Melepas Bateri Toshiba Satellite L40-A L40D


TAKTIKTOP.com - Diantara sobat sekalian ada yg punya laptop ini? Pernah bolak balik liat ke bagian bawah laptop kah buat nyari baterainya? Dan sobatpun pasti kecele karena mau dibolak-balik sampe berapa kalipun baterainya tetep gak bakal keliatan. Terus dimana dong baterainya? Yak bener! Baterainya disembunyiin di dalam casing. 

Kenapa baterainya mesti disembunyiin didalam casing? Jawabannya biar baterainya tidak dicopoting sama  usernya, karena baterai itu posisinya dalam laptop harus selalu terpasang. Alasan yang kedua mungkin untuk mempersulit pihak ketingga dalam meniru teknologi baterai, sehingga tidak dapat dengan mudah diproduksi dan dipasarkan diluar dealer resminya.

Kalo gitu, gimana dong kalo kita mau nyopoto atu ngelepas baterai, misalnya buat diganti baterai yang baru gitu? Jangan takut, sante aja..memang agak riber sih soalnya harus bongkar casing dulu, tapi kalo udah dijalanin pasti kerasa gampang kok! Yuk ngobrol dibawah buat ngebahas cara melepas baterai yang sembunyi dilaptop ini:


Melepas Sekrup
  • Lepas semua sekrup yang berada pada lingkaran merah.
  • Lepas Ram Cover yang berada pada kotak merah.
Melas Odd
  • Lepas seluruh sekrup yang berada pada posisi lingkaran merah.
  • Lepas Odd, dengan cara ditarik keluar seperti pada gambar.
Mengangkat Base Assy
  • Selanjutnya adalah mengangkat base assy atau casing bagian bawah.
  • Posisikan jari tangan kiri seperti pada gambar.
  • Kemudian angkat base assy keatas hingga terlepas seluruhnya.
Menggeser Speaker
  • Angkat dan pindahkan speaker kemana saja, asal tidak menutupi sekrup dan kabel baterai.
  • Speaker tidak perlu dilepas, cukup diangkat dan dipindahkan saja.
  • Lepaskan sekrup dan kabel baterai yang berada pada posisi yang dilingkari merah.
Melepas Kabel Baterai
Baterai Terlepas
  • Lepas kabel baterai pada posisi yang dilingkari merah.
  • Jika baterai telah terlepas maka penampakan adalah seperti pada gambar diatas.
Baterai Baru
Memasang Sekrup Baterai
  • Selanjutnya bisa disiapkan baterai penggantinya yang baru, ataupun mau memasang lagi baterai yang lama.
  • Letakkan baterai, dan posisikan seperti pada dalam gambar diatas.
  • Kemudian pasang sekrup dan kabel baterai pada posisi yang dilingkari merah.
Meletakkan Speaker
  • Jangan lupa letakkan kembali speaker pada posisinya semula.
  • Cek sekalian kabel speaker, pastikan sudah terpasang apabila dilepas. 
Memasang Base Assy
  • Selanjutnya adalah memasang kembali base assy.
  • Posisikan base assy seperti pada gambar diatas.
  • Kemudian pasang seluruh sekrup yang berada pada posisi dilingkari merah.
Memasang Odd dan Ram Cover
  • Pasang odd.
  • Pasang sekrup yang berada pada posisi diingkari merah.
  • Pasang ram cover.
  • Selesai!
Untuk lebih detailnya bisa dilihat pada video dibawah:




Nahh..gimana? ga terlalu sulit kan? Semoga Bermanfaat ya!




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

6 comments

Write comments
December 18, 2015 at 2:12 PM delete

Makasih gan benar-benar bermanfaat

Reply
avatar
December 18, 2015 at 2:12 PM delete

Makasih gan benar-benar bermanfaat

Reply
avatar
Anonymous
May 12, 2016 at 8:26 PM delete

Gan kira2 baterai laptop satellite L-40A yang bagus dan tahan lama model apa dan merk apa??

Reply
avatar
May 29, 2016 at 8:32 PM delete

Laptop ini punya saya di rumah di charger ga mo nyala" juga apakah itu berasal dari batre ???
Low misalnya batre y di lepas bisa ga di nyalain pake arus daya (AC)

Reply
avatar