Melepas dan Mengganti Lcd Toshiba Satellite NB10-A NB10-T

Satellite NB10-A
Masih dalam seri Toshiba Satellite NB10-A, yang akan dibahas pada artikel kali ini adalah tentang gimana caranya mengganti lcd pada seri ini. Mengganti lcd dalam seri ini jauh lebih mudah dari pada mengganti keyboardnya.

Sebelum memulai langkah penggantian lcd, ada baiknya untuk membaca artikel dibawah dahulu:

Oke langsung saja kita eksekusi yuk:

Menggunakan Jarum
Melepas Rubber
Untuk mengawali proses penggantian lcd, siapkan dulu alat bantu sebuah jarum. Dengan menggunakan jarum, lepaskan rubber atau karet penutup yang berada pada posisi yang dilingkari merah, agar sekrup didalamnya bisa dilepas.

Melepas Lcd Mask
Add caption
Setelah rubber dan sekrup didalamnya dilepas, langkah selanjutnya adalah melepas lcd mask atau casing penutup lcd bagian depan. Proses melepas lcd dimulai dari posisi yang dilingkari merah, tempat posisi jari seperti pada gambar, kemudian tarik keluar lcd mask supaya terlepas dari lcd cover, Lakukan langkah seperti itu dengan menggeser jari ke kanan dan ke kiri, sampe ke bagian bawah lcd.

Mengangkat Lcd Mask
Selanjutya apabila seluruh lcd mask telah terlepas, sekarang saatya lcd mask diangkat. Angkat keatas bagian yang dilingkari merah untuk mencabut lcd mask keluar dari engselnya.

Melepas Sekrup
Gambar diatas adalah penampakan lcd yang mana lcd mask nya telah berhasil dilepas. Untuk melanjutkan proses melepaskan lcd, lepaskan sekrup lcd yang berada pada posisi dilingkari merah.

Melepas Lcd
Lcd Terlepas
Selanjutnya adalah melepas kabel lcd, biasanya terdapat perekat, lepaskan dulu perekatnya baru setelah itu kabel ditarik mundur. Kalau kabel sudah terlepas maka proses melepas lcd sudah selesai seluruhnya. Sekarang bisa dilanjut ke proses memasang lcd.
Langsung lanjut pada proses memasang lcd yuk:

Memasang Kabel Lcd
Memasang Sekrup
Untuk mengawali langkah pemasagan, yang pertama kali dipasang adalah kabel lcd-nya, setelah itu letakkan lcd pada lcd covernya. Selanjutnya pasang sekrup lcd pada posisi yang dilingkari merah.

Merekatkan Lcd Mask
Merapatkan Lcd Mask

Sekarang gilinran lcd mask yang dipasang, masukkan dulu bagian engselnya sama ketika saat akan melepas. Setelah terpasang, selanjutnya adalah merapatkan lcd mask dengan lcd covernya. Lakukan hal tersebut ke sekeliling lcd mask.

Memasag Rubber dan Sekrup
Sekarang tinggal memasang kembali sekrup dan karet penutupnya, maka proses penggantian lcd sudah SELESAI total!

Untuk proses yang lebih detail bisa dilihat pada video dibawah ini:




Gampang kan? Selamat Mencoba!
Semoga Bermanfaat!














Share this

Related Posts

Previous
Next Post »