Istilah Dalam Jaringan Komputer


TAKTIKTOP.com - Dunia teknologi yang sedang berkembang pesat-pesatnya saat ini memungkinkan pengguna komputer untuk mengakses komputer atau perangkat apapun yang lokasinya berada pada jarak yang sangat jauh dari si pengguna berada.

Itulah salah satu contoh implementasi jaringan komputer yang tidak disadari oleh banyak orang. Yang penting bisa online, bisa browsing itu aja mungkin ya. Padahal itu adalah salah satu penerapan dari jaringan komputer dalam kehidupan sehari-hari.

;
Contoh penerapan sistem jaringan komputer lainnya ketika dirumah atau dikantor antara satu perangkat dengan perangkat yang lain sama-sama online menggunakan hotspot yang sama, itu berarti seluruh perangkat tersebut telah saling terhubung dalam satu jaringan, yaitu hotspot tadi.

Dengan perkembangan sistem jaringan komputer yang sudah sedemikian pesatnya, saatnya untuk memulai belajar tentang jaringan komputer, setidaknya belajar untuk mengetahui konsep dasar dan memahami istilah-istilah yang ada dalam jaringan komputer.


Untuk memulai belajar tentang jaringan komputer tentu sebelumya harus memahami dulu istilah-istilah yang ada pada jaringan komputer. Untuk itu dibawah akan disebutkan dan dibahas beberapa istilah umum yang banyak digunakan dalam dunia jaringan komputer.

ISP
ISP merupakan singkatan dari Internet Service Provider yang bisa diartikan dengan penyedia jasa internet. ISP merupakan penghubung antara pengguna dengan internet. Beberapa contoh ISP yang ada di Indonesia antara lain: Speedy, Biznet, Citranet, dan Fastnet.

LAN
Merupakan Singkatan dari Local Area Network. Merupakan jaringan komputer dengan skala area yang kecil. Bisa dalam satu rumah atau satu gedung. LAN dapat menghubungkan antara komputer menggunakan kabel RJ45 maupuan tanpa kabel (wireless) seperti hotspot.

MAN
Merupakan singkatan dari Metropolitan Area Network. MAN merupakan pengembangan dari LAN, dimana MAN memiliki area yang lebih luas dari pada LAN, bisa antar gedung maupun antar kantor dalam perusahan di tiap kota.

WAN
Merupakan singkatan dari Wide Area Network. Kalau MAN merupakan pengembangan dari LAN, maka WAN merupakan pengembangan dari MAN, dimana area wilayahnya sangat luas, bisa mencapai antar negara.

IP Address
IP merupakan singaktan dari Internet Protocol, dimana IP Address adalah alamat suatu host atau komputer didalam jaringan komputer. Dalam kehidupan nyata IP Address dapat dianalogikan sebagai alamat rumah. Contoh IP Address adalah 192.168.1.1
Baca juga: Setting IP Address di Windows

Router
Router adalah perangkat dalam jaringan yang berfungsi untuk mengatur lalu-lintas paket dalam jaringan. Ketika kamu terhubung pada hotspot, maka ada perangkat yang memancarkan sinyal hotspot tersebut dan mengaturnya, itulah contoh kecil dari router.

Gateway
Ketika dalam satu jaringan terdapat beberapa sub jaringan, maka agar komputer yang berada pada masing-masing sub jaringan membutuhkan satu komputer sebagai perangkat gateway sebagai penghubung komputer-komputer dibawahnya ke router.

NAT
Merupakan singkatan dari Network Address Translation atau bisa diartikan dengan Penerjemahan Alamat Jaringan. Supaya komputer pada jaringan A dapat mengakses dan membaca komputer pada jaringan B, maka NAT ini harus diaktifkan lebih dulu, itulah fungsi NAT.
'
Proxy
Server yang menyediakan layanan untuk meneruskan setiap permintaan akses kepada server lain di internet. Dalam hal ini indentitas pengguna tidak akan diketahui ketika sedang berseluncur di dunia maya.

DHCP
Merupakan singkatan dari Dynamic Host Configuration Protocol. DHCP memungkinkan setiap host dalam suatu jaringan untuk mendapatkan IP Address secara otomatis dari router-nya.

Hostname
Sesuai dengan nama istilah tersebut yaitu Hostname yang berarti nama Host. Host berarti komputer itu sendiri dan name adalah namanya. Secara default kalau belum diganti hostname pada Windows mengikuti dari nama username dari Windows itu sendiri, seperti Contoh-PC.

Domain
Domain adalah nama atau alamat dari sebuah situs, misalkan google.com, taktiktop.com, yahoo.com itu semua adalah domain.

DNS
Merupakan singkatan dari Domain Name System. Protokol yang berfungsi untuk menerjemahkan nama domain menjadi IP Address. Contohnya begini, ketika mengakses google.com, maka DNS akan menerjemahkan google.com tersebut menjadi IP address asli dari Google.

NIC
Merupakan singkatan dari Network Interface Card atau bisa diartikan dengan kartu antar muka jaringan. Contoh yang paling mudah adalah LAN card, dimana untuk menghubungkan kabel LAN melalui NIC yang berupa LAN card ini.

Ethernet
Gampangnya bisa dibilang sebagai sebutan lain dari LAN card, merupakan standar operasional yang digunakan pada jaringan yang menggunakan kabel.

MAC Address
Merupakan identitas yang dimiliki oleh tiap-tiap perangkat jaringan yang tersusun dari 16 karakter dan bersifat unique. Bersifat unique karena mac address pada perangkat yang satu tidak mungkin sama dengan perangkat lain. Dengan kata lain mac address pada tiap-tiap perangkat jaringan pasti berbeda. Dalam istilah yang lain disebut juga sebagai Physical Address.
Baca juga: Cara Mengetahui Mac Address

Firewall
Berfungsi sebagai pembatas akses dari dan ke port tertentu. Contohnya adalah meblokir akses ke internet yang dilakukan oleh aplikasi tertentu pada sistem operasi.

Bandwidth
Arti secara harfiahnya adalah lebar data. Bisa diartikan juga sebagai besarnya data yang dapat berlalu-lintas pada internet. Semakin besar bandwidth berarti semakin lebar pula data yang dapat keluar masuk di internet, dengan begitu semakin kencang juga akses internet yang didapat.

UTP
Merupakan singkatan dari Unshielded Twister Pair merupakan jenis kabel yang digunakan untuk LAN atau menghubungkan satu komputer dengan yang lain menggunakan ethernet.

RJ-45
Konektor yang digunakan dalam kabel LAN. Jadi setiap ujung kabel LAN harus selalu disambungkan dengan konektor RJ-45 sebelum dicolokkan pada ethernet. Proses penyambungan kabel LAN pada konektor RJ-45 disebut crimping.

Topologi
Merupakan bentuk atau skema suatu jaringan komputer. Contoh topologi adalah topologi bus, star, ring, dan tree. Dalam topologi star contohnya, server berada di tengah sebagai pusat dan host nya berada di sekelilingnya sehingga bentuknya menjadi seperti bintang, karena itu disebut topologi star atau bintang.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »