Melepas dan Mengganti Lcd Toshiba Satellite C40

Melepas lcd c40
Beberap kerusakan yang mewajibkan untuk melakukan pembongkaran lcd antara lain:
  • Tampilan lcd bergaris, baik vertikal maupun horizontal.
  • Tampilan lcd flicker atau bergetar.
  • Tampilan lcd blank atau tidak ada tampilan sama sekali.

Langkah-langkah yang dilakukan untuk melakukan pembongkaran lcd pada Toshiba Satellite C40 dapat diaplikasian juga ke beberapa seri yang identik dengan Satellite C40, antara lain:
  • Satellite C40
  • Satellite C40-A
  • Satellite C40D
  • Satellite C40D-A
Yuk, langsung saja kita bongkar lcd-nya!

Toshiba Satellite C40 Tampak Atas
Melepas Baterai
Sebelum memulai proses membongkar atau melepas hardware apapun jangan lupa untuk melepas baterainya terlebih dahulu.

Menggunakan Jarum
Demi kelancaran dan kemudahan dalam proses, siapkan sebuah jarum. Fungsinya adalah untuk membuka karet penutup sekrup yang ada pada lcd. Sebenarnya bisa menggunakan benda pipih sejenisnya, hanya untuk mengurangi kemungkinan adanya kerusakan pada casing dan karet penutup maka digunakan jarum.

Melepas Karet Penutup
Dengan menggunakan jarum, lepas karep penutup berbentuk lingkaran pada posisi yang dilingkari merah. 

Melepas Sekrup

Setelah karet peutup terbuka, maka akan dapat dilihat pada posisi yang sama 2 buah sekrup yang mengunci lcd dari arah luar casing. Lepaskan sekrup yang berada pada posisi lingkaran merah tersebut.

Melepas Lcd Mask
Melepas Memutar
Melepas Lcd Mask Bagian Bawah

Setelah sekrup terlepas, selanjutnya adalah memisahkan atau melepas lcd mask. Letakkan jari-jari pada posisi seperti pada gambar, kemudian tarik perlahan kearah luar, hingga terlepas. Lakukan langkah tersebut memutar ke kanan dan ke kiri ke seputar lcd mask.

Menarik Keluar Lcd Mask
Setelah semua pengunci lcd mask terlepas, maka saatya sekarang menarik keluar lcd mask itu sendiri. Caranya dengan mengangkat ke atas bagian lcd mask yang terdapat pada casing. Angkat ke atas bagian yang bertanda merah pada gambar diatas.

Lcd Panel
Begitu lcd mask dapat diangkat, maka kita jumpai bentuk asli dari lcd panel tanpa casing pembungkus. Oke! sekarang lepas 2 buah sekrup yang mengunci pada bagian atas, pada posisi yang ditandai merah. Dan cukup kendorkan saja 2 buah sekrup bertanda merah yang berada pada bagian bawah, tidak perlu sampe terlepas.

Melepas Sekrup Samping dan Kabel Camera
Oke lanjut lagi! Sekarang lepas sekrup yang mengunci dari arah samping lcd seperti yang ditunjuk pada gambar diatas. Kemudian jangan lupa juga untuk melepas kabel camera yang dilingkari merah.

Melepas Kabel Lcd
Lcd Terlepas
Ini adalah langkah terkahir dalam proses melepas lcd, lepaskan kabel lcd, biasanya ada perekatnya, lepaskan dulu perekatnya, kemudian tarik mundur konektornya, dan SELESAI!

Selanjutnya akan langsung kita sambung tentang caranya memasang lcd-nya kembali, supaya istilah terima bongkar tak terima pasang tidak berlaku lagi disini, hehe.. 

Memasang kabel lcd
Memasang Kabel Lcd dan Sekrup

Yang pertama harus dilakukan adalah memasang kabel lcd. Kemudian dilanjutkan dengan proses pada gambar dibawahnya, yaitu memasang kabel lcd pada posisi yang dilingkari merah, dan memasang sekrup samping pada posisi yang bertanda merah.

Memasang sekrup atas
Setelah sekrup samping dan kabel camera terpasang, selanjutnya adalah memasang 2 buah sekrup yang mengunci bagian atas, dan mengencangkan lagi 2 buah sekrup bagian bawah yang tadi dikendorin.

Memasang Lcd Mask
Nah, sekarang saatnya masang baju-nya lcd, langkah pertama adalah masukkan dulu casing bagian engsel, cukup dorong ke bawah bagian casing yang ditandai merah.

Merekatkan Pengunci
Setelah casing bagian engsel masuk, maka kemudian merekatkan lcd mask dengan lcd cover-nya. Lakukan ke seluruh lcd mask seperti gambar diatas. 

Memasang Sekrup
Selesai
Pasang kembali sekrup pada posisi yang bertanda merah, jangan lupu juga pasang kembali karet penutup sekrupnya, biar keliatan rapi, dan SELESAI!

Untuk proses yang lebih detail dapat dilihat pada video berikut:



Artikel Sebelumnya:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »