Membongkar dan Memperbaiki Toshiba Satellite NB10-A

Toshiba Satellite NB10-A

Pada kesempatan kali ini yang akan menjadi korban pembongkaran adalah Toshiba Satellite NB10-A. Laptop ini termasuk seri laptop kecil atau netbook keluaran Toshiba. Seri ini memang lebih sedikit ribet untuk dibongkar dari pada seri-ser pendahulunya. Meskipun baterai tidak ditanam di dalam casing, tapi untuk melepasnya tetap harus melepaskan sekrup penguncinya lebih dulu. Masalah lainnya adalah untuk mengganti keyboard harus melakukan pembongkaran total, tidak seperti pada seri-seri yang lainnya, untuk pembongkaran keyboard relatif jauh lebih mudah. 

Sebelum lanjut ke eksekusi pembongkaran, ada baiknya untuk membaca lebih dulu artikel berikut:

Oke sekarang saatnya eksekusi!

Melepas Baterai
Mengawali langkah pembongkaran laptop ini, dimulai dari bagian bawah laptop. Pertama kali yang dilakukan adalah melepas baterai. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, untuk melepas baterai harus melepaskan sekrup penguncinya dulu. Untuk itu lepas sekrup pengunci yang berada pada posisi yg dilingkari merah, kemudian tarik keluar baterai seperti biasa.

Melepas Ram Cover
Melepas Hdd dan Ram
Langkah selanjutnya adalah melepas ram cover, lepas sekrup pada posisi yang dilingkari merah, kemudian tinggal diangkat saja covernya. 
Setelah itu lepas ram dan hdd, geser pengunci ram keluar untuk membuka penguncinya. Dan lepaskan sekrup hdd, kemudian tarik mundur hdd dan angkat ke atas untuk mengangkatnya.

Melepas Sekrup Bawah
Selanjutnya adalah melepas sekrup yang mengunci casing dari bawah. Lepaskan seluruh sekrup yang berada pada posisi yang dilingkari merah.

Melepas Rubber
Melepas Sekrup
Eiitss, tunggu dulu masih ada sekrup yang perlu dilepas! Sekrup yang mana lagi? Sekrupnya sembunyi tuh, dia malu mungkin ya? Lepaskan rubber atau karet penutup yang juga menjadi dudukan laptop pada posisi berlingkaran merah. Angkat menggunakan pinset atau benda pipih sejenisnya. Kalau sudah terangkat maka di dalamnya ada sekrup yang sebunyi, angkat sekrup terebut,

Melepas Base Assy
Selanjutnya adalah melepas base assy. Gunakan alat bantu seperti pada gambar, bisa juga diganti dengan pick gitar atau semacamnya. Lakukan ke sekeliling sambungan casing untuk melepas seluruh pengait.

Melepas Kabel
Setelah base assy terangkat, dapat dilihat disana terdapat motherboard beserta banyak kabel. Sebelum lanjut ke langkah selanjutnya, lepaskan dulu seluruh kabel dari soketnya di motherboard. Lepaskan seluruh kabel yang berada pada posisi yang dilingkari merah.

Melepas USB Board
Selanjutnya adalah melepas usb board. Untuk itu lepaskan dulu sekrup yang penguncinya yang berada pada posisi lingkaran merah, kemudian angkat usb board dengan mudah.

Melepas Sekrup Motherboard
Mengangkat Motherboard
Sebelum mengangkat motherboard, lepaskan dulu sekrupnya yang berada pada posisi dilingkari merah. Setelah itu motherboard sudah bisa diangkat, angkat motherboard dari sisi seperti pada gambar diatas.

Melepas Sekrup Engsel
Melepas Engsel
Selanjutnya adalah melepas sekrup engsel, lepaskan sekrup pada posisi yang dilingkari merah, kemudian tarik ke atas kedua engsel tersebut.

Melepas Power Board
Mengangkat Top Cover
Setelah engsel terbuka, yang dilakukan adalah melepaskan powerboard atau tombol power. Nah setelah itu barulah top cover atau casing atas bisa dilepas, Caranya gampang, cukup diangkat saja ntar bisa lepas, kalo masih ada sisa kabel yang menempel, lepaskan kabel terebut dari yang membuatnya merekat, seperti plester dan semacamnya,

 Nah proses pembongkaran sudah SELESAI! Oiya, laptop seri ini tidak terdapat fan, jadi tidak perlu repot-repot untuk membersihkan fan apabila laptop kotor. Tapi jika ingin membersihkan keyboard secara total, maka untuk melepas keyboard harus melakukan pembongkaran seperti langkah diatas terlebih dahulu. 

Untuk cara mengganti keyboard bisa dibaca pada artikel dibawah:
dan untuk merakit laptop ini kembali bisa dibaca pada artikel:
Dan ntuk proses yang membongkar yang lebih detail bisa dilihat pada video dibawah:





Selamat Mencoba! Semoga Bermanfaat!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »