Penyebab laptop lambat Dan Solusinya


TAKTIKTOP.com - Kasus komputer lambat bisa saja terjadi pada seluruh komputer. baik desktop, laptop bahkan tablet. Tidak pake pandang bulu, merk apapun dan seri apapun, mahal ataupun murah, spek tinggi maupun spek rendah semua bisa saja mengalaminya. 

Problem yang satu ini memang benar-benar menjengkelkan. Mesti pake bolak-balik ke tukang servis laptop pula. Nah, bisa ditanganin sendiri ngapain mesti ke tukang servis sih. Emang bisa saya memperbaiki sendiri? Bisa saja asalkan mau nyoba! Sebenarnya apa sih penyebabnya komputer bisa jadi lambat kayak gitu? Tenang..tenang..Jangan emosi dulu! mendingan diidentifikasi dulu penyebabnya baru kita ambil tindak lanjutnya.

Secara garis besar penyebab laptop lambat bisa digolongkan seperti dibawah berikut:
  1. Sistem Error
    Maksud dari sistem error adalah komponen penyusun sistem operasi atau sering disebut dengan file system hilang atau corrupted.

    La kok bisa hilang atau korup gimana? Padahal saya gak pernah otak-atik sistemnya! File system hilang atau korup bisa terjadi tanpa sebab.

    Sebagai contoh: sewaktu akan restart atau shutdown komputer ada beberapa aplikasi yang masih berjalan sehingga windows terpaksa melakukan penutupan paksa sehingga ada file yang belum tertutup dengan sempurna sehingga menyebabkan crash atau error. Bisa juga karena sistem yang mati mendadak sehingga sistem tidak sempat shutdown langsung mati sendiri, yang demikian juga sering mengakibatkan sistem crash.
  2. Virus
    Virus Oursurfing
    Saya baru beli laptop ini sehari yang lalu lo, masa udah kena virus?

     Pertanyaan seperti itu dapat dianalogikan dengan: Saya baru beli motor ini sehari yang lalu lo, masa ban udah bocor kena paku?

    Ya, kira-kira seperti itu, persoalan terkena virus bukan persoalan berapa lama pemakaian laptop, tapi itu disebabkan sepenuhnya oleh keteledoran pengguna.

    Gimana laptop bisa sampe masuk kedalam laptop? Kan yang memberi akses pasti penggunanya. Virus sangat mungkin bersarang pada flashdisk, apalagi kalo pengguna sering mengakses internet, tanpa disadari bisa menyebabkan komputer menjadi pusat budi daya virus.
  3. Memory Yang Kecil
    Ram 512 MB

    Meskipun sistem operasi dalam kondisi normal dan bersih dari virus, komputer tetap akan berjalan lambat apabila memory atau ram yang terinstall tidak berbanding lurus dengan jumlah dan aplikasi yang terinstall pada sistem.

    Katakanlah komputer tersebut akan digunakan untuk main game yang lumayan berat, sedangkan ram yang dipasang misalkan hanya 1 GB, tentu saja kinerja komputer menjadi sangat lambat.

    Beruntung game tersebut masih bisa diinstall di komputer itu,  game-game keluaran baru biasanya melakukan pengecekan spesifikasi komputer lebih dulu sebelum menjalankan proses instalasi.

    Apabila spesifikasi komputer tidak memenuhi syarat untuk menginstall game tersebut maka langsung ditolak, dan instalasi tidak akan bisa dilanjutkan.Sebagai perbandingan saja, untuk kegiatan harian seperti: office dan online menggunakan ram 2 Gb sudah sangat cukup.
  4. Kerusakan Hardware
    Hardisk Bad Sector
    Kerusakan hardware yang mempunya andil paling besar dalam menyumbang lemotnya sembuah komputer adalah hardisk.

    Karena hardisk merupakan media penyimpanan data internal, baik data pribadi pengguna maupun data sistem.

    Lokasi instalasi sistem operasi juga pasti berada di hardisk. Ketika hardisk sudah rusak, mau diinstall ulang windowsnya berapa kalipun tetap aja gak ngefek. Meskipun berhasil diinstall ulang, kalo hardisk udah bad sector tetap aja ntar dalam waktu singkat pasti komputernya udah balik lemot lagi.

    Bad sector pada hardisk ini digolongkan menjadi 2 macam, yaitu: parah (hard) dan jinak (soft). Hardisk apabila sudah dalam kondisi bad sector parah, seperti pada gambar diatas, maka solusi satu-satunya ya cuman diganti dengan hardisk yang baru. Kalau masih dalam kondisi yang tidak terlalu parah masih bisa diperbaiki. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Bad Sector bisa dibaca disini.
Nah, poin-poin diatas adalah penyebab utama komputer menjadi lambat. Sekarang kita bahas solusi untuk menyembuhkan komputer apabila hal-hal diatas sudah terjadi. Berikut solusinya:
System Restore
  • Apabila dikarenakan oleh sistem error atau windows crash, maka langkah pertama yang bisa dicoba adalah menjalankan system restore untuk mengembalikan setting dan kondisi laptop ke  waktu sebelum error itu terjadi. Caranya masuk ke sistem restore: klik Start - Accesories - System Tools - System Restore kemudian tinggal pilih saja waktu sebelum error itu terjadi, dan tunggu prosesnya hingga selesai.
  • Apabila windows terinfeksi virus, maka sudah terlambat untuk menginstall antivirus maupun melakukan scan menyeluruh pada sistem. Karena sistem yang sudah terinfeksi maka dia akan menginfeksi seluruh program yang terinstall termasuk anti virus itu sendiri. Langkah yang bisa dilakukan adalah melepas hardisk kemudian discan dikomputer lain, tapi ingat Jangan membuka file maupun folder pada hardisk yang akan discan, karena dapat menyebabkan komputer yang akan dipakai buat scan juga ikutan terinfeksi.
  • Sebenarnya cara yang paling ampuh untuk mengatasi system error dan membersihkan virus adalah dengan melakukan install ulang sistem. Bagi yang belum pernah mencoba seakan install ulang adalah sesuatu yang wow, padahal sangat mudah sekali. Dari pada bolak-balik ke tukang servis pake biaya kan mendingan diinstall ulang sendiri. Cepet, gampang dan gak ribet.
  • Kalo lambatnya sistem dikarenakan hardisk bad sector, wahh ini emang agak berat alias mesti ngerogoh duit. Karena hardisk yang udah bad sector bisa dikatakan hampir tidak bisa diperbaiki, dan mengharuskan untuk melakukan penggantian. Kalopun banyak yang ada yang bilang bisa memperbaiki bad sector dengan software ini dan itu, biasanya cuman bisa memperbaikin bad sector yang masih lunak, kalo udah parah belum ada yang mampu memperbaiki.
  • Begitu juga dengan lambatnya sistem karena memori terlaku kecil, solusinya ya cuman satu, ramnya harus ditambah.

    Semoga artikel ini bermanfaat :)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
June 5, 2016 at 9:36 PM delete

terima kasih artikelnya
bisa langsung dicoba di laptop nih
top info

Reply
avatar