Melepas dan Mengganti Lcd Toshiba Satellite C800 C840 L840 M840

Metode yang akan dipraktekkan untuk melepas dan mengganti lcd laptop Toshiba Satellite C840 juga dapat dipraktekkan untuk beberapa seri yang identik dengan C800 series, antara lain:

  • Satellite C800
  • Satellite C800D
  • Satellite C840
  • Satellite L840
  • Satellite M840
  • Satellite P840
Baca juga:

Untuk langkah melepas lcd pada seri-seri laptop diatas adalah sebagai berikut:

Jarum
Untuk memulai membongkar lcd, siapkan dulu sebuah jarum, yang merupakan alat bantu utama untuk mengawali proses pembongkaran.

Melepas karep penutup
Masih menggunakan jarum, lepaskan karet penutup sekrup yang lokasinya berada pada posisi yang dilingkari merah. Disini menggunakan jarum supaya kerusakan atau lecet pada karet dan casing disekitarnya bisa diminimalisir.

Melepas sekrup
Setelah karet terlepas seluruhnya, maka dapat dijumpai 4 buah sekrup yang menempel dibalik karet penutup tadi. Lepaskan seluruh sekrup yang menempel.

Melepas lcd mask
Apabila seluruh sekrup telah terlepas, maka langkah selanjutnya adalah melepas lcd mask atau casing yang menutup lcd panel dari depan. Dimulai dari bawah camera, seperti yang dilingkari merah dalam gambar diatas. Masukkan jari ke celah antara lcd dan casing, kemudian tarik perlahan keluar hingga terlepas.

lcd mask hampir terlepas
Lakukan langkah diatas ke seluruh tepi lcd mask, ke kanan dan ke samping hingga bagian bawah. Setelah semuanya terlepas, maka lcd mask dapat diangkat dan dikeluarkan dari engselnya.

Lcd panel
Setelah lcd mask berhasil diangkat maka wujud asli dari lcd dapat kita lihat. Selanjutnya adalah kendorkan sekrup pada posisi yang dilingkari merah. Cukup dikendorkan saja, jangan sampe terlepas.

Melepas sekrup samping
Kemudian yang perlu dilakukan adalah melepas sekrup yang mengunci lcd dari arah samping. Lepaskan sekrup yang berada pada posisi bertanda merah, pada sisi kanan dan kiri lcd. Kemudian setelah itu lepaskan kabel kamera yang dilingkari merah. Cukup ditarik kebawah saja maka kabelnya akan terlepas.

Melepas kabel lcd
Lcd terlepas

Selanjutnya adalah Melepas kabel lcd. Proses melepas selesai sampai disini, selanjutnya adalah menyiapkan lcd pengganti kemudian memasangnya. Yuk langsung saja menuju proses memasang lcd dibawah:

Memasang kabel lcd
Letakkan lcd diatas keyboard sesuai dengan posisi pada gambar diatas, kemudian sambungkan kabel lcd.Tempelkan kedua konektornya kemudian tarik masuk kedalam.

Menyambung kabel camera
Jangan lupa untuk menyambung kabel camera supaya nanti bisa selfie. Gak lucu kan kalo semua sudah terpasang ternyata cameranya ga bisa digunain, ntar gak jadi narsis dong.

Memasang sekrup samping
Pasang lagi sekrup samping yang tadi dilepas, jumlahnya ada 4 biji, 2 dikanan dan 2 dikiri. Menggunakan sekrup kecil warna coklat.

Memasang lcd mask
Selanjutnya adalah memasang lcd mask, yang dipasang terlebih dahulu adalah bagian engselnya, dimasukkan dulu hingga menutupi engsel. Kemudian rapatkan antara lcd mask dengan lcd cover dengan cara memijat secara urut ke arah yang bertanda panah.

Memasang sekrup
Menempel karet penutup
Sekarang tinggal memasang sekrup casing lcd, ada 4 biji yang dipasang pada posisi lingkarang merah. Setelah semua sekrup terpasang jangan lupa pasang lagi karet penutup yang dilepas pada awal proses menggunakan jarum.


Untuk proses yang lebih detail dapat dilihat pada video berikut:



SELESAI! Cepet kan? Selamat mencoba!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
July 22, 2021 at 5:58 AM delete

Wah sangat bermanfaat, saya kira susah mengganyinya karena sebelumnya nyoba bongkar benerin engselnya pecah dibagian casing jd mesti dilem karena aku cek harga casing lumayan mahal

Reply
avatar
July 22, 2021 at 5:59 AM delete

Terima kasih, sangat bermanfaat. Sebelumnya saya jjuga ada pebaikan pada bagian engselnya pecah yg nyambung ke casing jd mesti dilem karna harga casing mahal 😅

Reply
avatar