Membongkar Toshiba Portege Z930 Z935 Z830 Z835 R930 R935 R830 R835


TAKTIKTOP.com - Pada artikel ini kita akan memcoba untuk membedah salah satu laptop premium keluaran Toshiba, yaitu Toshiba Portege Z935. Laptop premium bukan berarti gak bisa rusak kan? Setidaknya overheating pasti terjadi setelah beberapa tahun dipakai.

Langkah pembongkaran laptop ini dapat juga dipakai untuk membongkar beberapa seri yang identik dengan seri Z935, karena memang ada beberapa seri yang mempunyai bentuk fisik dan dimensi bodi yang mirip dengan seri ini, antara lain:

- Portege Z935
- Portege Z930
- Portege Z835
- Portege Z830
- Portege R930
- Portege R935
- Portege R830
- Portege R835

Seluruh seri diatas memiliki bentuk dan dimensi yang mirip dengan laptop yang akan dibongkar ini, perbedaan yang terdapat diantara seri-seri tersebut hanyalah ada yang sudah menggunakan SSD (Z930, Z935), ada yang menggunakan HDD (Z830, R830), dan ada yang menggunakan keduanya.

Peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan pembongkaran pada laptop seri-seri tersebut hanyalah sebuah obeng dengan mata plus dan sebuah obeng dengan mata bintang yang berlubang ditengahnya (lupa seri obengnya hehe).

Sebelum mulai membongkar, bagi yang pertama kali atau baru coba-coba bongkar pasang hardware laptop ada baiknya untuk membaca artikel dibawah ini lebih dulu, supaya tidak bingung nantinya dengan istilah-istilah yang akan digunakan selama proses pembongkaran.


Toshiba Portege Z935 Tampak Atas
Toshiba Portege Z935 Cover Terbuka
Oke sekarang langsung saja kita eksekusi pembedahan laptop Toshiba Portege Z935, langsung cekidot ke bawah gan:

Melepas Sekrup Base Assy
Yang pertama kali dilakukan dalam pembongkaran laptop seri ini adalah melepas seluruh sekrup yang mengunci base assy. Lepas seluruh sekrup yang dilingkari merah pada gambar diatas.

Melepas Rubber
Selanjutnya perhatikan karet yang ada dibagian tengah laptop, yaitu yang dilingkari merah pada gambar diatas. Lepas karet tersebut menggunakan jarum ataupun menggunakan dicungkil menggunakan kuku saja bila memungkinkan.

Melepas Sekrup Bintang
Setelah rubber tadi dilepas maka akan ditemukan sebuah sekrup dengan mata bintang dibalik rubber tersebut. Disini fungsinya obeng dengan mata bintang, lepas sekrup dengan obeng tersebut. Obeng bintang harus yang lubang ditengah matanya, jika menggunakan obeng bintang biasa tidak akan bisa.

Melepas Base Assy
Setelah seluruh sekrup yang berada pada base assy dilepas, selanjutnya adalah melepas base assy itu sendiri. Asalkan seluruh sekrup sudah dilepas maka base assy dapat dengan mudah dilepas, tinggal diangkat saja dari sisi sebelah kanan seperti pada gambar diatas.

Melepas Baterai
Baterai Portege Z930, Z935, Z835, Z830, R935, R9350, R835, R830

Setelah base assy dilepas, maka dapat dilihat jeroan dari laptop tersebut yang terdiri dari motherboard, baterai, ram, fan, dll. 

Yang dilepas selanjutnya adalah baterai, apda gambar diatas adalah yang dikotak merah. Gedhe banget baterainya gan :D. Untuk melepas baterai, lepas lebih dulu sekrup yang ditunjuk dengan panah merah, kemudian angkat baterai dan lepas kabelnya yang dikotak biru.

Melepas Seluruh Kabel
Setelah baterai dilepas, selanjutnya adalah melepas seluruh kabel yang masih terhubung pada motherboard. Seluruh kabel yang harus dilepas ditandai dengan kotak merah pada gambar diatas.

Melepas Wlan, Ram, dan SSD
Setelah seluruh kabel dilepas, selanjutnya adalah melepas Wlan, Ram, dan SSD. Wlan adalah yang dikotak merah paling kanan. Lepas lebih dulu kabel antena wifi, kemudian lepas sekrup yang ditandai dengan panah merah.

Posisi ram adalah yang dikotak merah ditengah, untuk melepasnya tinggal geser kedua pin penguncinya keluar sehingga ram terangkat dan dapat dicabut dengan mudah.

Sedangkan SSD adalah yang dikotak merah paling kiri, lepas kedua sekrup yang ditandai dengan tanda panah merah, kemudian tinggal dicabut saja SSD tersebut.

Melepas Fan
Selanjutnya adalah melepas fan dan thermal module. Lepas seluruh sekrup yang dilingkari merah, kemudian kedua bagian tersebut dapat diangkat dengan mudah. Bisa diangkat fan atau thermal modul-nya lebih dulu.

Melepas Motherboard
Yang terakhir adalah melepas motherboard, sebelum motherboard diangkat, lepas lebih dulu satu biji sekrup yang dilingkari merah pada gambar diatas, kemudian motherboard dapat diangkat dengan mudah dari sisi sebelah kanan.

Motherboard Portege Z930 Z935
Sampai disini berarti proses pembongkaran laptop Toshiba Portege Z930 maupun Z935 sudah selesai. Selanjutnya untuk melakukan perakitan kembali tinggal membalik saja urutan prosesnya, dari langkah membongkar yang terakhir menuju yang pertama.

Untuk proses yang lebih detail dapat dilihat pada video berikut:




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

7 comments

Write comments
Anonymous
October 6, 2016 at 11:37 AM delete

Pak, tanya dong jenis obeng bintang yang tengah nya bolong itu , seri apa ?
klo lupa seri nya, bisa minta foto obeng nya aj ga ya?
Thx

Reply
avatar
October 6, 2016 at 11:41 AM delete

Obeng jenis T9 gan..waduh..dikomentar ga bisa upload poto nih

Reply
avatar
Anonymous
October 6, 2016 at 11:48 AM delete

Pak terima kasih banyak atas info nya, sangat membantu sekali,
bisa tolong kirim foto nya ke email saya : donny.soesanto@gmail.com
btw, obeng nya beli dimana ya?

Reply
avatar
October 6, 2016 at 12:06 PM delete

Sudah saya kirim ke email pak :)

Reply
avatar
Anonymous
October 6, 2016 at 1:40 PM delete

terima kasih banyak ya atas bantuan nya..
:-bd

Reply
avatar
September 7, 2018 at 1:28 PM delete

mas, info dong di mana beli obeng yang untuk di tengah laptop itu email aja ke sephtian at gmail dot com.

makasih

Reply
avatar
August 11, 2019 at 2:57 PM delete

Mau tanya gan laptop toshiba portege z8350 kan pake ssd nah ane mau ganti ke hdd bisa ga ya ?

Reply
avatar