Melepas Dan Mengganti Keyboard Asus Eeepc 1215 Series


TAKTIKTOP.com - Dalam artikel kali ini yang akan menjadi subject test adalah netbook Asus Eee PC 1215 series. Laptop kecil keluaran Asus yang sempat menggebrak pasaran netbook pada masanya. Dimana pada saat itu penjualan segmen netbook dikuasai oleh Asus.


Laptop ini mempunyai bentang layar selebar 12 inci dan sudah menggunakan teknologi LED. Dari segi dapur pacu menggunakan prosesor Intel Atom 1,5 GHz Hyperthreading sehingga dalam task managet akan terdetek mempunyai 4 core, karena tiap core mempunyai 2 thread didalamnya.

Pada artikel ini yang akan menjadi fokus pembahasan adalah cara melepas dan mengganti keyboard pada laptop Asus eeepc 1215 series. Sedangkan untuk pembongkaran dan penggantian lcd akan dibahas pada artikel yang selanjutnya.


Cara melepas keyboard Asus eeepc 1215 series ini dapat diaplikasikan pada seluruh varian dari Asus eeepc 1215. Karena memang variannya sangat banyak, tetapi semuanya mempunyai dimensi dan bentuk yang sama, sehingga caranya pun sama. Keluarga atau revisi dari Asus eeepc 1215 series antara lain:
- 1215P
- 1215B
- 1215N
- 1215T
- Dan revisi-revisi 1215 yang lainnya.

Tools atau peralatan yang dibutuhkan untuk mengganti keyboard pada Asus 1215 series hanyalah obeng plus dan pick gitar. Pick gitas bersifat opsional, bisa diganti dengan benda lainnya yang mempunyai ujung pipih. Untuk  proses mengganti keyboard langsung dibahas dibawah:

Eeepc 1215P Tampak Atas
Melepas Baterai
Berhubung laptop ini masih menggunakan baterai luar, maka yang dilakukan pertama kali adalah melepas baterai, untuk mengurangi kemungkinan terjadinya hubungan arus pendek selama proses bongkar dan pasang keyboard.

Melepas Ram Cover
Selanjutnya adalah melepas ram cover, yaitu bagian casing yang menutup ram. Dalam gambar diatas ditandai dengan kotak merah putus-putus. Lepas rubber atau karet penutup sekrup yang berada pada lingkaran merah.

Setelah rubber dilepas, maka dapat dijumpai dibalik rubber tersebut terdapat sekrup pengunci ram cover. Lepas sekrup tersebut kemudian angkat ram cover-nya, kalau kesulitan dapat menggunakan alat bantu obeng minus atau pick gitar untuk mencongkelnya.

Melepas Ram Dan Sekrup
Selanjutnya adalah melepas ram yang dikotak kuning. Kalau ram ada 2 keping yang perlu dilepas adalah yang dikotak kuning, yang satunya tidak perlu. Selanjutnya lepas seluruh sekrup yang berada pada lingkaran merah, termasuk satu sekrup yang berada dibawah ram yang dilepas tadi.

Melepas Top Assy
Melepas Top Assy
Proses selanjutnya beralih ke bagian atas laptop. Lepas top assy atau bagian casing yang jadi satu dengan touchpad. Bisa menggunakan pick gitar atau kuku saja. Selipkan pada sambungan casing kemudian geser seperti pada gamabr diatas.

Melepas Kabel Touchpad
Setelah seluruh sambungan top assy terlepas, posisikan top assy seperti pada gambar, kemudian lepas kabel touchpad yang dilingkari merah. Geser maju pengunci slotnya untuk membuka kunci slot Setelah itu kabel dapat dilepas dengan mudah.

Melepas Sekrup Keyboard
Selanjutna lepas sekrup yang berada pada bagian yang dilingakri merah, yang mana sekrup tersebut merupakan sekrup pengunci keyboard cover. Proses tidak akan bisa dilanjutkan kalau seluruh sekrup tersebut tidak dilepas lebih dulu.

Melepas Keyboard Cover
Melepas Keyboard Cover
Setelah sekrup keyboard cover pada gambar sebelumnya dilepas, selanjutnya adalah melepas keyboard cover itu sendiri. Gunakan pick gitar lagi atau bisa juga hanya menggunakan kuku jari seperti pada gambar diatas. Selipkan pada sambungan casing mulai dari sudut belakang kemudian geser ke arah tanda panah merah.

Melepas Kabel Keyboard
Setelah sambungan casing pada keyboard cover kanan dan kiri dapat dilepas, keyboard cover dapat diangkat, geser keatas sedikit sehingga terlihat kabel keyboard. Lepas kabel tersebut dengan cara menggeser keluar pengunci slot-nya sehingga kabel dapat dengan mudah dilepas.

Keyboard EeePC 1215
Keyboard Cover Eeepc 1215
Setelah keyboard cover berhasil dilepas, jika keyboard masih original bawaan laptop tersebut, pisahkan lebih dulu antara keyboard dan keyboard cover-nya. Pemisahan bisa dilakukan dengan menekan lewa tombol-tombol keyboard hingga bagian demi bagian keyboard terlepas dari covernya.

Sampai disini berarti proses melepas keyboard pada Eeepc 1215 sudah selesai. Selajutnya bisa dilanjutkan ke proses pemasangan kembali keyboard pengganti ataupun memasang kembali keyboard yang lama.

Untuk proses pemasangan keyboard tinggal dibalik saja urutan proses diatas dari langkah terakhir menuju langkah yang pertama. Begitu juga dengan aksi yang dilakukan adalah kebalikan dari pada saat proses pembongkaran.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »