Membongkar Dan Membersihkan Fan Toshiba Satellite L630 L635


TAKTIKTOP.com - Satu lagi produk keluaran Toshiba yang akan menjadi sasaran operasi bedah laptop, yaitu Toshiba Satellite L635 yang mempunyai satu saudara kembar yaitu Toshiba Satellite L630 yang mempunyai dimensi dan bentuk yang sangat mirip.

Ketika artikel ini ditulis usia laptop ini secara umum sudah berada pada kisaran 5 tahunan atau bahkan lebih. Usia dimana laptop sudah mulai memasuki masa rawan dimana pada umur laptop segitu biasanya sudah mulai ada kerusakan atau paling tidak sudah kotor sehingga mudah overheat atau cepat panas.


Toshiba Satellite L635 memiliki bentang layar selebar 13,3 inci. Seri tertinggi sudah menggunakan prosesor Intel Core i5 dan yang terendah menggunakan Intel Core i3. Sedangkan Satellite L630 yang terendah menggunakan Intel Pentium P series dan yang tertinggi menggunakan Intel Core i3.

Ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan dengan sekali membongkar Satellite L635 sekaligus, diantara tindakan-tindakan yang dapat dilakukan dengan membongkar laptop ini antara lain:
- Membersihkan fan dari kotoran dan debu.
- Membersihkan interior laptop dari kotoran dan debu.
- Mengganti thermal pasta.
- Mengganti atau menambah ram.
- Mengganti hardisk.
- Keperluan perbaikan motherboard.

Peralatan yang diperlukan untuk membongkar laptop ini adalah obeng dengan mata plus, pinset (opsional) dan obeng minus (opsional). Pinset dan obeng minus bersifat opsional dapat diganti dengan peralatan lain yang sejenis.

Sekarang saatnya langsung melancarkan operasi pembedahan laptop Toshiba Satellite L630 maupun L635, langsung meluncur ke bawah ya!


Melepas Baterai
Yang pertama kali dilakukan adalah melepas baterai, selain untuk memperkecil kemungkinan terjadinya korsleting, proses pembongkaran tidak akan bisa dilakukan jika baterai tidak dilepas.

Melepas Ram Cover
Selanjutnya adalah melepas ram cover atau bagian casing yang menutup ram. Di dalam ram cover ini terdapat ram, hardisk, dan odd.

Melepas Hardisk, Ram, dan Odd
Gambar diatas menunjukkan ram cover sudah berhasil dilepas, selanjutnya adalah melepas hardisk, ram, dan odd. Sekrup pengunci hardisk dan odd adalah yang ditunjuk dengan tanda panah merah. Setelah sekrup dilepas, tinggal ditarik saja hardisk dan odd keluar dari slot-nya.

Untuk melepas ram hampir diseluruh laptop caranya sama, yaitu dengan menggeser pin penguncinya keluar sehingga ram akan terangkat secara otomatis dan tinggal dicabut saja.

Melepas Sekrup Base Assy
Setelah ketiga hardware pada gambar sebelumnya sudah dilepas, selanjutnya melepas seluruh sekrup yang berada pada base assy atau bagian casing yang menutup badan utama laptop dari bawah. Lepas seluruh sekrup yang dilingkari merah.

Melepas Keyboard Cover
Proses selanjutnya dialihkan ke bagian atas laptop, yaitu melepas keyboard cover atau bagian casing yang mengunci keyboard. Pada gambar diatas adalah yang dikotak merah. Untuk mempermudah gunakan alat bantu obeng minus.

Selipkan obeng minus ke bawah tepi keyboard cover kemudian diungkit ke atas. Setelah bagian tepi berhasil lepas selanjutnya tinggal digoyang kanan-kiri sambil diangkat keatas, untuk lebih detailnya bisa dilihat pada video dibagian bawah artikel ini.

Melepas Sekrup Keyboard
Setelah keyboard cover berhasil dilepas, dapat dilihat dibawah keyboard cover tadi terdapat sekrup keyboard. Lepas sekrup tersebut yang berada pada lingkaran merah. Kemudian lepaskan pengait keyboard yang berada pada lingkaran kuning.

Melepas Kabel Keyboard
Setelah sekrup dan pengait keyboard pada gambar sebelumnya dilepas, keboard sudah dapat diangkat tetapi kabel masih terhubung ke motherboard. Lepas dulu kabel keyboard yang dilingkari merah pada gambar diatas, geser maju kedua pengunci slot kabel yang berada di kedua tepi.

Melepas Sekrup dan Kabel
Keyboard sudah berhasil dilepas, kemudian setelah itu yang dilakukan adalah melepas sekrup top assy yang dilingkari merah dan melepas kabel yang masih terhubung ke motherboard yang berada pada lingkaran kuning.

Melepas Top Assy
Melepas Top Assy
Langkah setelahnya adalah melepas top assy atau bagian casing yang menutup badan utama laptop dari atas. Untuk mempermudah bisa menggunakan alat bantu pick gitar atau kalu kuku jari panjang bisa dengan menggunakan kuku jari saja.

Selipkan pick gitar atau kuku jari pada sudut belakang sambungan base dan top assy kemudian geser maju atau searah dengan tanda panah pada gambar diatas. Jika seluruh bagian telah terlepas maka top assy dapat diangkat dengan mudah.

Untuk lebih detailnya dapat dilihat pada video di bagian bawah artikel ini.

Melepas Wlan
Gambar diatas memperlihatkan top assy sudah berhasil dilepas dan dapat dilihat interior laptop. Lanjut lagi ke langkah selanjutnya yaitu melepas Wlan. Posisi wlan berada pada kotak merah, lepas dahulu kabel antena-nya kemudian lepas sekrup yang ditunjuk dengan panah merah.
Melepas Kabel dan Sekrup
Selanjutnya adalah melepas kabel yang masih terhubung ke motherboard, untuk itu lepas seluruh kabel yang dikotak kuning. Kemudian dilanjutkan dengan melepas sekrup motherboard yang dilingkari merah dan mengendorkan sekrup fan yang dilingkari biru.

Melepas Motherboard
Setelah seluruh kabel yang masih terhubung dan sekrup dilepas, selanjutnya bisa dilanjutkan ke melepas motherboard itu sendiri. Angkat motherboard dari sisi sebelah kiri seperti pada gambar diatas.

Motherboard Toshiba Satellite L635
Melepas Fan
Selanjutnya untuk melepas kipas lepas dulu kabelnya yang dilingkari kuning dan diikuti dengan mengendorkan seluruh sekrup yang dilingkari merah. Sekrup hanya bisa dikendorkan saja tidak bisa dilepas.

Sampai disini berarti proses membongkar Toshiba Satellite L630 dan L635 sudah selesai. Selanjutnya untuk merakitnya kembali tinggal membalik saja langkah-langkah diatas dimulai dari langkah yang terakhir menuju langkah yang pertama

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

6 comments

Write comments
March 16, 2016 at 5:48 PM delete

Sudah saya praktekin mas, dan Alhamdulullah bisa lancar, walaupun ada 1 langkah yg kelewatan dan berakibat casing sampingku patah sedikit hehee,
Sebelumnya laptop toshiba L630 ku sering mati kepanasan, padahal baru nyala 15 menit dan setelah dibuka ternyata banyak debu yg menyumbat seluruh saluran pembuangan dari kipas.
Thanks

Reply
avatar
March 16, 2016 at 5:54 PM delete

Sbenarnya dari dulu pengen bongkar laptopku, tapi takut karena langkah-langkahnya yg panjang hehee,,, memang laptop toshiba caranya agak panjang, dengan tutorial ini akhirnya ku beranikan dan ternyata tdk rumit.

Kunjungi blog ku gan, ajibondhankottama.blogspot.com

Reply
avatar
March 16, 2016 at 5:56 PM delete

Justru laptop Toshiba termasuk gampang bongkarnya gan..sipp deh, senang bisa membantu :)

Reply
avatar
April 1, 2016 at 11:18 AM delete

Gan, Casing Laptop Online dimana Ya ?
Ada Saran gak ?
Punya ane sama Versi nya kyk yg di atas, Casing nya pecah perlu ganti..
Mohon Bantuannya..

Terima Kasih,

Reply
avatar
April 1, 2016 at 11:25 AM delete

seri ini termasuk banyak pemakainya...kemungkinan yg jual casingnya ada, ane barusan coba search google ada nemu beberapa situs jual casing online, coba gugling aja gan

Reply
avatar
October 30, 2016 at 8:41 AM delete

gan untuk melepas processor dan mengganti thermal paste seri toshiba ini gimana ya gan?

Reply
avatar