Membongkar dan Membersihkan Fan Toshiba Portege M800 M900


TAKTIKTOP.com - Artikel kali ini akan kembali mengulas satu seri Toshiba dari kasta Portege, yang konon katanya keluarga Portege meruapakan kasta premium pada laptop keluaran Toshiba.

Yang akan dijadikan kelinci percobaan pada artikel kali ini adalah Toshiba Portege M900, yang mana mempunyai saudara kembar yaitu adiknya Toshiba Portege M800. Bentuknya identik, sehingga untuk membongkar kedua seri tersebut caranya juga sama.


Tidak membutuhkan peralatan yang lengkap untuk membongkar laptop ini. Peralatan yang dibutuhkan hanya sebuah obeng dengan mata plus. Dan untuk menunjang kemudahan ada baiknya sediakan obeng minus dan pick gitar, tetapi tidak wajib sih, gak ada juga gak masalah.

Sebelum mulai membongkar, untuk jaga-jaga saja, bagi yang baru pertama kali atau baru coba-coba untuk melakukan bongkar dan pasang hardware laptop ada baiknya untuk membaca artikel dibawah ini lebih dulu, supaya tidak bingung nantinya dengan istilah-istilah yang akan digunakan.


Toshiba Portege M900
Oke, langsung kita bongkar saja yuk laptopnya. Langsung sekrol ke bawah untuk langsung bongkar laptopnya.

Melepas Baterai
Karena Toshiba Portege M900 dan M800 termasuk yang menggunakan tipe baterai luar, maka yang dilakukan pertama kali adalah melepas baterai, gampang banget tinggal dibuka dan geser aja pin penguncinya kemudian tarik baterai keluar.

Melepas Hardisk dan Ram Cover
Setelah itu adalah melepas Hardisk dan Ram cover atau bagian casing yang melindungi hardisk dan ram. Kendorkan ketiga sekrup yang ditunjuk dengan tanda panah kemudian angkat cover tersebut dari sisi sebelah kiri yang ada lubangnya.

Melepas Hardisk dan Ram
Selanjutnya adalah melepas hardisk dan ram. Sebelum melepas hardisk, lepas lebih dulu keempat sekrup hardisk yang ditandai dengan panah merah pada gambar diatas, kemudian geser mundur dan angkat hardisk tersebut.

Untuk melepas ram, caranya sama dengan melepas ram pada hampir seluruh laptop lain, yaitu dengan menggeser kedua pin penguncinya keluar sehingga ram terangkat dan dapat dicabut dengan mudah.

Melepas Wlan Cover dan ODD
Pada step selanjutnya yang dilepas adalah Wlan cover dan Odd. Wlan cover adalah yang dikotak merah pada gambar diatas, sebelum dilepas kendorkan dulu kedua sekrup yang ditandai dengan panah merah, kemudian cover tersebut dapat diangkat.

Untuk melepas Odd lepas lebih dulu sekrupnya yang ditandai dengan panah kuning, setelah dilepas odd dapat ditarik keluar dengan mudah.

Melepas Wlan
Pada kotak merah gambar diatas adalah modul Wlan atau lebih sering disebut dengan wifi. Lepas wlan tersebut, jangan lupa untuk melepas kabel antena lebih dulu kemudian lepas sekrup yang ditandai dengan tanda panah merah.

Melepas Sekrup Bawah
Selanjutnya adalah melepas seluruh sekrup yang mengunci  badan utama laptop dari arah bawah. Lepas seluruh sekrup yang berada pada lokasi yang ditandai dengan lingkaran merah.

Melepas Keyboard Cover
Step selanjutnya pindah ke bagian atas laptop, yang pertama adalah untuk melepas keyboard cover atau yang berada pada kotak merah panjang gambar diatas. Untuk mempermudah gunakan obeng minus untuk mencungkil ke atas seperti pada gambar.

Melepas Sekrup Keyboard
Setelah keyboard cover dilepas, dapat dijumpai disana terdapat dua buah sekrup yang mengunci keyboard, lepas kedua sekrup tersebut, yang dilingkari merah. Setelah dilepas keyboard dapat diangkat dengan mudah tapi belum bisa dilepas.

Melepas Kabel Keyboard
Posisikan keyboard seperti pada gambar diatas, sehingga kabel keyboard dapat terlihat. Lepas kabel yang dilingkari merah tersebut dengan cara menggeser keluar kedua pin pengunci soketnya yang terdapat pada kedua tepi soket kabel.

Melepas Sekrup dan Kabel
Selanjutnya lepas seluruh sekrup yang dilingkari merah, ada empat biji. Kemudian lepas seluruh kabel yang ada pada kotak kuning. Setelah kabel dan sekrup tersebut dilepas top assy dapat dilepas, angkat dari sisi sebelah kanan, angkat melalui rongga odd.

Motherboard Portege M900 M800
Top assy sudah berhasil dilepas pada langkah sebelumnya, pada langkah ini adalah melepas seluruh kabel dan sekrup yang melekat pada motherboard. Lepas kedua sekrup yang dilingkari merah pada gambar diatas.

Selanjutnya adalah melepas seluruh kabel yang yang masih terhubung pada motherboard. Seluruh kabel tersebut ditandai dengan kotak kuning pada gambar diatas.

Jangan lupa untuk melepas yang ada di kotak merah itu. Yang  dikotak merah pada gambar diatas adalah modul bluetooth. Lepaskan dulu sekrupnya yang ditandai dengan panah merah, kemudian modul bluetooth dapat diangkat dengan mudah.

Mengangkat Motherboard M900 M800
Setelah seluruh kabel, komponen dan sekrup yang masih terhubung pada motherboard dilepas, sekarang saatnya untuk mengangkat motherboard itu sendiri. Angkat dari sisi sebelah kanan seperti pada gambar diatas.

Melepas Thermal Module
Pada langkah ini yang dilepas adalah thermal module, yaitu logam panjang berwarna coklat panjang yang berfungsi untuk menghantarkan panas. Lepas seluruh sekrup yang dilingkari merah pada gambar diatas, kemudian tarik dan angkat thermal module tersebut.

Melepas VGA
Meskipun laptop ini sudah mulai masuk umuran tua, tapi laptop ini sudah menggunakan vga card dedicated loh, yaitu yang dikotak merah pada gambar diatas. Lepas lebih dulu kedua sekrup yang ditandai panah merah sehingga vga card terangkat dan dapat dicabut.

Melepas Fan
Selanjutnya adalah melepas kipas atau fan. Lepas ketiga sekrup yang dilingkari merah dan jangan lupa untuk melepas kabel fan yang dilingkari kuning. Setelah seluruh sekrup dan kabel tadi dilepas, fan dapat diangkat dengan mudah.

Sampai disini berarti proses membongkar Toshiba Portege M800 dan M900 sudah selesai. Selanjutnya untuk merakitnya kembali tinggal dibalik saja urutan proses-proses diatas, dari langkah yang terakhir menuju langkah yang pertama.

Tutorial lebih detail dapat dilihat pada video berikut:




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »