Cara Mengganti LCD Toshiba Satellite L40-A

Lcd panel

Kerusakan yang terjadi pada LCD ada beberapa jenis, antara lain:

  • Tampilan lcd bergaris vertikal ataupun horizontal.
  • Tampilan lcd blank atau tidak ada tampilan sama sekali.
  • Tampilan lcd flicker atau tampilan bergetar.

Kerusakan yang bersifat blank, apabila masih beruntung, terkadang hanya dengan melepas kabel lcd kemudian memasangnya lagi bisa berhasil sembuh. Tapi kalau kerusakan berupa bergaris dan flicker biasanya memerlukan penggantian lcd, berikut caranya:


Lcd Mask
Yang harus dilakukan pertama kali adalah melepas Lcd Mask atau casing yang menutup lcd panel dari depan. Proses akan dimulai dari area yang dilingkar merah pada gambar diatas.

Mulai membuka lcd mask
Letakkan telunjuk jari pada bagian bawah webcam, kemudian tarik casing perlahan ke arah luar seperti pada gambar diatas.

Lcd mask mulai terlepas
Lakukan langkah seperti di atas dengan pergeseran ke kanan dan ke kiri, hingga bertemu di lcd mask bagian bawah. Gambar diatas menunjukkan lcd mask sudah separuh terlepas, tinggal melanjutkan hingga ke bagian bawah.

Melepas lcd mask
Setelah lcd mask terlepas seluruhnya, sekarang tinggal melepas lcd mask dari lubang engselnya. Caranya cukup mudah, tinggal ditarik ke atas saja bagian casing yang bertanda merah.

Lcd panel
Nah.. begitu lcd mask berhasil dilepas, maka kita bisa melihat secara langsung lcd panelnya. untuk melepasnya maka lepaskan dulu sekrup yang menempel pada bagian bertanda merah.

Melepas kabel lcd
Melepas kabel lcd
Setelah semua sekrup terlepas, lcd bisa kita angkat tetapi kabel masih menempel, lepaskan dulu kabelnya dengan cara melepas perekatnya dulu, kemudian mendorong kedua ujung konektor kabel ke arah belakang.

Lcd berhasil dilepas
Nah...kalo kabelnya udah berhasil dilepas, lcd panelnya udah bisa diangkat, tinggal diganti pake yang baru terus langsung dipasang.

Memasang kabel lcd
Untuk memasang lcd panel yang baru, yang pertama kali dilakukan adalah memasang kabel lcd, masukkan konektor kabel ke konektor di lcd, kemudian tekan kedua ujung konektor secara bersamaan ke arah dalam. kalo sudah mentok pasang lagi perekatnya, ada bagusnya kalo ditambah pelekat pake silotip atau plester.

Memasang lcd
Selanjutnya adalah meletakkan lcd pada lcd mask atau casing bagian belakang dari lcd. Setelah itu jangan lupa pasang kembali sekrup yang tadi dilepas saat akan melepas lcd pada bagian yang bertanda merah.

Selanjutnya tinggal memasang lcd mask, dimulai dari bagian engsel dulu, setelah masuk baru direkatkan, dimulai dari seperti saat melepas sebelumnya, dari bagian bawah camera kemudian diteruskan ke kanan dan ke kiri hingga ke lcd mask bagian bawah.

Nah selesai sudah proses penggantian lcd, Kalo masih kurang jelas bisa dilihat lebih detail di video berikut ini:




selamat mencoba!


Artikel sebelumnya:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 comments

Write comments
October 16, 2015 at 3:32 PM delete

Laptop punya saya juga toshiba L40A, bagian LCD nya emng gampang rusak yaa? punya saya baru 6 bln sudah bergaris horizontal, emng sebabnya karena kejepit buku sih

Mohon penjelasannya yaa

Reply
avatar
October 16, 2015 at 3:45 PM delete

kerusakan lcd banyak terjadi di semua merk laptop mas, gak cuman di toshiba aja, kalo umur laptopnya baru 6 bulan berarti masih dalam masa garansi, di claim kan saja garansinya ntar bisa diganti lcd baru, asal lcd nya tidak pecah, retak dsb.

Reply
avatar
October 27, 2016 at 7:25 PM delete

gan untuk lcd disesuaikan tipe laptop atau tidak. Laptop saya toshiba l50a

Reply
avatar
October 27, 2016 at 7:44 PM delete

Iya gan..L50 brrti make led slim 15,6 inc

Reply
avatar