Melepas Dan Mengganti Keyboard Toshiba NB510 NB515



TAKTIKTOP.com - Pada artikel kali ini, kita akan mencoba untuk mengganti keyboard sebuah laptop mungil keluaran Toshiba, yaitu seri NB510. Laptop ini juga mempunyai satu saudara kembar yaitu seri NB515 yang mempunyai bentuk yang mirip.

Berhubung laptop ini sudah mulai memasuki usia "tua" kemungkinan ada beberapa pembaca yang menggunakan laptop ini dan keyboardnya sudah mulai lelah. Untuk itu artikel ini dibuat dengan harapan dapat memberikan pencerahan cara bongkar pasang keyboardnya.

Bagi yang baru pertama kali melakukan bongkar dan pasang hardware laptop ada baiknya untuk membaca artikel dibawah ini lebih dulu, supaya nantinya tidak bingung dengan istilah-istilah yang akan digunakan selama proses bongkar dan pasang.


Sedangkan untuk peralatan yang dibutuhkan hanya membutuhkan obeng dengan mata plus dan sebuah pick gitar atau benda pipih sejenisnya. Untuk pick gitar bersifat opsional, hanya untuk mempermudah saja.

Toshiba NB510 Tampak Atas
Toshiba NB510 Cover Terbuka
Melepas Baterai
Biasakan untuk selalu melepas baterai sebelum memulai bongkar dan pasang hardware apapun pada laptop. Jika baterai yang digunakan bukan termasuk baterai tanam, hendaknya agar baterai dilepas lebih dulu. 

Melepas Sekrup
Selanjutnya adalah melepas sekrup baik yang mengunci keyboard maupun keyboard cover. Lepas seluruh sekrup yang dilingkari merah pada gambar diatas. Jangan sampai ada satupun yang terlupakan ya.

Melepas Keyboard Cover
Langkah selanjutnya menuju ke bagian atas laptop yaitu untuk melepas keyboard cover. Keyboard cover adalah bagian casing yang mengunci posisi keyboard. 

Untuk melepasnya dimulai dari bagian sudut yang dilingkari merah, angkat keatas, kemudian sambil diangkat keatas sambil diayunkan perlahan ke kanan dan ke kiri. Lakukan langkah tersebut searah dengan tanda panah hingga terlepas seluruh keyboard cover.

Mengangkat Keyboard
Setelah keyboard cover berhasil dilepas seluruhnya, sekarang saatnya untuk mengangkat keyboard itu sendiri. Angkat keyboard dari sisi kanan dan sisi kiri seperti pada gambar diatas secara perlahan. Keyboard sudah dapat diangkat tetapi ingat kabelnya masih tersambung.

Melepas Kabel Keyboard
Setelah keyboard dapat diangkat dan dikeluarkan dari posisinya pada casing, angkat dan posisikan seperti pada gambar diatas sehingga kabel keyboard dapat terlihat. 

Lepas kabel keyboard dari soketnya dengan cara menggeser mundur kedua pin pengunci soket kabelnya. Pengunci soket terdapat pada kedua ujung soket kabel.

Keyboard NB510
Sampai langkah ini proses melepas keyboard Toshiba NB510 sudah selesai, selanjutnya bisa dilanjutkan ke pemasangan kembali.

Untuk proses pemasangan keyboard caranya tetap sama dengan langkah-langkah diatas. Hanya saja urutan prosesnya dibalik dari langkah yang terakhir menuju langkah yang pertama.

Untuk proses lebih detail dapat dilihat langsung pada video berikut:


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »