Melepas dan Mengganti Keyboard HP 14-G102AU


TAKTIKTOP.com - Masih pada seputar laptop HP 14-G102AU, pada artikel sebelumnya sudah dibahas tentang bagaimana caranya membongkar laptop HP 14-G102AU, maka pada artikel kali ini yang akan dibahas adalah cara melepas dan mengganti keyboard laptop HP 14-G102AU.


Cara ini akan berguna apabila keyboard laptop sudah terasa mulai "nakal" sehingga diharuskan untuk melakukan penggantian, contohnya ada satu atau lebih tombol yang tidak berfungsi dan ketika dinyalakan laptop mengeluarkan bunyi tut panjang.

Peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan bongkar pasang keyboard HP 14-G102AU hanyalah sebuah obeng dan pick gitar. Untuk pick gitar bersifat opsional dapat diganti dengan benda lain yang berujung pipih dan tipis.

Bagi yang baru pertama kali atau baru coba-coba untuk melakukan bongkar-pasang hardware laptop ada baiknya untuk membaca artikel dibawah ini lebih dulu, supaya tidak bingung nantinya dengan istilah-istilah yang akan digunakan.


Oke, sekarang langsung saja kita eksekusi keyboard HP 14-G102AU yuk, langsung cekidot kebawah untuk proses eksekusinya.

HP 14-G102AU Tampak Atas
HP 14-G102AU Cover Terbuka
Melepas Baterai
Yang pertama kali wajib dilakukan tiap bongkar dan pasang hardware laptop adalah melepas baterai selama baterainya memungkinkan untuk dilepas. Untuk itu lepas lebih dulu baterai laptop dengan cara menggeser pin penguncinya kemudian tarik baterai keluar.

Melepas Sekrup Keyboard
Kemudian yang dilakukan selanjutnya adalah melepas dua buah sekrup keyboard yang mengunci dari bawah. Lepas kedua sekrup tersebut, yaitu yang berada pada lingkaran merah pada gambar diatas.

Melepas Klip Pengunci Keyboard
Setelah sekrup pada proses sebelumnya dilepas, proses beralih ke bagian atas laptop untuk melepas klip pengunci keyboard. Posisi klip pengunci adalah seluruh yang dilingkari merah pada gambar diatas.

Pada proses ini akan terasa berguna jika terdapat pick gitar ataupun sejenisnya. Sisipkan pick gitar pada posisi klip pengunci tersebut kemudian ungkit keyboard keatas, lakukan langkah tersebut pada seluruh posisi klip pengunci.

Seluruh Klip Pengunci Terlepas
Melepas Kabel Keyboard
Setelah seluruh klip pengunci terlepas, keyboard dapat diangkat tetapi belum dapat dilepas seluruhnya karena kabel masih terhubung pada motherboard. Posisikan keyboard seperti pada gambar diatas sehingga kabel keyboard dapat terlihat.

Untuk melepas kabel dari soketnya caranya sangat gampang, tinggal dibuka saja pengunci soket tersebut dengan cara menggesernya keatas. Jika klip pengunci soket kabel sudah terbuka maka kabel dapat dengan mudah dilepas.

Keyboard HP 14-G102AU
Sampai disini berarti proses melepas keyboard laptop HP 14-G102AU sudah selesai. Selanjutnya tinggal memasang kembali keyboard yang baru, caranya tetap sama dengan proses melepas hanya dibalik saja urutannya dari proses yang terakhir menuju proses yang pertama.

Untuk proses yang lebih detail dapat dilihat pada video berikut:


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
May 23, 2016 at 9:24 AM delete

kalo laptop HP 14 do12tu. sama ga gan bongkarnya?

Reply
avatar
April 28, 2017 at 3:48 AM delete

Punya gw tombol win+p nya kepncet sendiri sehingga ngeluarin mode project trus .. itu kira kira harus ganti keyboard apa gak ?
Mohon di jawab dong

Reply
avatar