Melepas dan Mengganti Lcd Toshiba Satellite L730 L735


Pada artikel kali ini, yang akan menjadi konsentrasi pembahasan adalah tentang bagaimana caranya Melepas dan mengganti lcd pada laptop Toshiba Satellite L730 dan L735. Mungkin ada diantara sobat yang memang akan mengganti lcd nya yang lama dengan yang baru, ataupun cuman sekedar coba-coba ingin melepas lcd kemudian memasangnya lagi. 

Sebelum lanjut ke langkah selanjutnya ada baiknya untuk membaca dulu:


Oke, yuk langsung saja kita eksekusi:

Menyiapkan Jarum

Melepas Rubber
Sebelum memulai proses, siapkan dulu sebuah jarum. Boleh menggunakan jarum model apa saja, kalo gak ada jarum menggunakan yang sejenisnya juga gak masalah. Kemudian yang dilakukan pertama kali adalah melepas rubber atau karet penutup yang di dalamnya terdapat sekrup yang mengunci lcd dari luar. lepaskan seluruh rubber pada posisi yang dilingkari merah menggunakan jarum.

Melepas Sekrup
setelah semua sekrup terlepas, dapat dijumpai disana terdapat 4 buah sekrup. Lepaskan seluruh sekrup yang terpadang pada posisi yang dilingkari merah.

Melepas Lcd Mask
Memisahkan Lcd Mask
Yang dilakukan selanjutnya adalah melepas lcd mask. Posisikan jari seperti pada gambar, kemudian selipkan masuk antara lcd dan lcd mask. Setelah itu secara perlahan tarik keluar hingga lcd mask terpisah dengan lcd cover. Lanjutkan langkah tersebut ke sekeliling lcd mask.

Mengangkat Lcd Mask
Setelah seluruh lcd mask terlepas dari pengaitnya pada lcd cover, yang dilakukan selanjutnya adalah mengangkat lcd mask. Pada proses ini akan membutuhkan alat bantu berupa pinset atau obeng minus atau benda sejenisnya. Selipkan pinset masuk pada bagian engsel seperti pada gambar, kemudian ungkit ke atas. Lakukan juga pada engsel yang disebelah kanan.

Mengendorkan Sekrup Engsel
Setelah lcd mask berhasil diangkat dapat kita lihat lcd panel dalam bentuk aslinya tanpa dibungkus oleh casing atau lcd mask. Sebelum memulai langkah selanjutnya, kendorkan sekrup engsel yang berada pada posisi yang dilingkari merah. Cukup dikendorkan saja, jangan sampe terlepas.

Melepas Sekrup Samping
Melepas Kabel Camera
Selanjutnya adalah melepas sekrup yang mengunci lcd dari arah samping. Lepaskan seluruh sekrup yang berada pada posisi yang ditunjuk tanda merah, seluruhnya ada 4 buah sekrup. 
Setelah semua sekrup terlepas, turunkan lcd dan lepas kabel camera, seperti pada gambar, tinggal ditarik ke bawah saja.

Melepas Kabel Lcd
Lcd Berhasil Lepas
Tinggal selangkah lagi sebelum proses melepas lcd selesai. Selanjutnya lepaskan kabel Lcd yang saat ini masih tersambung, gampang kok! tinggal tarik mundur saja, kalo ada perekat lem atau semacamnya lepaskan dulu perekatnya. Nah sekarang Lcd berhasil dilepas.

Sekarang saatnya untuk memasang lcd kembali, Sebenarnya tinggal membalik saja langkah-langkah yang sudah dijelaskan dari bawah ke atas. Tapi supaya lebih jelas dan lebih detail lagi akan dimulai dari awal lagi. Berikut langkah-langkahnya:

Memasang Kabel Lcd
Letakkan lcd yang akan dipasang di atas keyboard, kemudian langsung saja pasang kabel lcd-nya. Dorong masuk 2 ujung konektor kabel secara bersamaan supaya masuk ke dalam soket lcd. Untuk mehindari supaya kabel terlepas di kemudian hari, tempelkan plester atau silotip untuk merekatkan kabelnya.

Memasang Sekrup Samping
Selanjutya letakkan lcd pada posisinya di lcd cover, kemudian pasang sekrup pengunci samping lcd. Posisi sekrup pada lokasi yang ditunjuk dengan tanda merah. Sekrup yang digunakan adalah sekrup yang berukuran paling kecil.

Mengencangkan Sekrup Engsel
Memasang Kabel Camera
Setelah sekrup samping seluruhnya terpasang, sekarang kencangkan lagi sekrup engsel yang tadi dikendorkan ketika akan melepas lcd. Setelah sekrup engsel kencang, selanjutnya adalah memasang kabel camera, biar setelah laptop nyala bisa diajak narsis lagi.

Memasang Lcd Mask
Selanjutnya adalah memasang baju depan lcd alias lcd mask. Masukkan dulu yang bagian penutup engsel. Supaya lebih mudah, gunakan alat bantu pinset atau obeng minus. Ungkit penutup engsel dan tekan ke bawah untuk memasukkan ke lubang engsel seperti pada gambar. Lakukan hal yang sama pada penutup engsel yang bagian kanan.
Setelah penutup engsel masuk, tekan sekeliling lcd mask, supaya rapat dengan lcd cover. Biar kelihatan lebih rapi dan tidak ada renggang.

Memasang Sekrup Lcd Mask
Memasang Rubber
Kalau seluruh bagian casing lcd sudah rapat, yang dilakukan sekarang adalah memasang sekrup. Pasang sekrup pada pada posisi lingkaran merah, kalo masih asli dan belum pernah diganti menggunakan sekrup yang warna putih dan berukuran paling panjang. Setelah semua sekrup terpasang, jangan lupa untuk memasang kembali rubber  atau karet penutup sekrup-sekrup tadi, supaya kelihatan lebih rapi. 

SELESAI!

Gampang kan? Selamat Mencoba! Semoga Bermanfaat!

Untuk proses yang lebih detail bisa dilihat pada video dibawah:




Artikel Sebelumnya: 






Share this

Related Posts

Previous
Next Post »