Solusi Dell Inspiron 14z - 5423 Tidak Bisa Shutdown


TAKTIKTOP.com - Beberapa seri laptop memang mempunyai penyakit khusus atau suatu kerusakan yang hanya dan banyak dialami oleh seri laptop dan merk tertentu saja. Kerusakan yang terjadi biasanya merupakan kerusakan umum, tetapi dalam seri tersebut biasanya penyebabnya adalah sama.

Salah satu kerusakan yang terjadi pada laptop adalah no display atau tidak ada tampilan. Dalam kasus ini kerusakan yang dialami laptop adalah ketika dinyalakan tidak ada tampilan sama sekali, lcd hanya tetap saja blank tidak menampilkan suatu tampilan apapun.


Kerusakan dengan kasus no display seperti diatas sudah umum dan banyak dialami pada hampir pada semua brand lapotp beserta seluruh variannya. Dan penyebab kerusakan seperti pada kasus tersebut juga sangat beragam, mulai dari lcd hingga kerusakan komponen pada motherboard.

Kerusakan dengan kasus seperti diatas memang sudah terlalu mainstream. Ada satu kerusakan yang unik yang rata-rata menyerang Laptop Dell Inspiron 14z -5423, dimana sistem justru malah tidak bisa dimatikan, aliran arus listrik justru tidak bisa terputus.


Itulah kerusakan khas laptop Dell Inspiron 14z-5423, dimana keruskan ini dialami oleh sebagian penggunanya, ketika akan mematikan laptop dan mengeklik tombol Shutdown, yang ada sistem malah nyangkut pada tampilan shutting down dan sistem tidak dapat mati sendiri ditunggu seberapa lamapun dan akhirnya mengharuskan untuk dimatikan paksa dengan menahan tombol power.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, ada beberapa hal yang harus dilakukan, tidak terlalu sulit juga. Yang perlu dilakukan adalah:

Update driver vga
Driver vga terbaru bisa didownload di situs resmi Dell. Bisa langsung meluncur kesana atau cukup dengan klik disini saja. Masuk pada menu Drivers and Downloads kemudian cari tipe laptop dan pilih dan download display driver.

Install hot fix Microsoft
Microsoft selaku pengembang sistem operasi windows ternyata juga telah memberikan perhatian khusus pada kasus ini dengan menyediakan hot fix yang dapat di download pada sistem resmi Microsoft atau bisa klik disini untuk menuju kesana.

Dengan menjalankan kedua cara diatas seharusnya problem tidak bisa shutdown pada Dell Inspiron 14z -5423 sudah bisa teratasi. Namun, seandainya trobel masih tetap ada, coba  untuk melakukan instalasi ulang sistem operasi.

Setelah instalasi ulang sistem operasi selesai coba lagi untuk shutdown, kalau belum bisa coba ulangi kembali kedua langkah diatas. Seandainya tetap saja trobel masih ada berarti kemungkinan besar motherboard laptop yang bermasalah :(.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »