Cara menghubungkan Komputer ke Printer Jaringan


TAKTIKTOP.com - Istilah jaringan komputer saat ini sepertinya sudah semakin banyak dikenal pada kalangan pengguna komputer. Meskipun tidak semuanya mampu melakukan konfigurasi jaringan tetapi setidaknya sudah dapat menggunakan fasilitas dan kemudahan berkat adanya jaringan pada ruang lingkupnya masing-masing.

Merupakan suatu hal yang menggelikan apabila ingatan terbang pada masa satu dekade yang silam. Dimana untuk mencetak dokumen harus colok flashdisk kemudian dicolokkan lagi ke komputer yang lain yang tersambung langsung pada printer.

Pada masa-masa itu sebenarnya teknologi jaringan komputer sudah banyak diterapkan. Tetapi belum banyak yang mengetahui manfaat dan kemudahan dari keberadaan jaringan komputer itu sendiri, sehingga cara-cara manual masih banyak dilakukan.


Dengan adanya jaringan komputer, pekerjaan yang seharusnya hanya dapat dikerjaan pada perangkat komputer lain menjadi dapat diselesaikan pada satu komputer saja. Tidak perlu lagi mondar-mandir kesana kemari untuk menyelesaikan satu pekerjaan.

Salah satu contoh manfaat dari penerapan jaringan komputer adalah dapat melakukan remote printing atau print file dari jarak jauh. Asalkan antara komputer dengan printer terhubung dalam satu jaringan maka hal itu sangat mungkin untuk dilakukan.

Agar bisa melakukan print dari jarak jauh hanya ada dua syarat yang harus dipenuhi, yang pertama antara komputer dan printer harus terhubung dalam satu jaringan dan yang kedua printer tadi harus dishare atau dibuka aksesnya sehingga dapat diakses perangkat lain.

Untuk menshare atau membuka akses perangkat printer supaya dapat diakses oleh perangkat lain pada jaringan, caranya sama dengan sharing file dan folder tidak ada bedanya, hanya saja yang dishare disini adalah printer.


Cara menghubungkan komputer pada perangkat printer di jaringan adalah sebagai berikut:
Masuk Control Panel
Yang pertama dilakukan adalah masuk ke Control Panel, kemudian pada sub menu Hardware and Sound, dibagian sebelah bawahnya terdapat submenu View devices and printers klik pada bagian ini. Kalau masih kurang jelas pada gambar diatas adalah yang dikotak merah.

Add Printer
Setelah tampilan Devices and printers muncul klik pada Add a printer pada bagian atas jendela, yang dikotak merah pada gambar diatas.

Pilih Lokasi Printer
Selanjutnya akan diberi pilihan lokasi printer, Local printer adalah printer yang langsung terhubung pada komputer itu sendiri. Berhubung yang akan dicari adalah printer yang ada pada komputer lain dalam satu jaringan maka yang dipilih adalah Add a network, wireless or bluetooth printer.

Printer Yang Tersedia
Setelah menekan tombol klik pada gambar sebelumnya, akan muncul tampilan seperti pada gambar diatas, dimana sistem akan mencari printer yang tersedia dalam jaringan. Jika daftar printer yang tersedia sudah muncul bisa klik salah satu yang diinginkan kemudian klik tombol Next.

Penambahan Printer Berhasil
Setelah mengeklik tombol Next pada gambar sebelumnya maka akan ada proses instalasi printer tersebut termasuk instalasi driver-nya. Pemasangan printer berhasil apabila setelah itu muncul tampilan seperti pada gambar diatas, tinggal klik Next saja.

Finishing Penambahan Printer
Selanjutnya muncul jendala finishing penambahan printer seperti diatas. Bisa langsung klik Next saja untuk menyudahi proses penambahan printer jaringan. Bisa juga melakukan Print a test page untuk lebih memastikan printer sudah bekerja dan bisa juga memberikan tanda centang pada set as the default printer jika printer tersebut ingin digunakan sebagai printer utama.

Selain cara diatas masih ada cara lain untuk menghubungkan komputer ke printer di jaringan, yaitu sebagai berikut:
Jaringan Komputer
Buka Windows explorer kemudian pada kolom kiri urutan paling bawah klik Network, tunggu beberapa saat sehingga seluruh komputer yang terhubung dalam jaringan akan muncul disana. Pilih komputer yang mana terdapat printer dengan cara dobel klik.

Jika printer disharing langsung menggunakan perangkat printer sharing, bukan melalui komputer, maka printer akan langsung muncul disana.

Menghubungkan ke Printer
Untuk menghubungkan ke printer dengan cara klik kanan pada icon printer tersebut kemudian klik  Connect. Setelah itu akan ada proses pemasangan printer beserta instalasi drivernya dilanjutkan dengan muncul jendela finishing seperti pada cara lain yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Proses menghubungkan komputer atau perangkat apapun ke printer jaringan sudah selesai, selanjutnya untuk melakukan cetak file tidak perlu lagi mondar-mandir bawa flashdisk, cukup dari meja dimana kita berada sudah bisa dilakukan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

5 comments

Write comments
September 22, 2016 at 1:41 PM delete

Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
selltiket.com
Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
Bergabung segera di agen.selltiket.com

INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
No handphone :082276603391
PIN : 5364257d

Reply
avatar