Mengganti Keyboard Toshiba Portege M800 M900


TAKTIKTOP.com - Pada artikel sebelumnya sudah dibahas tentang bagaimana caranya membongkar untuk membersihkan fan laptop Toshiba Portege M800 dan M900. Pada artikel kali yang akan dibahas adalah cara melepas dan mengganti keyboard Toshiba Portege M800 dan M900.


Berhubung semakin menuanya usia kedua laptop ini, maka sebagian pengguna Toshiba Portege M800 dan M900 mungkin sudah mengeluhkan terjadinya beberapa kerusakan, termasuk salah hardware yang rentang rusak adalah keyboard.

Untuk melakukan penggantian hardware keyboard pada laptop Toshiba Portege M800 dan M900 tidak membutuhkan peralatan yang komplit. Hanya membutuhkan obeng plus saja dan ada baiknya untuk menyiapkan satu buah obeng minus untuk mempermudah langkah.

Seperti biasanya bagi yang baru pertama kali mencoba atau baru mau belajar bongkar dan pasang hardware laptop ada baiknya untuk membaca artikel dibawah ini lebih dulu, supaya tidak bingung nantinya dengan istilah-istilah yang akan digunakan.


Toshiba Portege M900
Okelah sekarang langsung saja kita lanjutkan ke inti dari artikel ini, yaitu untuk melepas dan mengganti keyboard Toshiba Portege M800 dan M900. Langsung sekrol kebawah gan.

Melepas Baterai
Berhubung laptop ini masih menggunakan tipe baterai luar, maka sebelum melakukan bongkar dan pasang hardware apapun yang harus dilakukan adalah melepas baterai. Caranya sangat gampang, tinggal geser saja penguncinya kemudian tarik baterai keluar.

Melepas Sekrup Cover Keyboard
Selanjutnya lepas kedua sekrup yang dilingkari merah pada gambar diatas. Sekrup tersebut adalah sekrup keyboard cover atau bagian casing yang mengunci keyboard.

Melepas Keyboard Cover
Pada langkah ini yang dilakukan adalah melepas keyboard cover atau bagian casing yang mengunci keyboard. Kalau masih bingung keyboard cover adalah yang dikotak merah panjang pada gambar diatas.

Untuk melepasnya, supaya lebih mudah gunakan alat bantu obeng minus atau benda dengan ujung pipih sejenisnya, sisipkan pada bagian bawah keyboard cover seperti gambar diatas kemudian ungkit ke atas sehingga bagian ujung keyboard cover akan terangkat dan terlepas.

Jika bagian ujung sudah terlepas, maka selanjutnya tinggal digoyang ke kiri dan ke kanan sambil diangkat ke atas. Proses dilakukan dari bagian keyboard cover yang terlepas di sebelah kanan berlanjut ke kiri hingga terlepas seluruhnya.

Melepas Sekrup Keyboard
Begitu keyboard cover berhasil dilepas, maka dapat dijumpai disana terdapat dua buah sekrup, yaitu pada posisi yang dilingkari merah pada gambar diatas. Lepas kedua sekrup tersebut. Sekrup tersebut merupakan sekrup pengunci keyboard pada casing.

Mengangkat Keyboard
Melepas Kabel Keyboard
Setelah sekrup pada langkah sebelumnya dilepas, keyboard dapat diangkat tetapi belum bisa dilepas seluruhnya karena kabel masih terhubung ke motherboard. Angkat dan letakkan keyboard seperti pada gambar diatas sehingga kabel keyboard dapat terlihat.

Untuk melepas kabel keyboard caranya cukup gampang, hanya tinggal menggeser keluar pin penguncinya yang terletak di kedua tepi soket kabel keyboard. Soket kabel keyboard adalah yang dilingkari merah pada gambar diatas.

Keyboard Toshiba Portege M800 M900
Sampai disini berarti proses melepas keyboard Toshiba Portege M800 dan M900 sudah selesai. Selanjutnya untuk memasang caranya tetap sama, hanya urutan langkahnya yang dibalik, dari langkah yang terakhir menuju langkah yang pertama.

Tutorial lebih detail dapat dilihat pada video berikut ini:


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 comments

Write comments
May 7, 2016 at 8:39 PM delete This comment has been removed by the author.
avatar
May 7, 2016 at 8:40 PM delete

permisi mas .
kalo untuk ram portege m900 signature series bisa di up ke6gb ga ?
terima kasih

Reply
avatar
May 7, 2016 at 8:56 PM delete

oh iya sama touchpad driver tau ga download dimana mas? untuk windows7

Reply
avatar