Membongkar Dan Membersihkan Fan Asus EeePC 1215 Series


TAKTIKTOP.com - Masih berada dalam ruang lingkup Asus Eeepc 1215 series, pada artikel sebelumnya sudah dipelajari tentang bagaimana caranya melepas dan mengganti keyboard Asus Eeepc 1215 series.


Pada artikel ini yang akan menjadi pokok pembahasan adalah bagaimana cara membongkar badan utama laptop Asus Eeepc 1215 dan membersihkan fannya. Pada saat artikel ini ditulis tentunya laptop ini sudah  memasuki usia 4 tahun lebih, pastinya sudah banyak yang kotor.

Dengan membongkar badan utama Asus Eeepc 1215, ada beberapa manfaat yang didapatkan, tentunya manfaat tersebut sejalan dengan usia laptop tersebut yang sudah mulai memasuki usia uzur. Beberapa hal yang dapat dilakukan dengan membongkar laptop tersebut adalah:
- Membersihkan fan dari kotoran dan debu.
- Membersihkan interior laptop dari kotoran dan debu.
- Menganti hardisk.
- Mengganti thermal pasta.
- Memperbaiki komponen-komponen pada motherboard.


Peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan pembongkaran laptop Eeepc 1215 hanya dua buah, yaitu obeng dengan mata plus dan sebuah pick gitar. Pick gitar bersifat opsional, dapat diganti dengan benda berujung pipih yang lainnya.

Proses membongkar badan utama laptop dan dilanjutkan dengan membersihkan fan yang akan dibahas pada artikel ini dapat diaplikasikan pada seluruh varian dari Asus Eeepc 1215. Varian tersebut antara lain adalah sebagai berikut:
- 1215P
- 1215B
- 1215T
- 1215N
- 1215 yang lainnya.

Sudah siap? Sekarang mari kita bongkar laptop Asus Eeepc 1215 series ini, langsung meluncur kebawah ya!

Melepas Baterai
Mengawali proses pembongkaran badan utama laptop ini yaitu dengan melepas baterai lebih dulu. Untuk menekan sekecil mungkin terjadinya korsleting atau hubungan arus pendek selama proses bongkar dan pasang hardware.

Melepas Ram Cover
Selanjutnya adalah melepas ram cover, yaitu bagian casing yang menutup ram, pada gambar diatas adalah yang dikotak merah. Lepas dulu rubber atau karet yang berada pada lingkaran merah, setelah rubber terlepas dapat dijumpai dibalik rubber tersebut terdapat sekrup.

Lepas sekrup yang berada dibalik rubber tadi. Sekrup tersebut adalah sekrup pengunci ram cover. Setelah sekrup dilepas, angkat ram covernya, jika kesulitan dapat menggunakan bantuan pick gitar atau obeng minus untuk mencongkelnya.

Melepas Ram
Setelah ram cover dilepas, tentu didalamnya dapat dijumpai ram dari laptop tersebut. Lepaskan seluruh ram tersebut, jika ada dua keping lepas seluruhnya. Biasanya bawaannya ada dua keping masing-masing sebesar 1 GB.

Melepas Sekrup 
Setelah ram dilepas, sekarang lepas seluruh sekrup yang berada pada bagian yang dilingkari merah. Salah satu sekrup tersebut berada dibawah ram. Sehingga kalau ram tidak dilepas maka untuk melepas sekrup tersebut juga tidak dimungkinkan.

Melepas Top Assy
Melepas Top Assy
Setelah seluruh sekrup pada bagian bawah pada gambar sebelumnya tadi dilepas. Proses selanjutnya beralih ke bagian atas laptop untuk melepas top assy. Gunakan alat bantu pick gitar untuk mempermudah, bisa juga hanya menggunakan kuku jari seperti pada gambar diatas.

Selipkan kuku atau pick gitar pada sambungan top assy seperti pada gambar diatas, kemudian geser sesuai dengan arah tanda panah, hingga seluruh bagian top assy terlepas.

Melepas Kabel Touchpad
Setelah seluruh bagian sambungan top assy terlepas, top assy dapat diangkat kemudian letakkan seperti pada gambar, sehingga dapat dilihat bagian dari kabel touchpad.

Lepas kabel touchpad yang berada pada bagian yang dilingkari merah, untuk melepasnya geser maju pengunci slotnya, jika sudah terbuka maka kabel dapat dengan sangat mudah dilepas.

Melepas Sekrup Keyboard Cover
Selanjutnya adalah melepas keyboard cover, untuk itu lepas dulu sekrup yang berada pada bagian yang dilingkari merah. Karena seluruh sekrup tersebut merupakan sekrup pengunci keyboard cover.

Melepas Keyboard Cover
Melepas Keyboard Cover
Setelah sekrup keyboard cover tadi dilepas, selanjutnya adalah melepas keyboard cover itu sendiri. Dimulai dari sudut kanan atau kiri belakang, sisipkan pick gitar atau kuku jari pada sambungan casing, kemudian geser searah dengan tanda panah merah.

Melepas Kabel Keyboard
Setelah keyboard cover dilepas seluruhnya, keyboard cover dapat diangkat atau digeser. Geser keyboard cover seperti pada gambar sehingga terlihat kabel keyboardnya. Lepas kabel keyboard tersebut pada bagian yang dilingkari merah.

Melepas Plat Pelindung Motherboard
Setelah keyboard beserta covernya berhasil dilepas, maka dapat dijumpai disana terdapat plat dari logam yang menutup motherboard. Supaya proses dapat dilanjutkan maka plat besi tersebut harus dilepas lebih dulu.

Lepas seluruh sekrup yang berada pada posisi lingkaran merah. Seluruh sekrup tersebut merupakan sekrup pengunci dari plat logam tersebut. Setelah seluruh sekrup dilepas, plat logam dapat diangakt dengan mudah dari sisi sebelah bawah.

Melepas Hardisk
Setelah plat besi pada gambar sebelumnya berhasil dilepas, maka dapat dilihat bagian dalam laptop tersebut beserta komponen-komponen penyusunnya.

Proses selanjutnya adalah melepas hardisk, untuk itu lepas sekrup yang berada pada bagian yang dilingkari merah. Setelah sekrup dilepas cabut keluar hardisk dari slotnya, setelah sekrup dilepas hardisk dapat dicabut dengan mudah.

Melepas Kabel
Setelah hardisk berhasil dilepas, selanjutnya adalah melepas kabel-kabel yang masih terhubung pada motherboard. Lepas seluruh kabel yang berada pada bagian dilingkari merah.

Melepas Wlan
Di bawah kabel usb board ( kabel fleksibel yang paling lebar) atau lebih tepatnya pada bagian yang dikotak merah terdapat wlan, lepas perangkat wlan tersebut. Lepaskan dulu kabel antenanya, setelah itu lepas kedua sekrup dan wlan dapat dicabut dengan mudah.

Melepas Sekrup Motherboard
Selanjutnya adalah melepas sekrup motherboard. Seluruh sekrup yang dilingkari merah pada gambar diatas harus dilepas. Jangan sampai ada yang tertinggal satupun, karena jika ada satupun yang tertinggal motherboard tidak akan bisa dilepas.

Melepas Fan
Setelah seluruh sekrup motherboard pada gambar sebelumnya dilepas, motherboard dapat dengan mudah diangkat, untuk mempermudah angkat dari sisi sebelah bawah. Untuk melepas fan lepas sekrup yang berada pada lingkaran merah dan lepas kabelnya.

Motherboard Eeepc 1215
Sampai disini proses membongkar badan utama termasuk fan pada Asus Eeepc 1215 sudah selesai dilakukan. Selanjutnya fan bisa dibersihkan atau melakukan keperluan apapun lainnya.

Untuk merakit kembali tinggal membalik urutan prosesnya saja dari yang terakhir menuju yang pertama. Begitu juga dengan tindakan yang dilakukan adalah kebalikan dari pada saat proses membongkar.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »