Membongkar dan Membersihkan Fan Toshiba Satellite L730 L735

Toshiba Satellite L735
Horee..nemu korban lagi nih. Kali ini target yang akan menjadi korban mutilasi kita adalah Toshiba Satellite L735. Laptop ini punya saudara kembar yaitu Satellite L730. Beda dari segi spesifikasi dapur pacu, tapi bentuk dan dimensinya identik, sehingga cara membongkarnya pun juga sama tidak ada perbedaan.

Langsung kita bongkar aja yuk laptopnya!

Melepas Baterai dan Ram Cover
Seperti biasa yang harus dilakukan pertama kali adalah melepas baterai, kemudian dilanjutkan dengan melepas sekrup pada posisi yang dilingkari merah.

Melepas Hdd dan Odd
Kemudian dilanjut ke langkah selanjutnya dengan melepas hardisk, odd, dan ram. Lepaskan sekrup pada posisi yang dilingkari merah. Tarik mundur untuk melepas hdd, dan tarik keluar odd untuk melepasnya. Untuk ram geser penguncinya ke arah luar untuk melepasnya.

Melepas Sekrup Casing Bawah
Kemudian yang jadi target selanjutnya adalah melepaskan base assy dari badan utama laptop. Lepas seluruh sekrup yang berada pada posisi dilingkari merah.

Melepas Keyboard Cover
Sebelum melepas keyboard, yang terlebih dulu dilakukan adalah melepas keyboard cover. Karena dibalik keyboard cover ini ada sekrup dan pengait yang mengunci keyboard. Gunakan alat bantu obeng minus atau sejenisnya. Sisipkan ke bagian bawah keyboard cover kemudian ungkit ke atas. Lakukan berurut dari ujung kanan ke kiri.

Melepas Sekrup Keyboard
Mengangkat Keyboard
Melepas Kabel Keyboard
Nah,kalo keyboard cover sudah lepas, disana bisa dilihat ada 2 sekrup dan 1 pengait. Lepas sekrup yang berada pada posisi lingkaran merah, dan lepas pengait yang ada di kotak merah. Untuk melepas pengait tinggal diungkit ke atas . Kalo semua sudah terlepas tinggal diangkat ke atas aja keyboardnya. Jangan lupa kabel keyboardnya dilepas ya.

Melepas Sekrup Casing Atas
Yang dilakukan selanjutnya adalah melepas sekrup dan kabel fleksibel touchpad. Lepaskan sekrup pada posisi lingkaran merah dan kabel touchpada pada kotak merah.

Melepas Top Assy
Dalam tahap ini, untuk kemudahan ada baiknya menggunakan alat bantu pick gitar atau benda pipih sejenisnya. Mulai memisahkan top assy dari sudut kanan belakang, Sisipkan pick gitar pada sambungan casing bawah dan atas seperti pada gambar. Kemudian geser ke bawah. Kemudian pindah ke sudut sebelah pojok kiri belakang dan geser ke bawah.

Mengangkat Top Assy
Melepas Kabel speaker
Setelah pengunci top assy terlepas maka sekarang saatnya mengangkat top assy.  Hati-hati! angkat top assy secara perlahan, karena ada pada top assy ada kabel speaker yang terhubung ke ke motherboard. Lepas kabel itu lebih dulu, baru setelah itu top assy bisa diangkat seluruhnya.

Melepas Kabel dan Sekrup
Sekarang bisa lihat motherboard L735 secara langsung, untuk melepas motherboard lepaskan seluruh kabel yang berada pada posisi kotak merah dan lepaskan sekrup yang ada pada posisi lingkaran merah.

Mengangkat Motherboard
Untuk mengangkat motherboard dilakukan dari sisi sebelah kiri, lakukan seperti pada gambar diatas.

Melepas Thermal Module
Selanjutnya adalah melepas thermal module atau fan. Lepaskan sekrup yang berada pada lingkaran merah, kemudian tinggal diangkat saja.

Melepas Processor
Processor Berhasil Diangkat

Selanjutnya tinggal melepas processor saja, buka penguncinya menggunakan alat bantu obeng minus, dan putar berlawanan dengan arah jarum jam.
SELESAI!

Untuk detail yang lebih proses bisa langsung diliat pada video dibawah:








Share this

Related Posts

Previous
Next Post »