Toshiba Satellite L40 Series Sering Mati Sendiri


TAKTIKTOP.com - Ketika laptop sedang digunakan untuk aktifitas sesuai dengan kebutuhan masing-masing, tentunya yang diharapkan adalah selama aktifitas tersebut dilakukan operasional laptop berjalan dengan baik dan normal tidak ada kendala apapun.

Tetapi kadang memang kenyataan tak semanis impian. Laptop baru dibeli, umur baru hitungan minggu bahkan baru hitungan hari, ketika lagi enak-enaknya dipakai ngerayen laptop baru kok tiba-tiba mati sendiri pas lagi dipakai.


Permasalahan seperti itu dapat terjadi pada semua brand laptop baik yang besar maupun yang kecil beserta seluruh seri-seri dan varian turunnanya, karena memang trobel mati sendiri bukan permasalahan satu brand saja, semua laptop dapat mengalaminya.
Toshiba Satellite L40-A
Akan tetapi, memang ada beberapa seri laptop yang mempunya ciri penyakit khusus, yang berarti peyakit atau kerusakan tersebut memang sudah menjadi ciri khas dari seri laptop tersebut, sehingga penyebab dan solusi untuk brand dan seri tersebut juga sama.

Dalam artikel ini yang akan dijadikan topik adalah kerusakan yang menjangkiti sebagian dari laptop Toshiba Satellite L40 series. Dimana banyak pengguna seri ini mengalami laptopnya mati mendadak saat sedang digunakan untuk beraktifitas.


Problem Toshiba Satellite L40 series mati mendadak dapat dialami pada hampir seluruh varian L40, -diantara varian-varian dari Toshiba L40 yang mengalami kerusakan semacam ini antara lain:
- Toshiba Satellite L40-A
- Toshiba Satellite L40-B
- Toshiba Satellite L40D
- Toshiba Satellite L40D-A
- Toshiba Satellite L40 lainnya yang mempunyai bentuk fisik yang identik dengan seri-seri diatas.

Ketika artikel ini ditulis, sebagian besar dari varian laptop Satellite L40 ini masih masuk dalam masa garansi, karena memang laptop ini dirilis kepasaran pada awal tahun 2014, jadi pasti masih ada yang garansi dan sudah mulai ada yang keluar masa garansi.

Jika Satellite L40 kamu mengalami kerusakan seperti yang sudah disebutkan diatas tetapi masih masuk dalam masa garansi, cepat-cepatlah untuk melakukan klaim garansi ke service center terdekat. Karena sering mati sendiri dapat berimbas pada kerusakan komponen lainnya.

Dan jika sudah tidak dalam masa garansi?  Oke, jangan panik! ayo kita telusuri lebih dulu apa sih penyebab utama hingga sering terjadi mati sendiri pada laptop Toshiba Satellite L40 series.

Dari sekian banyak kasus Toshiba L40 mati mendadak yang ditangani oleh penulis, hampir seluruhnya penyebabnya adalah sama, yaitu Baterai. Ketika baterai ini dilepas dan laptop dijalankan kembali, problem mati sendiri sudah tidak terjadi sama sekali.

Baterai Toshiba Satellite L40 Series
Nah, karena inti permasalahan terletak pada baterai maka solusinya juga harus dengan melepas baterai. Bisa juga dengan mengganti baterai yang lama dengan baterai yang baru. Tetapi karena baterai ini tipe nya merupakan baterai tanam, jadi harus membongkar badan laptop dulu.


Selain itu, tipe baterai laptop ini yang merupakan tipe tanam, sangat jarang sekali dijual dipasaran. Sedangkan harga pada service center resmi Toshiba juga sangat mahal, yaitu pada kisaran angka 1 jutaan.

Nah, karena itu bagi yang sudah tidak lagi dalam masa garansi, solusinya adalah laptop harus selalu menyala menggunakan charger sambil menunggu ada yang menjual baterai untuk laptop seri itu atau mau membeli di service center resmi Toshiba dengan harga yang sangat mahal.

Bagi yang masih masuk dalam masa garansi, jangan tunda lagi segera klaim garansi ke service center terdekat, dari pada ditunda-tunda nanti malah jadi kelupaan begitu sadar masa garansi-nya udah lewat, terpaksa ngerogoh dompet deh.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

8 comments

Write comments
February 19, 2016 at 11:08 AM delete

bang tapi punyaku beda... biar betrainya dilpas tetap gak mau hidup
tolong solusinya bang trims...
apa yah masalahnya?????...
al... penting bang.

Reply
avatar
February 19, 2016 at 11:26 AM delete

Berarti itu mati total, ga ada kehidupan sama sekali ya? :D

Reply
avatar
February 23, 2016 at 11:08 AM delete

waahhh.. informasinya sangat berguna. laptop saya lagi aya gitu banget:,(

Reply
avatar
February 23, 2016 at 11:08 AM delete

waahhh.. informasinya sangat berguna. laptop saya lagi aya gitu banget:,(

Reply
avatar
August 4, 2016 at 6:40 AM delete

Halo mas, kebetulan laptop saya juga bermasalah seperti itu. Model fisiknya sama dengan gambar di atas, hanya saja laptop saya S40 series. Apa kurang lebih sama saja ya dengan L40, untuk masalah blue screen ini? Terima kasih.

Reply
avatar
August 4, 2016 at 7:46 AM delete

Iya sama gan...bedanya dengan agan mungkin layarnya aja, layar sentuh kan punya agan?

Reply
avatar
August 4, 2016 at 8:15 AM delete

iya gan.... oke sip, terima kasih banyak :)

Reply
avatar