Beberapa Kerusakan Yang Terjadi Pada Keyboard Laptop


Keyboard adalah salah hardware pada laptop yang sering mengalami kerusakan. Padahal keyboard mempunya fungsi yang sangat krusial dalam sebuah laptop. Bayangkan saja gimana jadinya sebuah laptop tanpa ada keyboard.

Meskipun saat ini sudah banyak beredar laptop dengan teknologi touchscreen dan mengetik dapat menggunakan virtual keyboard, tetapi jika dibandingkan dengan menggunakan keyboard fisik masih jauh lebih nyaman menggunakan keyboard fisik.

Penyebab kerusakan pada keyboard laptop sebagian besar disebabkan oleh dua hal yaitu debu dan lembab. Laptop yang kebersihannya tidak dijaga bisa dipastikan akan ditempeli berbagai macam debu khususnya pada bagian keyboard, dan tidak jarang debu tersebut masuk pada bagian dalam keyboard yang menyebabkan kerusakan pada jalur rangkaian keyboard.

Suhu yang lembab juga sangat berperan dalam menyebabkan kerusakan keyboard laptop. Laptop yang jarang dipakai dan disimpan pada tempat yang lembab seperti dibawah kolong ranjang dan didalam lemari sangat berpotensi mengalami kerusakan hardware, salah satunya keyboard.

Selain hal diatas kerusakan keyboard juga dapat disebabkan oleh kesalahan pengguna, seperti tersiram air. Masih beruntung jika cairan tersebut hanya menempel pada keyboard, yang ditakutkan apabila sampai masuk ke motherboard dapat menyebabkan laptop mati total.

Beberapa kerusakan pada keyboard laptop yang sering terjadi antara lain sebagai berikut;

Tombol tidak berfungsi
Jika pada keyboard terdapat satu atau bahkan lebih yang tidak berfungsi, bahkan setelah ditekan dengan berbagai cara sekalipun, maka mungkin itu berarti saatnya keyboard laptop diganti dengan yang baru. 

Keyboard yang terdapat satu atau lebih tombol yang tidak berfungsi biasanya bersifat permanen, dengan kata lain mau digimanain juga pasti ujung-ujungnya mengharuskan untuk melakukan penggantian keyboard.

Tombol Aktif Terus
Kebalikan dengan kasus sebelumnya, kali ini terdapat tombol yang aktif atau mencet terus meskipun tidak ditekan. Ini tidak bisa ditangani hanya dengan melepas tombol yang aktif terus tersebut, karena inti permasalahannya bukan pada tombolnya melainkan pada jalur keyboard didalamnya.

Kasus seperti ini biasanya dapat diberikan pertolongan pertama yaitu dengan melepas keyboard, dibersihkan, lebih baik lagi pakai dijemur diterik matahari, kemudian dipasang lagi. Biasanya keyboard akan kembali normal meskipun kebanyakan dalam rentang waktu tertentu akan kembali kambuh lagi.

Beberapa jasa servis ada yang melakukan perbaikan dengan cara melepas seluruh tombol kemudian dibersihkan dan dipasang kembali. Memang cara tersebut dapat mengatasi masalah tersebut, setidaknya untuk sementara waktu, karena seperti yang sudah disebutkan diatas, biasanya dalam rentang waktu tertentu pasti akan kabuh lagi.

Bunyi Tut atau Beeping saat laptop dinyalakan
Pernah mengalami saat laptop dinyalakan bunyi tut atau beeping panjang sebelum masuk Windows? Itu disebabkan karena keyboard. Sebenarnya kasusnya sama dengan kasus sebelumnya yaitu ada satu tombol atau lebih yang nekan terus. Bunyi tut tersebut adalah efek samping dari tombol yang terus aktif ketika laptop baru dinyalakan.


Multiple Output
Jenis kerusakan yang terakhir adalah Multiple Output. Yang dimaksud dengan multiple output adalah ketika menekan satu tombol keyboard yang keluar dilayar malah ada dua atau lebih. Misalkan kita menekan huruf "A" saja, tapi yang muncul dilayar adalah A dan O. Kerusakan jenis ini biasanya juga bersifat permanen.

Kerusakan keyboard pada laptop sebenarnya bukan tidak termasuk kerusakan parah. Sparepart penggantinya pun dapat dibeli dengan harga yang terjangkau. Harga keyboard dipasaran dan tentunya diluar service center resmi adalah pada kisaran 200-350rb, tergantung merk dan seri masing-masing.

Proses penggantian keyboard pun dapat dilakukan dengan cepat, kalau ganti di jasa service tidak sampai 5 menit jadi bisa ditunggu, kecuali yang harus pakai proses bongkar bodi. Jadi tidak perlu gundah gulana kalau keyboard bermasalah. Tutorial cara penggantian keyboard ada di bagian lain situs ini. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
February 3, 2020 at 2:14 PM delete

I have perused your online journal it is exceptionally useful for me. I need to express profound gratitude to you. I have bookmark your site for future redesigns.  Gear Hint

Reply
avatar
October 3, 2020 at 3:13 PM delete

Mau tanya leptop saya Lenovo 110.dan masih baru belum lama dipakainya. Ketika buka word mau ngetik ,pas tekan tombol ny itu muncul apk sistem lain.kadang bisa ada beberapa tombol yg bisa muncul tpi nnti kmbli lgi di tekan tombol ny muncul..di tekan lagi muncul apk sistem yg lain.bolak balik seperti itu.itu kira2 ap yang rusak ya

Reply
avatar