Cara Membongkar dan Membersihkan Fan Toshiba Satellite L40-A



Hampir seluruh hardware pada Toshiba Satellite L40-A terletak di dalam casing. Penggantian yang dapat dilakukan tanpa membongkar casing hanyalah penggantian memory module / ram. tapi dengan membongkar base assy atau casing bagian bawah laptop ini kita dapat melakukan beberapa penggantian hardware sekaligus,
antara lain:
  • Penggantian Hardisk
  • Penggantian Baterai
  • Penggantian Thermal Pasta
  • Pembersihan Thermal module / fan

Cara ini bisa diterapkan pada model:
  • Satellite L40
  • Satellite L40-A
  • Satellite L40B
  • Satellite L40D
  • Satellite L40D-A
  • Yang bentuknya mirip dengan seri-seri diatas
oke, kita langsung saja ke cara membongkarnya:

Penampakan Toshiba Satellite L40-A dari atas
Penampakan Toshiba Satellite L40-A dari atas. untuk memulai proses pembongkaran atau disassembly  dimulai dari bagian bawah laptop.

Tampak Bawah

Proses pertama dalam pembongkaran yang harus dilakukan adalah melepas keyboard. Untuk itu lepas sekrup yang berlokasi pada tanda merah pada gambar diatas, kemudian lepas casing cover penutup ram.

Melepas keyboard
Setelah sekrup dan cover ram terlepas maka bisa dimulai proses melepas keyboard. Yang bertanda merah pada gambar diatas adalah lokasi klip pengunci keyboard, untuk melepasnya bisa menggunakan pick gitar atau benda pipih semacamnya. mulailah dari yang paling kanan kemudian dilanjut satu persatu kekiri.

Soket kabel keyboard
Melepas kabel keyboard

Setelah semua klip terlepas, keyboard dapat diangkat, sebelum dilepas jangan lupa terlebih dahulu kabel keyboard yang masih terhubung ke soket harus dilepas dulu. untuk melepasnya gampang banget, Ujung soket yang dikanan dan kiri tinggal geser aja ke arah atas.

Keybaord terlepas
Nah, kalau keyboardnya udah bisa dilepas tampilannya jadi kayak gambar diatas. Kalau keyboard udah dilepas bisa lanjut ke proses selanjutnya, yaitu membongkar casing bagian bawah atau base assy.

Base assy
Sebelum memulai membongkar base assy, terlebih dahulu seluruh sekrup yang masih melekat harus dilepas. Lokasi sekrup yang harus dilepas ditunjuk oleh tanda merah pada gambar diatas.
Melepas ram
Melepas dvdrom

Setelah semua  sekup terlepas, maka yang dilakukan adalah melepas ram dan dvdrom. untuk melepas ram caranya sangat mudah, tarik aja plat besi penahan, yang kanan ke kanan, dan yang kiri ke kiri. Begitu juga dengan melepas DVDRom, cukup ditarik keluar saja,

Membongkar base assy
Base assy terbuka

Setelah semua dvd, ram dan semua sekrup terlepas, selanjutnya membongkar base assy atau casing bagian bawah. Langkah ini memerlukan bantuan tool semacam pick gitar, atau benda pipih sejenisnya, bisa juga menggunakan kuku kalo panjang dan kuat. Selipkan pick gitar diantara casing bawah dan atas, dimulai dari sudut seperti pada gambar. kalo sudah masuk tinggal digeser ke kiri dan ke kanan saja sampai semua pengunci terlepas,

Hardisk
Untuk melepas hardisk, lepas sekrup yang bertanda merah


Melepas speaker
Selanjutnya adalah melepas speaker, tinggal diangkat saja ke atas, jangan lupa lepas kabel speaker yang masih menancap pada motherboard seperti pada gambar yang dilingkari merah.

Melepas baterai
Selanjutnya adalah melepas baterai, tinggal lepas sekrup yang yang ditunjuk, kemudin lepas kabelnya seperti gambar diatas. Kalau sudah tinggal diangkat saja baterainya.

Melepas fan
Kalau tujuan membongkar laptop untuk membersihkan fan atau mengganti thermal pasta, setelah base assy terlepas bisa langsung menuju langkah ini. Lepas sekrup yang bertanda merah, lepas kabel nya, setelah itu tinggal diangkat saja, heatsink dan fannya.

Kabel lcd
Untuk melepas kabel lcd tinggal ditarik aja ke arah atas seperti pada gambar. 

Melepas seluruh kabel
Selanjutnya tinggal melepas seluruh kabel yang masih tersambung ke motherboard. Yang harus dilepas dilingkari merah pada gambar diatas. 

Melepas kabel fleksibel
Untuk melepas kabel fleksibel gampang kok, tinggal tarik aja kedua ujung pengunci slot ke arah atas seperti pada gambar.

Melepas motherboard
Kalau semua kabel sudah terlepas, maka motherboard sudah bisa kita angkat. untuk melepasnya tinggal angkat dari sebelah kiri, tepatnya pada soket dvdrom.

Melepas engsel

Engsel terlepas

Untuk melepas engsel tinggal lepas aja sekrup yang bertanda merah, kemudian tarik masing-masing engsel ke arah atas. 

Melepas powerboard
Melepas usb board
Sudah mendekati final, yang belum terlepas tinggal tombol power atau powerboard dan usb board. Lepas sekrup yang bertanda merah untuk melepasnya.

Melepas top assy
Nah kalo udah dilepas tinggal selangkah lagi tuh, tinggal lepas casing bagian atas atau top assy. Gampang banget tinggal diangkat saja terus ditarik keluar dari engsel, lepas deh.

Buat yang masih bingung, detail prosesnya bisa diliat di video berikut:





Nahh.. kalo udah lepas udah selesai deh bongkarnya, gampang kan? Yang baru pertama kali mungkin masih agak bingung, tapi kalo udah diulangi sekali lagi mesti udah langsung lancar. 


Asyekk udah bisa bongkar nih, terus masangnya lagi gimana dong? Bisa bongkar gak bisa pasang dong! Jangan khawatir, tutorial cara merakitnya kembali bersambung pada artikel:




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
October 16, 2015 at 3:13 PM delete

Saya masih takut2 untuk bongkar laptop saya..
takut gkbisa memasang kembali hehe

Reply
avatar
October 16, 2015 at 3:15 PM delete

hehe..sante saja mas bisa dicoba pelan-pelan, tutorial gambar dan videonya udah ada kok, yang penting yakin aja :D

Reply
avatar