi yang ingin membongkar dan memasang sendiri lcd laptopnya, semoga artikel ini bisa membantu, gak susah banget kok untuk bongkar dan pasang lcd, yang penting yakin saja bisa apalagi ada tutorialnya.

1. Lepas Rubber Lcd
Rubber adalah karet pembungkus sekrup pengunci lcd. Biasanya terletak pada sudut-sudut casing lcd.
Perhatikan rubber yang yang ada pada laptop kamu, ada berapa banyak, biasanya paling banyak terdapat empat rubber, ada yang dua dan ada yang tidak menggunakan sama sekali.

Rubber atau karet pembungkus sekrup lcd adalah yang dilingkari pada gambar-gambar berikut ini:
Empat Rubber
Dua Rubber
Tidak Terdapat Rubber
Jika tidak terdapat rubber pada lcd laptop, maka bisa langsung dilanjutkan pada langkah selanjutnya dibawah, yaitu langsung untuk melepas lcd mask, atau bagian casing laptop yang menutup panel lcd dari arah depan.

Nahh, sekarang sudah jelaskan rubber itu yang seperti apa? Sekarang lepas rubber tersebut menggunakan jarum. Setelah rubber terlepas didalamnya pasti terdepat sekrup, nah lepas seluruh sekrup yang berada dibalik rubber tersebut.

Note: Tidak semua rubber berbentuk bulat, ada juga yang berbentuk segitiga, kotak dan lainnya.

2. Lepas Lcd Mask
Lcd mask adalah bagian casing laptop yang membungkus lcd panel dari arah depan. Untuk melepasnya caranya adalah sebagai berikut:
Melepas Casing Lcd
Posisikan jari seperti pada gambar diatas, tepatnya dibawah modul webcam, kemudian tarik keluar perlahan sehingga bagian sambungan casing akan terlepas.

Melepas Casing Lcd
Lakukan langkah tersebut ke sekeliling bagian lcd laptop seperti pada gambar diatas, sehingga seluruh lcd mask dapat terlepas. Jika seluruh sambungan sudah terlepas, maka lcd mask dapat dilepas dan diangkat dengan mudah.

Melepas Cover Engsel
Pada beberapa seri laptop, ada yang lcd masknya agak susah dilepas karena masih tersambung ke penutup engsel bagian belakang. Untuk melepasnya gunakan alat bantu obeng minus atau sejenisnya, sisipkan pada lubang engsel kemudian angkat ke atas, seperti pada gambar diatas.

3.  Melepas Kabel Camera Dan Sekrup Lcd
Melepas Kabel Dan Sekrup Lcd
Nah, setelah lcd mask berhasil dilepas, berarti langkah tersulit dari pembongkaran lcd sudah berhasil dilewati. Sekarang penampakan lcd sudah dapat dilihat dengan jelas.

Selanjutnya tinggal melepas kabel camera, pada gambar diatas adalah yang dilingkari kuning. Selanjutnya apabila penampakan bagian dalam lcd seperti gambar diatas tinggal dilepas saja sekrup lcd nya, yaitu yang dilingkari merah.
Melepas Kabel Camera Dan Mengendorkan Sekrup Engsel
Jika penampakan bagian dalam lcd seperti pada gambar diatas, lepas kabel camera yang dikotak merah, kemudian kendorkan sekrup engsel yang dilingkari merah pada bagian bawah. Selanjutnya bisa dilihat pada gambar dibawah.

Melepas Sekrup Lcd
Setelah sekrup engsel dikendorkan pada gambar sebelumnya, tarik maju sedikit modul lcd nya dan perhatikan pada samping kanan dan kiri terdapat sekrup pengunci lcd. Lepaskan seluruh sekrup tersebut sehingga lcd dapat dilepas dari engselnya.

4. Melepas Kabel Lcd
Melepas Kabel Lcd
Setelah seluruh sekrup dilepas pada langkah sebelumnya, letakkan lcd diatas keyboard sehingga kabel fleksibel lcd dapat terlihat. Kabel lcd adalah yang dilingkari merah pada gambar diatas.

Lepaskan kabel tersebut dengan cara menariknya keluar dari soket. Jika terdapat perekat seperti plester atau sejenisnya dilepas lebih dulu perekat tersebut.

Sampai disini berarti proses melepas lcd pada laptop sudah selesai. Selanjutnya bisa dilanjutkan ke proses pemasangan, untuk cara memasangnya tetap sama dengan proses melepas, hanya urutan proses dan tindakannya saja yang dibalik, dari proses terakhir menuju yang pertama.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

5 comments

Write comments