Mengganti Keyboard Dell Inspiron 14z-5423


TAKTIKTOP.com - Pada kesempatan ini, kita kedatangan tamu berupa laptop keluaran salah satu produsen laptop kawakan, yaitu Dell dengan seri Inspiron 14z-5432. Kesempatan ini tentu saja tidak bisa dilewatkan tanpa membedah dan mendokumentasikan bongkar dan pasangnya supaya dapat bermanfaat bagi rekan-rekan pembaca semuanya.

Dell Inspiron 14z-5342 dari segi spesifikasi standarnya bisa dibilang lumayan bagus, karena dibekali prosesor Intel Core i3, ram bawaan 2 GB, Hardisk 320 GB, dan bentang layar 14 inci. Baterai pada laptop ini termasuk integrated alias ditanam didalam, sehingga untuk melepas baterai laptop harus melalui proses pembongkaran badan utama laptop.


Pada artikel ini yang akan dibahas lebih dulu adalah cara melepas dan mengganti keyboard pada laptop Dell Inspiron 14z-5423 dan pada artikel selanjutnya akan disusul dengan pembahasan cara bongkar badan utama dan cara mengganti lcd pada laptop tersebut.

Untuk melepas dan dilanjutkan dengan mengganti keyboard pada laptop Dell Inspiron 14z-5423 peralatan yang dibutuhkan adalah obeng plus dan sebuah pick gitar. Pick gitar bersifat opsional dapat diganti dengan benda berujung pipih sejenisnya.

Bagi yang baru mulai coba-coba untuk melakukan bongkar dan pasang hardware lapotp, ada baiknya untuk membaca artikel dibawah ini lebih dulu, supaya nantinya tidak bingung dengan istilah-istilah yang akan digunakan selama proses bongkar dan pasang.


Sekarang mari kita mulai pelajari cara melepas dan mengganti keyboard pada laptop Dell Inspiron 14z-5423. Langsung meluncur ke bawah berikut untuk mulai.

Dell Inspiron 14z-5423 Tampak Atas
Melepas Ram Cover
Mengawali proses melepas keyboard ini adalah dengan melepas ram cover atau bagian casing yang menutup ram. Pada gambar diatas adalah yang ditandai kotak putus-putus. kendorkan sekrup yang berada pada lingkaran merah, selanjutnya untuk melepasnya bisa diungkit ke atas menggunakan pick gitar.

Melepas Sekrup Keyboard
Selanjutnya adalah melepas sekrup driver yang berada dibagian bawah stiker pada slot ram kedua. Tepatnya berada pada posisi yang dilingkari merah pada gambar diatas. Geser stiker atau plastik penutupnya maka akan terlihat dibaliknya sebuah sekrup.

Melepas Pengunci Keyboard
Proses selanjutnya menuju ke bagian atas laptop, untuk melepas pengunci keyboard. Posisi klip pengunci keyboard berada pada posisi yang dilingkari merah pada gambar diatas. Untuk melepas gunakan pick gitar dan selipkan pada pengunci dan geser masuk sambil diungkit ke atas.

Melepas Kabel Keyboard
 Setelah seluruh klip pengunci terlepas, keyboard dapat diangkat ke atas. Perlahan angkat ke atas kemudian dibalik supaya kabel keyboard terlihat, selanjutnya adalah lepas kabel tersebut dengan membuka pengunci slot keyboard. Setelah kabel terlepas keyboard dapat dengan mudah dilepas.

Keyboard Dell Inspiron 14z - 5423
Sampai disini berarti proses melepas keyboard Dell Inspiron 14z - 5423 sudah selesai. Selanjutnya bisa dilakukan pemasangan keyboard pengganti ataupun memasang kembali keyboard yang lama bagi yang coba-coba untuk melepas.

Untuk proses pemasangan caranya tetap sama dengan proses melepas, hanya tinggal membalik urutan prosesnya saja dari yang terakhir menuju yang pertama. Begitu juga dengan tindakan yang dilakukan adalah kebalikan dari pada saat pelepasan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »