Toshiba Satellite L510 L515 Blue Screen? Ini penyebabnya!


TAKTIKTOP.com - Blue screen atau BSOD yang mana merupakan singkatan dari  Blue Screen Of Death  adalah suatu kondisi dimana sistem tidak dapat melanjutkan pengoperasian mesin karena terdapat kesalahan pada komponen penyusun utama sistem operasi dan hardware.

Toshiba Satellite L510
Disebut blue screen karena ketika situasi ini terjadi maka sistem akan menampilkan tampilan layar warna biru beserta informasi penyebabnya. Juga disebut Blue Screen Of Death  karena ketika situasi ini terjadi maka akan muncul tampilan warna biru yang diikuti dengan sistem mati sendiri.

Blue screen bisa terjadi pada seluruh perangkat komputer baik itu laptop maupun komputer desktop. Bahkan pada sistem operasi lain pun bisa terjadi hal semacam blue screen hanya istilah yang digunakan berbeda, sebagai contoh kernel panic yang ada pada sistem operasi Linux.


Memang banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya bluescreen, tetapi bluescreen secara khusus dapat terjadi dengan penyebab yang sama pada seri laptop tertentu. Dan tentu saja solusinya juga tidak sama dengan yang terjadi pada seri laptop yang lain.

Dalam kasus ini yang akan diangkat adalah banyaknya kasus terjadinya blue screen pada Toshiba Satellite L510 dan L515. Blue screen pada laptop seri ini seperti sudah menjadi wabah atau penyakit masal saja, karena memang banyak sekali laptop seri L510 yang terkena penyakit blue screen.

Blue screen yang dialami oleh Toshiba Satellite L510 biasanya terjadi ketika laptop baru dinyalakan dan masih dalam proses startup atau sampai pada welcome screen kemudian laptop tiba-tiba mengalami blue screen dan beberapa saat setelah itu laptop akan restart atau bisa juga mati.

Selain itu, blue screen pada Toshiba Satellite L510 dan L515 juga bisa terjadi ketika sistem sudah masuk desktop normal tetapi baru dipakai beberapa saat sudah mengalami bluescreen yang diikuti dengan sistem mati sendiri.

Sebenarnya apa sih penyebab sekian banyak Toshiba L510 dan L515 mengalami blue screen? Kok banyak banget yang mengalami kasus yang sama. Untuk lebih memastikan lagi ada beberapa hal yang perlu diidentifikasi terlebih dahulu, antara lain:

1. Cek Hardisk
Cek Kesehatan Hardisk
Yang pertama dilakukan cobalah cek kesehatan hardisk lebih dulu. Untuk memastikan hardisk bebas dari bad sector. Jika hardisk memang sehat tidak terdapat bad sector bisa lansung menuju  ke tahap identifikasi selanjutnya.


Kalaupun terdapat bad sector yang tidak begitu parah bisa juga untuk langsung lanjut ke langkah identifikasi selanjutnya. Karena jika kondisi hardisk sudah bad sector parah, tidak akan bisa diinstall ulang dan untuk  melanjutkan proses mesti menggunakan hardisk yang lain dulu.

2. Install Ulang
Instalasi Sistem Operasi
Penanganan pertama coba melakukan install ulang sistem operasi, apakah blue screen masih berlanjut atau tidak setelah install ulang. Jika tetap berlanjut atau pada saat instalasi masih berlangsung malah sudah terjadi bluescreen lagi, coba menuju langkah dibawah berikut.

3. Cek Bios
Mematikan Multi Core Processing
Untuk lebih memastikan lagi penyebab blue screen pada Toshiba Satellite L510 dan L515 ada konfigutasi pada Bios yang mesti diganti. Untuk itu, didalam Bios masuk ke tab Advance kemudian pilih Core Multi-Processing tekan Enter kemudian pilih Disabled.

Bagi yang belum mengetahui cara masuk BIOS, caranya ketika laptop baru menyala, muncul tampilan logo Toshiba tekan tombol F2 selanjutnya sistem akan langsung masuk pada mode Bios, dan ikuti langkah diatas.

Setelah Core multi-processing dimatikan simpan konfigurasi dan keluar dari Bios, selanjutnya biarkan sistem untuk mencoba booting sistem operasi. Apakah blue screen masih terjadi atau tidak? Jika blue screen tidak terjadi maka penyebab permasalahan ini adalah sudah jelas dan positif.

Kalaupun setelah Core multi processing dimatikan tetap terjadi blue screen, sedangkan hardisk juga kondisinya sehat-sehat saja, sudah install ulang sistem tetap sama saja, maka penyebabnya tetap sama dengan kondisi diatas. Untuk mengetahui penyebabnya bisa dibaca dibawah ini.

Penyebab:
Penyebab bluescreen paling banyak pada Toshiba Satellite L510 dan L515 adalah besaran arus listrik yang lebih kecil dari pada batasan standar ketika sistem sudah memulai proses startup, sehingga driver dan hardware seluruhnya akan difungsikan, yang mana seluruh hardware tersebut akan membutuhkan aliran listrik.

Tujuan mematikan Core Multi-Processing pada bios adalah supaya jumlah core prosesor yang bekerja pada prosesor hanya satu, core yang lain akan dinonaktifkan sehingga besaran daya yang dialirkan ke prosesor hanya untuk satu core saja.
Ic Tokin
Jika dengan mengaktifkan satu core saja sistem dapat masuk dengan normal berarti permasalahan sudah jelas, yaitu komponen yang bertugas mengalirkan listrik ke prosesor tidak mampu untuk menyuplai kebutuhan listrik untuk seluruh core prosesor.

Yang bertugas mengalirkan arus listrik ke core prosesor itu adalah suatu komponen yang disebut dengan Ic Tokin. Bentuk asli dari Ic Tokin dapat dilihat pada gambar diatas. Supaya permasalahan ini selesai tentunya Ic tersebut harus diganti, dan untuk mengganti tentu laptop harus dibongkar dulu.


Jika belum terbiasa melakukan penggantian komponen pada motherboard laptop, ada baiknya untuk diserahkan kepada yang lebih profesional. Karena peralatan yang dibutuhkan pun tidak selalu dimiliki oleh kalangan luas seperti blower yang dibutuhkan untuk melepas komponen tersebut.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

7 comments

Write comments
March 9, 2016 at 6:23 AM delete

Terimakasih bang, saya sudah coba cara ini & berhasil...sekali lg terima kasih

Reply
avatar
Anonymous
March 12, 2016 at 5:55 PM delete

Bang kalo pake cara di atas smuanya tetap bluescreen...apakah masih harus ganti IC tokin...atau ada masalah yg lain nya bang?

Reply
avatar
March 12, 2016 at 8:43 PM delete

Kalo cara diatas udah dicoba semua ttep bluescreen kemungkinan besar memang ic tokin bang, itu penyakit khasnya l510

Reply
avatar
November 1, 2016 at 2:37 PM delete

terima kasih banyak telah membantu....

Reply
avatar
November 8, 2016 at 9:14 PM delete

Sangat membantu,terima kasih y bang

Reply
avatar
November 11, 2016 at 8:17 PM delete

Thanks bang atas informasih penting.y .

Reply
avatar