Melepas Dan Mengganti Keyboard Toshiba Satellite E300 E305


TAKTIKTOP.com- Pada artikel sebelumnya sudah dibahas tentang bagaimana caranya membongkar dan membersihkan fan pada laptop Toshiba Satellite E300 dan E305. Maka pada artikel kali ini akan dilanjutkan pada sesi cara melepas dan mengganti keyboard Toshiba Satellite E300 dan E305.

Toshiba Satellite E300 dan E305 mempunyai bentuk fisik yang mirip, tidak ada perbedaan dalam bentuk fisik diantara keduanya. Yang membedakan diantara keduanya hanya dari sisi spesifikasi saja. Sehingga untuk membongkarnya pun caranya sama.


Perlengkapan yang diperlukan untuk melakukan penggantian keyboard Toshiba Satellite E300 dan E305 hanyalah sebuah obeng plus, pick gitar atau bisa diganti dengan obeng minus atau benda berujung pipih lainnya dan yang terakhir adalah jarum atau sejenisnya.

Bagi yang belum terbiasa atau baru coba-coba mulai melakukan pembongkaran hardware laptop, ada baiknya untuk membaca artikel dibawah ini lebih dulu. Supaya tidak bingung nantinya dengan istilah-istilah yang digunakan selama proses pembongkaran.


Oke, sekarang saatnya kita bongkar keyboard Toshiba Satellite E300 dan E305, langsung cekidot ke bawah gan untuk proses eksekusinya:

Toshiba Satellite E300 Tampak Atas
Toshiba Satellite E305 Cover Terbuka
Melepas Baterai
Yang pertama kali wajib dilakukan dalam bongkar pasang hardware adalah melepas baterai laptop jika memungkinkan, apabila baterai laptop menggunakan jenis tanam ya diabaikan saja. Karena seri ini baterainya diluar jadi kita lepas dulu.

Melepas Rubber
Selanjutnya adalah melepas rubber atau karet penutup yang dilingkari merah. Untuk kemudahan gunakan jarum atau benda sejenisnya. Setelah rubber diangkat maka dapat dilihat didalamnya terdapat sekrup.  Lepas sekrup tersebut.

Mengangkat Wlan Cover
Selanjutnya adalah melepas Wlan cover atau bagian casing yang menutup modul wlan. Kalau pada langkah sebelumnya belum dikendorkan sekrupnya maka dikendorkan dulu. Kemudian angkat wlan cover tersebut dari sisi sebelah kanan yang terdapat lubang untuk melepasnya.

Melepas Sekrup Keyboard
Setelah wlan cover diangkat, dapat dijumpai didalamnya terdapat satu sekrup yang dilingkari merah pada gambar diatas. Lepas sekrup tersebut. Sekrup tersebut adalah salah satu pengunci keyboard, jika tidak dilepas maka keyboard tidak akan bisa diangkat.

Melepas Klip Pengunci Keyboard
Langkah selanjutnya berpindah ke bagian atas laptop untuk mengeksekusi keyboard laptop itu sendiri. Lepaskan klip pengunci yang berada di posisi dilingkari merah. Gunakan alat bantu pick atau obeng minus untuk mempermudah.

Sisipkan pick gitar pada celah diantara keyboard dan casing kemudian angkat keyboardnya ke atas. Lakukan juga pada sisi klip pengunci yang satunya lagi.

Klip Pengunci Terlepas
Apabila seluruh klip pengunci sudah dilepas, keyboard dapat diangkat seperti pada gambar diatas, tetapi belum bisa sepenuhnya dilepas karena kabel keyboard dan backlight masih tersambung pada motherboad.

Melepas Kabel Keyboard dan Backlight
Setelah klip pengunci terlepas seperti pada gambar sebelumnya, letakkan keyboard seperti pada gambar diatas, sehingga kabel keyboard (tebal) dan backlight (tipis) dapat terlihat. Lepas kedua kabel tersebut.

Untuk kabel keyboard cara membuka pengunci soketnya hanya dengan mengungkit ke atas dan kabel sudah bisa dilepas dengan mudah. Untuk Kabel backlight cara melepasnya hanya dengan menariknya keluar saja dari soket kabel.

Keyboard Toshiba Satellite E300 E305
Sampai langkah ini berarti proses melepas keyboard Toshiba Satellite E300 dan E305 sudah selesai. Selanjutnya untuk memasang kembali caranya tetap sama, hanya urutan langkahnya saja yang dibalik, dari yang terakhir menuju yang pertama.

Untuk langkah yang lebih detail dapat dilihat pada video berikut ini:


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »