Mengganti Keyboard Toshiba Satellite L630 L635


TAKTIKTOP.com - Masih bersama dengan Toshiba Satellite L630 dan L635, pada artikel sebelumnya sudah dipelajari tentang bagaimana cara membongkar dan membersihkan fan Toshiba Satellite L630 L635.

Sejalan dengan usia laptop ini yang sudah mulai memasuki masa usia tua, mungkin sudah ada kerusakan yang mulai sering terjadi. Salah satu kerusakan yang kerap terjadi adalah kerusakan keyboard.


Tujuan dari ditulisnya artikel ini adalah membantu rekan-rekan pembaca sekalian yang ingin melakukan penggantian keyboard sendiri pada laptopnya. Karena bagaimanapun juga bongkar-pasang hardware yang dilakukan sendiri tentu jauh lebih berkesan dari pada dilempar ke tukang service.

Peralatan yang dibutuhkan mengganti keyboard Toshiba Satellite L630 dan L635 hanyalah sebuah obeng plus dan obeng minus. Obeng minus hanya bersifat opsional dapat diganti dengan benda lain yang sejenis.

Bagi yang baru mulai belajar atau baru mulai coba-coba untuk melakukan bongkar-pasang hardware laptop ada baiknya untuk membaca artikel dibawah ini lebih dulu, supaya tidak bingung dengan istilah-istilah yang nantinya akan digunakan.


Untuk melepas dan mengganti keyboard pada Toshiba Satellite L630 dan L635 langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Melepas Baterai
Baterai tidak ada hubungan langsung dengan keyboard tetapi harus dilepas dulu untuk mengurangi kemungkinan terjadinya hubungan arus pendek atau korsleting listrik selama proses bongkar dan pasang hardware laptop.

Melepas Keyboard Cover
Setelah baterai dilepas barulah dapat dimulai inti pembongkaran keyboard, yaitu dengan melepas keyboard cover-nya terlebih dahulu. Keyboard cover adalah bagian casing yang menutup atau mengunci keyboard.

Keyboard cover pada gambar diatas adalah yang dikotak kuning dengan garis putus-putus. Untuk melepasnya selipkan obeng minus kebawah keyboard cover tepatnya pada bagian yang dilingkari merah, kemudian congkel keatas.

Jika bagian tersebut sudah terlepas atau keluar dari casing selanjutnya untuk melepasnya bisa dengan cara digoyang ke kanan dan ke kiri sambil diangkat ke atas. Untuk lebih detailnya bisa dilihat pada video dibagian bawah artikel ini.

Melepas Sekrup dan Pengait Keyboard
Setelah keyboard cover dilepas, dapat dijumpai disana terdapat sekrup dan satu buah klip pengait pengunci keyboard. Lepas kedua sekrup yang dilingkari merah dan lepas pengait yang dilingkari kuning. Untuk melepas pengait dapat dicongkel menggunakan obeng.

Melepas Kabel Keyboard
Setelah sekrup keyboard beserta dengan klip pengait pada gambar sebelumnya dilepas, keyboard sudah dapat diangkat tetapi kabel masih terhubung ke motherboard. Lepas kabel tersebut dengan cara menggeser maju slot pengunci pada tepi slot tersebut. Slot kabel keyboard adalah yang dilingkari merah pada gambar diatas.

Keyboard Toshiba Satellite L630 L635
Sampai disini berarti proses melepas keyboard Toshiba Satellite L630 dan L635 sudah selesai. Selanjutnya tinggal dilanjutkan ke proses pemasangan.

Untuk proses pemasangan keyboard Toshiba Satellite L630 dan L635 tinggal dibalik saja urutan langkah-langkah diatas, dimulai dari langkah yang paling terakhir menuju langkah yang pertama dilakukan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »