Cara Membongkar dan Membersihkan Fan Toshiba Satellite C40


Pada artikel kali ini akan kita pelajari bagaimana caranya membongkar Laptop Toshiba Seri Satellite C40. Beberapa hal yang dapat kita lakukan dengan membongkar laptop ini antara lain:
  • Membersihkan fan / kipas.
  • Mengganti fan.
  • Melepas / mengganti prosesor.
  • Mengganti thermal pasta.

Proses pembongkaran ini juga bisa diterapkan pada beberapa seri, antara lain:
  • Satellite C40
  • Satellite C40-A
  • Satellite C40D
  • Satellite C40D-A

Okey..yuk langsung aja kita bongkar laptopnya!

Toshiba Satellite C40
Melepas Baterai
Yang pertama kali harus dan wajib dilakukan adalah melepas baterai. 

Melepas Ram door
Selanjutya adalah melepas Ram door atau casing yang menutup ram. 

Melepas sekrup keyboard

Selanjutnya adalah melepas keyboard, untuk melepas keyboard maka lepas dulu sekrup yang mengunci keyboardnya. Posisi sekrup pengunci keyboard berada pada lokasi yang dilingkar merah.


Pengunci keyboard
Lepaskan pengunci keyboard yang berada pada posisi yang bertanda merah. Gunakan alat bantu pick gitar atau benda pipih sejenisnya. Selipkan pick gitar ke celah tipis antara keyboard dan casing, kemudian dorong mundur penguncinya.

Melepas keyboard
Setelah semua pengunci terlepas, keyboard dapat diangkat. Jangan lupa untuk membuka pengunci kabel keyboard yang terdapat di soket. Cukup didorong penguncinya ke arah atas sudah maka akan terbuka. Kalo sudah terbuka tinggal ditarik saja kabelnya.

Melepas sekrup dan kabel
Kemudian setelah keyboard terlepas, yang dilakukan adalah melepas sekrup yang berada pada posisi seperti pada gambar diatas, kemudian melepas kabel-kabel yang tersambung pada motherboard, yaitu: kabel: powerboard ( tombol power), kabel speaker, dan kabel lcd.

Melepas dvdrom dan hardisk
Kemudian kita kembali lagi ke bagian bawah laptop untuk melepas dvdrom dan hardisk.
Lepaskan sekrup yang berada diposisi bertanda merah. Kemudian tarik dvdrom keluar seperti pada gambar. Begitu juga dengan hardisknya.

Melepas sekrup
Selanjutnya masih berkutat dengan sekrup, lepas semua sekrup yang menancap pada base assy atau casing bagian bawah. Lepas seluruh sekrup yang menancap pada posisi yang dilingkari merah pada gambar diatas.

Melepas base assy
Setelah semua sekrup terlepas, sekarang saatnya mengangkat base assy atau casing bagian bawah. Angkat mulai dari lubang dvdrom seperti pada gambar diatasl.

Base assy terlepas
Setelah base assy terlepas maka dapat dilihat penampakan motherboard, fan, dan komponen yang lainnya seperti pada gambar diatas. Langkah selanjutnya adalah melepas semua sekrup dan kabel yang ditunjuk dengan tanda panah.

Melepas prosesor
Untuk melepas prosesor gunakan alat bantu obeng minus, kemudian putar pengunci prosesor ke arah yang berlawanan dengan jarum jam seperti gambar diatas. Kalo pengunci sudah terlepas maka seharusnya prosesor bisa dengan sangat mudah diangkat.

Melepas motherboard
Kalau semua kabel dan sekrup yang menancap sudah terlepas, tinggal diangkat aja motherboardnya. Caranya gampang angkat dari sisi sebelah kiri seperti pada gambar diatas.

Penampakan motherboard sisi atas
Penampakan motherboard sisi bawah

Melepas speaker, powerboard, dc in, dan touchpad
Oke, tinggal beberapa langkah lagi, semangat kakak! Sekarang giliran speaker, powerboard (tombol power), kabel dc in (konektor charging), dan touchpad button. Posisinya bisa dilihat pada gambar diatas.

Top assy dalam kondisi bersih
Menangkat top assy
Nah, sekarang tinggal melepas top cover dari engselnya saja. Tarik ke atas, kemudian dorong maju keluar dari lubang engselnya.

Top assy lepas
Top assy sudah berhasil diangkat berarti yang tersisa tinggal lcd moduleo-nya aja. Gak susah kan? Selamat mencoba!

Untuk lebih detailnya lihat video berikut:




Bersambung pada artikel:
Merakit Toshiba Satellite C40

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
February 19, 2016 at 5:42 PM delete

makasih atas infonya bang... hmm untuk laptop toshiba satelit c40 processor y di ganti dengan intel bisa kah? harus diganti vga y sekalian? kira-kira berapa habisnya?

Terima KAsih

Reply
avatar
February 19, 2016 at 6:08 PM delete

Kalo yg prosesornya intel bisa diganti gan selama soketnya sama, kalo yg amd gak bisa diganti soalnya prosesornya tipe onboard/tanam di motherboard

Reply
avatar