Mengganti Lcd Asus EeePC 1215


TAKTIKTOP.com - Pada artikel sebelumnya sudah dipelajari tentang bagaimana cara mengganti keyboard dan dilanjutkan dengan membongkar serta membersihkan fan pada laptop Asus Eeepc 1215 series. Pada artikel ini akan dilanjutkan pada cara mengganti lcd Asus Eeepc 1215 series.

Asus Eeepc 1215 mempunyai bentang layar lebar 12 inci dan menggunakan teknologi LED. Tetapi tidak semua lcd Eeepc 1215 sama. Karena sebagian menggunakan tipe led reguler dan sebagian yang lain menggunakan tipe HSD.


Perbedaan antara tipe reguler dan tipe HSD sebenarnya hampir tidak ada, hanya saja ukuran soket lcd pada tile HSD lebih lebar dari pada soket lcd yang ada pada led reguler. Sehingga led reguler tidak dapat dipasang pada led tipe HSD, karena lebar konektor kabelnya juga berbeda.

Cara mengganti lcd yang akan dipelajari ini dapat diaplikasian pada seluruh varian dari laptop Asus Eeepc 1215 series. Varian dari laptop ini memang banyak tetapi semuanya mempunyai dimensi dan bentuk yang sama. Beberapa contoh varian dari Asus Eeepc 1215 antara lain:
- 1215P
- 1215B
- 1215T
- 1215N
- Dan lain-lain.

Sedangkan untuk peralatan yang dibutuhkan untuk membongkar lcd pada laptop ini hanyalah obeng dengan mata plus saja untuk membuka sekrup. Selebihnya bisa dilakukan dengan tangan kosong.


Sudah siap? Yuk, sekarang saatnya kita bongkar lcd laptop Asus Eeepc 1215 ini, langsung sekrol kebawah ya!

Melepas Hinge Cover
Yang pertama kali dilakukan adalah melepas hinge cover atau bagian casing yang menutup engsel laptop. Lokasi tepatnya adalah yang dilingkari merah pada gambar diatas. Hinge cover pada gambar diatas hanya tinggal ada satu yang disebelah kiri, mungkin yang satunya dihilangkan oleh penggunanya :D.

Melepas Hinge Cover
Cara melepas hinge cover adalah dengan menekan kebawah menggunakan ibu jari, hingga terdengar bunyi klik. Jika bunyi klik sudah terdengar berarti hinge cover sudah terlepas dari pengaitnya dan menjadi longgar, tidak kencang lagi.

Melepas Hinge Cover
Setelah hinge cover kendor dan longgar, untuk melepasnya dilakukan dari bagian bawah laptop dan laptop dalam keadaan tertutup seperti pada gambar diatas. Asalkan hinge cover sudah kendor begitu laptop ditutup, hinge cover bisa dengan sangat mudah dicabut dari bawah.

Melepas Rubber
Selanjutnya kembali lagi ke bagian atas laptop, sekarang lepas rubber atau karet penutup berbentuk lingkaran yang berada pada poisi yang dilingkari merah. Bisa dengan hanya menggunakan kuku saja atau jarum.

Melepas Sekrup
Setelah rubber dilepas, dapat dijumpai dibalik masing-masing rubber tadi terdapat sekrup. Lepas sekrup tersebut, yang mana sekrup tersebut merupakan sekrup pengunci lcd mask dari luar.

Melepas Lcd Mask
Selanjutnya adalah melepas lcd mask atau bagian casing yang menutup panel layar dari arah depan. Untuk melepasnya posisikan jari-jari seperti pada gambar, kemudian tarik perlahan lcd keluar hingga terlepas bagian demi bagian.

Melepas Lcd Mask
Lakukan langkah pada gambar sebelumnya ke sekeliling lcd mask. Dari atas tengah dilanjut ke kanan dan ke kiri, samping kanan dan kiri, hingga bertemu lagi pada bagian tengah bawah. Jika seluruh bagian sudah terlepas, lcd mask dapat diangkat dengan sangat mudah.

Melepas Sekrup Lcd
Pada gambar diatas dapat dilihat bahwa lcd mask sudah terlepas. Langkah setelahnya adalah melepas sekrup yang berada pada lingkaran kuning dan kendorkan seluruh sekrup yang berada pada lingkaran merah, cukup dikendorkan saja tidak perlu sampai terlepas.

Melepas Sekrup Samping
Setelah sekrup yang dilingkari merah pada gambar sebelumnya dikendorkan, tarik maju perlahan layar lcd sehingga ada rongga antara lcd cover dengan panel layar dan bisa terlihat pada sisi samping kanan dan kiri terdapat sekrup. Lepas seluruh sekrup yang berada disamping layar tersebut.

Melepas Kabel Lcd
Setelah sekrup samping lcd pada gambar sebelumnya dilepas, lcd sudah dapat diangkat tetapi kabelnya masih terhubung. Angkat dan letakkan dulu diatas keyboard kemudian lepas kabelnya dengan cara menariknya keluar dari slot kabel fleksibel lcd.

Lcd Cover Asus 1215
Sampai tahap ini berarti proses melepas lcd pada laptop Asus Eeepc 1215 series sudah selesai. Selanjutnya bisa dipasang lcd pengganti ataupun memasang kembali lcd yang lama.

Untuk proses memasangnya kembali caranya tinggal membalik saja urutan proses dari yang terakhir menuju yang pertama. Begitu juga dengan tindakan yang dilakukan merupakan kebalikan dari pada saat proses melepas tadi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »