Melepas dan Mengganti Keyboard Toshiba Satellite NB10-A NB10-T

Keyboard Satellite Nb10-A

Mengganti keyboard pada seri laptop ini tidak semudah mengganti keyboard pada seri-seri yang lainnya. Karena pada umumnya modul keyboard berdiri sendiri, dalam artian kalo mau mengganti keyboard ya yang diangkat cukup keyboardnya saja, atau ditambah dengan sekrup yang mengunci dari bawah casing saja. Tapi tidak untuk seri laptop ini, untuk melepas keyboard harus melakukan pembongkaran total dulu. 

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, untuk melepas dan memasang keyboard baru, maka harus dibongkar dulu. Nah, untuk cara membongkarnya bisa dibaca pada artikel sebelumnya:


Nah kalo top cover atau casing bagian atas yang ada keyboardnya sudah terlepas, maka kita bisa lanjut ke proses melepas dan mengganti keyboard. Oke langsung aja yuk lanjut kita bongkar keyboardnya:

Pick Gitar
Melepas Keyboard
Keyboard menempel lekat dalam top cover karena perekatnya dibagian bawah keyboard. Dalam proses melepas keyboard, dibutuhkan alat bantu pick gitar atau sejenisnya untuk melepas keyboard. Selipkan pick ke bawah keyboard kemudian geser ke samping, dan lanjutkan ke sekeliling keyboard, untuk memisahkan keyboard dengan casingnya.

Mengangkat Keyboard
Setelah sekeliling laptop lepas dari perekatnya, sekarang angkat keyboard dari sisi atas. Perlahan tapi pasti, sambil melepaskan sisa perekat yang masih menempel, Lakukan hingga seluruh bagian keyboard terlepas dari perekat yang masih menempel. Hati-hati ketika melepas di bagian tengah bawah keyboard, karena disana terdapat kabel keyboard.

Melepas Perekat Kabel
Setelah seluruh keyboard terlepas dari perekatnya, sekarang menuju ke bagian bawah top cover. Lepas perekat kabel berupa busa yang mengunci kabel keyboard. Posisi busa tersebut berada pada posisi yang dilingkari merah.

Mengangkat Keyboard

Keyboard Satellite NB10-A
Nah! Sekarang keyboard sudah bisa diangkat! Untuk menangkatnya ya tinggal diangkat saja, asal seluruh bagian keyboard sudah terlepas dari perekatnya, maka keyboard dapat dengan mudah diangkat. 

Selanjutnya kita lanjut ke langkah selanjutnya, yaitu memasang keyboard.

Memasang Dobel Tip
Sebelum keyboard dipasang, tempelkan dulu silotip bolak-balik atau dobel tip di seluruh bagian bawah keyboard. Hal ini dilakukan supaya keyboard dapat menempel pada casing, karena perekatnya sudah dilepas pada saat melepas keyboard.

Memasang Keyboard
Keyboard Terpasang
Kemudian masukkan kabel keyboard lewat celah yang dilingkari merah. Jangan lupa lepas bagian luar silotip supaya keyboard dapat merekat pada casing. Tekan keyboard untuk merapikan posisi keyboard supaya tidak melengkung,

Untuk proses yang lebih detail bisa dilihat pada  video dibawah:



Nah, dengan begini proses mengganti maupun melepas keyboard sudah SELESAI! Sekarang tinggal merakit laptop biar bisa dipake lagi. 

Untuk proses merakitnya bisa dibaca pada artikel: 


Selamat Mencoba! Semoga Bermanfaat!














Share this

Related Posts

Previous
Next Post »