Hardware Laptop Rusak Masih Bisa Digunakan


TAKTIKTOP.com - Umur laptop memang tidak bisa diprediksi. Terkadang ada orang yang menggunakan laptop secara sembarangan tapi justru malah awet. Pada kasus lain ada orang yang sudah merawat laptopnya sedemikian rupa justru laptop itu malah berumur pendek.

Memang tidak ada yang bisa memberikan jaminan tentang berapa lama umur suatu laptop. Pihak produsen laptop sekalipun tidak pernah memberikan jaminan resmi tentang umur laptop. Kalau yang membuat aja tidak tahu apalagi yang cuman make ya :D.

Pada kasus laptop yang sudah tidak dapat diperbaiki lagi sama sekali, umumnya kerusakan terletak pada motherboard. Dimana untuk melakukan perbaikan motherboard tidak semuanya membuahkan hasil, kalaupun ingin mengganti motherboard yang baru harus ke service center dan itupun harganya bisa jadi seperti membeli laptop baru atau bahkan lebih mahal

Dalam kondisi seperti itu mungkin yang terbersit dalam pikiran ingin menaruh laptop itu dalam gudang begitu saja atau bahkan terbersit pikiran ingin membuang laptop tersebut. Jangan! Jangan dikalahkan sama emosi, sabar dan tenangkan diri dulu.

Memang laptop sudah tidak dapat lagi digunakan karena mesin utama laptop tersebut sudah rusak. Tetapi di dalam laptop masih ada banyak hardware yang dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari atau bahkan dijual sehingga menghasilkan uang untuk tambah-tambah beli laptop baru.

Hardware apa saja yang biasanya dapat digunakan dari laptop yang sudah rusak? Berikut daftar hardware yang banyak memberikan manfaat, yang dapat diambil dari laptop yang sudah mati atau sudah tidak dapat digunakan sama sekali.

Hardisk
Enclosure atau Casing Hardisk Eksternal

Yang rusak kan motherboard, tentu seharusnya hardisk juga masih dalam kondisi sehat. Data-data laptop sebelum rusak juga masih tersimpan didalamnya. Bisa diselamatkan lagi hanya dengan menyambungkan hardisk ini pada komputer yang masih hidup.

Dapat juga digunakan sebagai hardisk eksternal. Yang dibutuhkan hanya tinggal membeli enclosure atau casing hardisk eksternal untuk laptop. Harganya cukup terjangkau, setelah itu hardisk tinggal dipasang di dalamnya dan jadilah hardisk eksternal.

Ram
Ram Tambahan
Seandainya masih mempunyai laptop lain, ram dari laptop yang mati dapat dilepas kemudian dipasangkan pada laptop lain yang masih hidup. Lumayan kan, ram ditambah otomatis kecepatannya juga makin kencang. 

Selama ram yang digunakan kedua laptop masih dalam generasi yang sama, maka kemungkinan besar ram tersebut dapat digunakan. Misalnya gini: Laptop yang rusak menggunakan ram ddr 3 dan laptop A menggunakan ram ddr 3 juga. Maka besar kemungkinan ram dapat dipasang di laptop A.

Lcd
Lcd Laptop
Lcd bisa dijadikan cadangan kalau suatu saat lcd laptop yang lain rusak atau pecah. Tetapi yang paling bermanfaat apabila lcd tersebut dijual, lumayan kan bisa jadi duit, bisa buat tambah-tambah beli laptop baru. Dijual via situs jual beli online pasti banyak yang ngelirik apalagi kalo harganya agak miring :D.

Fan
Fan Toshiba L40
Fan atau kipas juga termasuk salah satu hardware yang banyak peminatnya. Fan memang salah satu hardware yang banyak mengalami kerusakan. Karena memang fan selalu bekerja dan berputar selama laptop digunakan. Banyak yang fan yang rusak berarti banyak yang nyari fan juga kan?

Keyboard, Baterai, Charger
Baterai Laptop Toshiba
Seandainya tidak memiliki laptop dengan brand dan tipe yang sama maka keyboard, baterai, dan charger tidak akan berguna kalau disimpan. Satu-satunya cara supaya bermanfaat adalah dengan menjualnya, jika kondisinya masih sehat semua dijamin banyak yang ngelirik :D

Sementara itu untuk casing laptop, kabel, beserta hardware yang tersisa pada laptop biasanya peminatnya tidak terlalu banyak. Tapi tidak ada salahnya untuk mencoba menjualnya paling tidak via online, tinggal upload gambar saja beres kok. Sukur ada yang hubungin, kan iseng-iseng berhadiah hehehe.. :D.

Bayangkan kalau seandainya hanya item yang disebutkan diatas saja laku dijual berapa duit yang diperoleh? Pastinya cukup untuk tambah-tambah beli laptop baru kan, dari pada nganggur tidak terpakai ya mendingan dimutilasi aja terus dijual malah jadi duit banyak, hehe... :D.


.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »