Cara mengganti keyboard Toshiba satellite L40-A

Mengganti keyboard bukanlah sesuatu yang sulit. Langkah mengganti keyboard pada artikel ini juga bisa dipraktekkan pada seluruh varian Satellite L40, antara lain:
  • Satellite L40
  • Satellite L40-A
  • Satellite L40B
  • Satellite L40D
  • Satellite L40D-A
  • Satellite L40 yang bentuknya identik dengan seri diatas.

Untuk mengganti keyboard berikut langkah-langkahnya:

Tampak atas

Melepas sekrup
Melepas ram door

Yang pertama kali dilakukan adalah melepas sekrup pada posisi yang bertanda merah. Kemudian melepas ram door atau casing yang menutup ram.

Melepas klip pengunci keyboard
Selanjutnya adalah melepas klip pengunci keyboard dengan menggunakan pick gitar, atau bisa juga menggunakan benda sejenis yang pipih. Lepaskan klip pengunci dari paling ujung kanan, kemudian diteruskan satu persatu ke arah kiri. Posisi klip pengunci berada pada bawah keyboard yang ditunjuk dengan tanda merah.

Mengangkat keyboard
Membuka pengunci soket
Keyboard bisa diangkat setelah semua klip pengunci terlepas. Selanjutnya adalah melepas kabel fleksibel keyboard dari soketnya. Caranya gampang, dorong aja kedua ujung pengunci keyboard ke arah luar. Kalo pengunci sudah terbuka, kabel bisa dengan mudah dilepas.

Keyboard terlepas
Gambar diatas menunjukkan kondisi laptop ketika keyboard sudah berhasil terlepas. Selanjutnya tinggal menyiapkan keyboard penggantinya, dan kemudian memasangnya.

.Untuk memasang keyboard yang pertama kali dilakukan adalah memasang kabel fleksibelnya pada motherboard seperti pada gambar diatas



Memasang keyboard
Memasang kabel
Pada saat memasang keyboard, yang dilakukan pertama kali adalah memasang kabel fleksibelnya pada motherboard seperti pada gambar diatas. Masukkan sampe mentok kemudian jangan lupa dikunci lagi soketnya, dengan cara menekan kedua ujung pengunci soket ke arah dalam.

Pengunci keyboard
Langkah selanjutnya adalah memasang keyboard dengan memasang bagian atasnya terlebih dahulu, kemudian disusul bagian bawahnya. Setelah masuk pada tempatnya tinggal mengunci keyboard dengan pengunci yang terletak pada lingkarang merah. Kalo terkunci dengan benar biasanya terdengar bunyi klik.

Memasang ram cover
Langkah terakhir adalah memasang sekrup pada posisi bertanda merah dan memasang ram cover atau penutup ram dan SELESAI!

Untuk proses lebih detail bisa dilihat pada video dibawah:





Gampang bukan? cepat lagi ga pake lama! oke..selamat mencoba!

artikel sebelumnya:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »