Melepas Dan Mengganti Lcd Dell Inspiron 14z - 5423


TAKTIKTOP.com - Artikel ini merupakan sesi tutorial terakhir dari rangkaian tutorial bongkar-pasang hardware pada laptop Dell Inspiron 14z - 5423. Pada artikel sebelumnya sudah dipelajari tentang cara mengganti keyboard dan membongkar serta membersihkan fan pada laptop ini.

Pada artikel ini yang akan menjadi fokus pembahasan adalah tentang bagaimana cara melepas dan mengganti lcd pada Dell Inspiron 14z - 5423. Laptop ini sudah menggunakan layar berjenis slim led, yang mana penggantinya juga harus dari jenis yang sama, karena slim led mempunyai ketebalan yang sangat tipis.


Untuk membongkar lcd mask atau bagian casing yang menutup layar dari arah depan, peralatan yang dibutuhkan hanya sebuah obeng plus saja. Tidak membutuhkan peralatan lain, karena memang prosesnya cukup mudah, tidak sesulit yang dibayangkan.

Sebelum mulai proses membongkar modul layar lcd Dell Inspiron 14z - 5423, bagi yang baru coba-coba bongkar dan pasang hardware laptop ada baiknya untuk membaca artikel dibawah ini lebih dulu, supaya tidak bingung nantinya dengan istilah-istilah yang akan digunakan.


Lcd Dell 14z - 5423 Tampak Atas
Melepas Lcd Mask
Proses pertama yang dilakukan dalam pembongkaran lcd Dell Inspiron 14z - 5423 adalah melepas lcd mask atau bagian casing yang menutup lcd panel dari arah depan. Untuk melakukannya supaya mudah posisikan jari dengan posisi seperti pada gambar diatas.

Melepas Lcd Mask
Lcd Mask Terlepas
Dalam posisi jari-jari yang seperti pada gambar sebelumnya, tarik keluar lcd mask sehingga terlepas dari sambungannya bagian demi bagian. Lakukan langkah tersebut ke sekeliling lcd mask hingga benar-benar terlepas seluruhnya.

Jika seluruh bagian sambungan lcd mask dan lcd cover sudah terlepas, maka lcd mask dapat diangkat dengan mudah. Jika terdapat lem atau plester yang melekat, lepaskan saja plester atau lem tersebut. Biasanya pelekat terletak pada bagian bawah lcd mask.

Melepas Sekrup Lcd
Bentuk asli dari panel lcd Dell Inspiron 14z - 5423 dapat dilihat pada gambar diatas. Langkah selanjutnya untuk melepas lcd tersebut adalah melepas seluruh sekrup yang berada pada posisi dilingkari merah.

Melepas Kabel Lcd
Setelah sekrup lcd pada gambar sebelumnya dilepas, lcd sudah dapat diangkat tetapi kabelnya masih terhubung. Letakkan lcd ke atas keyboard seperti pada gambar diatas, kemudian lepas kabel yang dilingkari merah. Biasanya terdapat lem yang merekatkan kabel, lepaskan dulu perekat tersebut. Kemudian untuk melepas kabel tinggal ditarik keluar saja dari slot kabelnya.

Lcd Cover Dell Inspiron 14z - 5423
Sampai disini berarti proses melepas lcd Dell Inspiron 14z - 5423 sudah selesai.bisa dilakukan pemasangan lcd yang baru ataupun memasang kembali lcd yang lama.

Untuk proses pemasangan lcd caranya tetap sama dengan proses melepasnya, hanya saja urutan langkah-langkahnya dibalik, dari yang terakhir menuju yang pertama. Begitu juga dengan tindakan yang dilakukan kebalikan dari saat melepas lcd tadi.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »