Cara Merakit Toshiba Satellite L40-A


Pada artikel sebelumnya sudah dibahas step by step bagaimana cara membongkar Laptop Toshiba Satellite L40-A. Sudah berhasil bongkar ya? Tapi bingung mau merakitnya lagi gimana? Jangan khawatir! Artikel tentang cara merakitnya lagi juga udah disiapin kok! Yuk langsung aja!


Memasang Powerboard
Yang harus dilakukan pertama kali adalah memasang tombol power atau powerboard, kemudian pasang sekurpnya dengan sekrup dan lokasi yang bertanda merah.

Memasang usb board
Selanjutnya adalah memasang usb board, pada sisi top assy sebelah kiri, kemudian pasang sekrup di posisi yang bertanda merah.

Memasang kabel fleksibel touchpad
Langkah yg ini jangan sampe ketinggalan, ntar touchpadnya gak bisa digunakan. Sambungkan salah satu ujung kabel fleksibel touchpad yg terdapat kode "TP" ke soket tersebut. Jangan lupa dikunci setelah kabel dimasukkan ke soket.

Lcd module
Memasang top cover ke engsel
Letakkan LCD panel, kemudian diatasnya taruhlah top assy, bagian engsel yang dimasukkan dulu, kalo bagian engsel kanan dan kiri top assy sudah masuk pada engsel maka seharusnya sudah bisa ditutup. Untuk detailnya cara memasang top assy ke engsel bisa dilihat di video dibagian bawah artikel ini.

Top assy terpasang
Setelah top assy terpasang, turunkan engsel, sehingga bisa dipasang sekrup seperti pada gambar. Jangan sampe salah sekrup ya! Rapikan juga pengkabelan seperti pada gambar.



Memasang motherboard

Engsel sudah beres? sekarang saatnya memasang motherboard dan kabel pada soketnya masing-masing seperti pada gambar.


Memasang kabel fleksibel
Setelah memasang kabel fleksibel pada, pastikan jangan sampai lupa untuk menguncinya. Caranya gampang kedua ujung pengunci soket tekan aja ke bawah. Kalo udah terkunci masuk dan terkunci dengan benar seharusnya kabel fleksibel itu tidak bisa terlepas dengan sendirinya.


Memasang fan

Selanjutnya adalah memasang thermal module atau fan atau kipas. Heatsinknya dulu yang dipasang kemudian pasang sekrupnya, untuk heatsink sekrupnya berjumlah 3 biji dan menggunakan pegas.

Kemudian pasang fan atau kipasnya, pasang sekrup yang dilingkar merah (sekrup ukuran pendek warna hitam), dan pasang kabel fan ke motherboard.

Pasang kabel lcd yang dikotak merah.


Memasang baterai
Selanjutnya adalah memasang baterai, pasang sekrup pada posisi bertanda merah, dan pasang kabelnya pada konektor.


Memasang hardisk
Selanjutnya adalah memasang hardisk dengan posisi seperti gambar diatas, kemudian pasang 2 biji sekrup berwarna putih pada posisi yang bertanda merah.


Memasang base assy
Setelah itu adaalah memasang base assy atau casing bagian bawah. Pastikan posisi base assy presisi dengan top assy, kemudian pasang seluruh sekrup pada posisi yang bertanda merah. Seluruhnya menggunakan sekrup yang paling panjang berwarna hitam.


Memasang dvdrom
Kemudian pasang DVDRW. Tinggal didorong masuk saja sampe mentok.


Memasang ram
Mengunci ram
Selanjutnya adalah memasang memory module atau ram. Masukkan ram ke soketnya seperti gambar diatas, kemudian tekan ram ke bagian bawah untuk menguncinya. setelah itu pasang sekrup pada posisi yang bertanda merah.


Memasang keyboard
Memasang kabel keyboard
Posisi pengunci keyboard

Udah hampir selesai nih, sekarang saatnya masang keyboard. Pasang dulu kabel keyboard ke motherboard, masukkan kabel sampai mentok kemudian kunci soket dengan cara menekan kedua ujungnya ke arah belakang.

Kemudian pasang keyboard dan pastikan seluruh pengunci keyboard mengunci dengan benar. Kalo sudah ngunci biasanya bunyi klik. Posisi pengunci keyboard terletak dibawah tombol keyboard yang dilingkari merah.


Memasang ram cover

Langkah terakhir adalah memasang ram cover dan sekrup pada posisi bertanda merah. Dan beres sudah merakit Toshiba Satellite L40-A! Gampang kan!

Buat yang masih bingung bisa liat detail prosesnya pada video dibawah:






Nahh gampang kan? oke sampe jumpa di artikel selanjutnya :)



Artikel sebelumnya:


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »