Mau Laptop Awet? Jaga Kebersihannya!




TAKTIKTOP.com - Bagaimana perasaan kamu bila sedang berada pada suatu tempat yang bersih? Pasti yang dirasakan adalah nyaman dan betah berada disana. Begitu juga dengan laptop, apabila laptop dijaga kebersihannya maka pengguna juga akan betah menggunakannya.

Faktor kebersihan adalah salah satu yang sering diabaikan oleh pengguna laptop. Asalkan laptop masih bisa nyala terus saja digunakan tanpa pandang bulu mau digunakan di dalam ruangan yang kotor bahkan di luar ruangan sekalipun yang mana debu beterbangan dimana-mana.

Laptop yang kondisinya terlalu kotor dan kondisi seperti itu dibiarkan berlarut-larut, hampir dapat dipastikan laptop tersebut tidak akan berumur lama, akan mengalami kerusakan disana-sini. Kalaupun ada yang laptopnya dapat bertahan bertahun-tahun tidak mengalami kerusakan mungkin itu hanya sebatas keberuntungan saja, tidak perlu diikuti.

Debu Halus Pada Keyboard
Ada beberapa contoh kasus kerusakan pada laptop yang terjadi karena kondisinya yang terlampau kotor, diantaranya adalah kerusakan keyboard. Keyboard yang kondisinya sangat kotor, sehingga kotoran tersebut masuk ke dalam keyboard dapat  mengakibatkan jalur keyboard putus sehingga beberapa tombol tidak dapat lagi berfungsi.

dapat juga menyebabkan jalur keyboard justru tersambung terus yang mengakibatkan satu atau lebih tombol keyboard aktif terus meskipun tidak ditekan. Dalam kondisi seperti ini ketika laptop dinyalakan biasanya mengeluarkan bunyi tut panjang atau beeping.

Kerusakan selanjutnya yang diakibatkan oleh debu adalah overheating yaitu kondisi dimana suhu laptop terlalu panas. Jika overheat diabaikan terus-menerus maka laptop akan mati secara mendadak dan laptop tidak bisa langsung dihidupkan kembali, biasanya menunggu suhunya turun dulu.

Efek samping jangka panjang dari overheating yang diabaikan adalah: dengan kondisi laptop yang terus menerus overheat otomatis laptop juga akan semakin sering mati mendadak, dan itu memberikan efek yang sangat buruk khusunya pada hardisk dan motherboard.

Saluran Exhaust
Hardisk yang terlalu sering mengalami mati mendadak akan lebih cepat mengalami bad sector jika dibandingkan dengan hardisk yang selalu melewati proses shutdown saat akan mematikan sistem.

Sebenarnya suddenly off atau mati mendadak yang dialami laptop adalah salah satu upaya untuk melindungi komponen laptop dari kemungkinan yang lebih buruk akibat overheat, jika laptop tidak mati sendiri maka bisa dipastikan terdapat komponen pada motherboard yang terbakar karena panas.

Untuk menghindari hal semacam itu, sering-sering memantau kebersihan laptop, khususnya pada bagian keyboard dan saluran exhaust atau knalpot, yaitu saluran pembuangan panas dari prosesor dan vga. Jika saluran exhaust sudah tersumbat kotoran, maka segera bongkar laptop untuk dibersihkan, sukur-sukur sekalian mengganti thermal pasta.

Nah, sebelum terlambat, sebelum terjadi kerusakan yang fatal pada laptop, biasakan untuk membersihkan laptop, seminggu sekali tidak akan terasa berat kok kalo cuman membersihkan keyboard dan lubang exhaust dengan cara menggunakan kuas dari bagian luar.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »