Mengganti keyboard Toshiba Satellite C40


Kerusakan keyboard yang sering terjadi dapat berupa:
  • Ada satu atau lebih tombol yang tidak berfungsi.
  • Ada satu atau lebih tombol yang selalu aktif, padahal tidak ditekan.
  • Keyboard tidak berfungsi sama sekali.
Untuk kasus yang terakhir, yaitu keyboard tidak berfungsi sama sekali, kalo masih beruntung biasanya cukup lepas ram , dan keyboard kemudian dipasang lagi sudah bisa normal kembali. Kalau masih tetap tidak bisa berarti minta ganti keyboard, hehe.. :D


Metode penggantian ini dapat diterapkan pada:
  • Satellite C40
  • Satellite C40-D
  • Satellite C40-A
  • Satellite C40D
Oke langsung saja kita bongkar keyboardnya:

Penampakan Toshiba Satellite C40-D
Melepas baterai dan sekrup
Yang pertama kali harus dilakukan adalah melepas baterai dan sekrup yang mengunci keyboard, letakannya dibagian bawah laptop, sebanyak 2 biji. Lepas sekrup pada posisi yang bertanda merah.

Posisi pengunci laptop
Setelah sekrup dilepas, selanjutnya adalah melepas keyboard dari pengunci yang terdapat dicasing. Gunakan alat bantu pick gitar, atau benda pipih tipis sejenisnya. Masukkan pick melalui celah sempit yang terdapat diantara keyboard dan casing, kemudian dorong mundur penguncinya. Pengunci keyboard berada pada posisi yang bertanda merah pada gambar diatas. Lakukan dari yang paling ujung kanan ke kiri.

Melepas kabel keyboard
Keyboard terlepas

Setelah semua pengunci terlepas selanjutnya tinggal melepas kabel keyboard yang masih terhubung ke motherboard. Selanjutnya tinggal memasang keyboardnya lagi.

Memasang kabel keyboard
Sambungkan kabel keyboard pada slotnya di motherboard, jangan lupa untuk mengunci slotnya. Kalau kabel sudah masuk dan terkunci dengan benar seharusnya tidak bisa dengan mudah terlepas.

Mengunci keyboard
Keyboard dipasang, dimasukkan ke casing, jangan lupa dikunci kembali. Tekan bagian yang bertanda merah pada gambar diatas, yang merupakan posisi pencuci keyboard. Akan terdengar bunyi klik  apabila sudah terkunci dengan benar.

Memasang keyboard dan sekrup
Langkah yang terakhir adalah tinggal memasang sekrup yang dilepas pada awal proses tadi, kemudian memasang baterai, dan SELESAI!

Untuk lebih detailnya silakan lihat video dibawah:



Cepet kan? Gampang kan? Selamat Mencoba!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »