Cara Merakit Toshiba Satellite C40

Lcd module

Pada artikel sebelumnya sudah dibahas step by step gimana caranya membongkar laptop Toshiba Satellite C40. Gimana udah bisa kan bongkarnya? Nah, sekarang saatnya merakit lagi dunk, jangan sampe cuman bisa bongkar ga bisa pasang! hehe.. 



Baca juga artikel sebelumnya: Cara Membongkar Toshiba Satellite C40

Tenang saja, kalo udah mampir ke blog ini, istilah "bisa bongkar ga bisa pasang" udah tidak berlaku lagi. Kalo ada tutorial buat bongkar, pasti ada tutorial buat ngerakitnya juga. Oke langsung menuju tkp yuk!
Untuk menunjang kemudahan , ada baiknya membaca juga: Mengenal Bagian Laptop

Lcd module
Lubang bagian engsel

Yang pertama kali disiapkan adalah lcd modul, taruh diatas meja seperti gambar diatas, kemudian diatasnya ditaruh top cover, selipkan bagian lubang engselnya dulu, kalo sudah masuk dengan benar seharusnya udah bisa menutup dan dilepas seperti pada gambar diatas. Lubang bagian engsel adalah yang dilingkari merah pada gambar.

Memasang powerboard
Selanjutnya adalah memasang powerboard atau tombol power, kemudian pasang sekrup pada posisi yang bertanda merah. Menggunakan sekrup yang ukurang paling kecil warna coklat.

Memasang engsel
Langkah selanjutnya adalah memasang speaker, sekalian dirapiin aja kabelnya seperti gambar diatas, kemudian pasang sekrupnya pada posisi yang bertanda merah. Untuk speaker menggunakan sekrup yang bentuknya beda dari yang lain dan cuman ada 2 biji. Setelah itu yang harus dilakukan adalah memasang engsel, lipat engsel ke bagian dalam, kemudian pasang sekrup pada posisi yang bertanda merah menggunakan sekrup yang paling panjang.

Memasang touchpad board
Setelah itu yang dipasang adalah touchpad. Pasang sekrup pada bagian yang ditunjuk tanda merah. Kemudian jangan lupa sambungkan kabel touchpad yang dilingkari merah.

Memasang Dc in
Pasang kabel DC in jangan lupa! Kalo kelupaan gak dipasang ntar laptopnya gak bisa dicas dong.

Memasang motherboard
Untuk memasang motherboard, pastikan deretan slot interface yang ada di sebelah kanan masuk dulu ke lubangnya yang ada dicasing. Dipasang secara miring dari atas seperti gambar diatas. Jika semua slot sudah masuk secara pas, pasti ketika diturunkan posisi motherboard juga presisi dengan casing.

Motherboard terpasang
Motherboard sudah terpasang secara presisi seperti gambar diatas, sekarang pasang sekrup motherboard pada posisi yang ditunjuk oleh tanda merah. Menggunakan sekrup kecil yang berwarna hitam.

Memasang prosesor
Pada salah satu ujun prosesor terdapat tanda panah warna emas, tempatkan posisi tersebut pada soket prosesor di motherboard yang terdapat tanda panah juga, seperti pada gambar diatas. Setelah itu kunci soket prosesor dengan menggunakan obeng minus, putar ke searah jaarum jam sampe mentok.

Memasang thermal module
Yang dipasang selanjutnya adalah, thermal module atau fan. Pasang seperti pada gambar diatas, kemudian pasang sekrup seperti pada lingkarang merah. Jangan lupa untuk menyambung kabel fan pada motherboard seperti dilingkaran merah.

Memasang wlan
Modul kecil yang satu ini jangan sampe terlupakan, ntar laptop nya ga bisa onlen, hehe.. sekrupnya menggunakan yang paling kecil warna item.


Memasang base assy
Nah, sekarang saatnya memasang bajunya si laptop, pasang base assy, pastikan posisinya presisi, pijat pada bagian tepi dan memutar untuk merapatkan sambungan top assy dan base assy. Kemudian pasang seluruh sekrup pada posisi yang dilingkari merah, menggunakan sekrup yang paling panjang warna hitam.

Memasang hardisk dan dvdrom
Bentar lagi selesai ni, sekarang pasang dulu hardisk dan dvdromnya. Selipkan hardisk dvdrom ke arah dalam, kemudian pasang sekrupnya pada posisi dilingkari merah. Untuk hardisk menggunakan sekrup pendek warna hitam, untuk dvdrom menggunakan sekrup yang paling panjang warna hitam.

Memasang ram door
Pasang sekalian ram door atau atau casing penutup ramnya, cuman ada satu sekrup disana, kalau pas melepas benar, seharusnya sekrupnya tidak bisa dilepas, selalu nempel pada casing.

Memasang sekrup atas
Selanjutnya pindah ke bagian atas laptop, pasang seluruh sekrup pada posisi yang dilingkari merah, kemudian pasang kabel-kabelnya sekalian, antara lain: kabel powerboard, kabel speaker, kabel lcd, dan kabel touchpad. Semuanya pada posisi yang dilingkari merah

Pasang kabel keyboard
Pasang kabel keyboard pada lingakaran merah, kemudian tempatkan keyboard pada casing.

Memasang pengunci keyboard
Supaya keyboard terpasang lebih rapi, pastikan pengunci keyboard mengunci dengan benar. Posisi pengunci berada pada posisi yang ditunjuk dengan tanda merah. Kalau pengunci mengunci dengan benar maka biasanya akan terdengar bunyi klik saat mengunci.

Memasang sekrup keyboard
Nah, ini langkah yang terakhir! Pasang sekrup keyboardnya pada posisi yang ditandai lingkaran merah, menggunakan sekrup yang paling panjang warna hitam. 

Selesai deh! Selamat mencoba!

untuk lebih detailnya silahkan lihat video dibawah:





Share this

Related Posts

Previous
Next Post »